Macam dan jenis alat kesehatan yang terdpat di rumah sakit ataupun klinik sangat banyak. Namun kita bisa kelompokkan menjadi tiga jenis dalam kategori besar. Tiga macam atau jenis alat tersebut adalah hal yang wajib atau harus ada di rumah sakit ataupun klinik untuk dapat beroperasi.

3 Jenis Alat Kesehatan Dan Contohnya

Dalam artikel ini kita akan sedikit berbagi informasi tentang beberapa jenis alat kesehatan yang umum digunakan di rumah sakit dalam kategori besar. 3 kategori tersebut adalah sebagai berikut :

# Alat Elektromedik

Apa itu alat Elektromedik ? Alat Elektromedik adalah alat – alat medis yang bekerja menggunakan tenaga listrik. Atau alat – alat kesehatan yang berhubungan dengan energi listrik, baik itu sistem operasinya, penggunaanya dan juga komponen yang terdapat di dalamnya.

Contoh Alat Elektromedik :

  • Defibrillator – Alat Kejut Jantung yang digunakan untuk pasien serangan jantung dimana jantung mengalami detak yang acak atau disebut Fibrilasi.
  • EKG (Elektrokardiograf) – Alat yang digunakan untuk menganalisa irama jantung yang tidak normal dalam deteksi gangguan jantung awal.
  • ESU (Electrosurgical Unit) – Alat operasi elektronik yang digunakan untuk membuat sayatan atau memotong jaringan.

# Alat Non Elektromedik

Alat ini merupakan kontra atau kebalikan dari alat Elektromedik. Yaitu alat – alat yang tidak menggunakan atau tidak berbau elektronik / listrik. Alat Non Elektromedik meliputi alat – alat habis pakai, dan alat lain yang tidak menggunakan sistem kelistrikan.

Contoh Alat Elektromedik :

  • Infus Set – Adalah alat yang digunakan untuk memasukkan cairan infus ke dalam tubuh pasien melalui pembuluh darah vena
  • Syringe Disposable – Alat ini paling sering disebut dengan istilah alat suntik. Fungsi alat ini adalah untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh dengan menggunakan jarum.
  • Alcohol Swab – Adalah tisu beralkohol dengan ukuran yang kecil. Berfungsi untuk membersihkan bagian tubuh yang akan dikenakan jarum suntik.

# Alat Diagnostic In Vitro

Alat ini dikelompokkan berdasarkan dari spesifikasi fungsinya yang bersifat diagnostik atau sebagai alat pendiagnosis. Alat ini kebanyakan termasuk golongan Elektromedik dan sudah menggunakan sistem yang cukup canggih.

Contoh Alat Diagnostik :

  • Hematology Analyzer – Yaitu sebuah alat medis yang digunakan untuk menganalisa sel – sel darah seperti hitung jumlah hemoglobin, trombosit dan sel – sel darah lainnya.
  • Chemistry Analyzer – Sedikit berbeda dengan Hematology, alat ini berfungsi untuk mengidentifikasi unsur – unsur kimia dalam darah seperti colesterol, glukosa dan lain sebagainya.
  • Urine Analyzer – Digunakan untuk mengukur mengidentifikasi unsur – unsur kimia dalam urine (air seni).
Categories: Kesehatan