Tak mau kalah dengan provinsi di Pulau Sumatera lainnya, Jambi pun juga menyuguhkan potensi wisata yang memukau serta istimewa. Bahkan tempat wisata di Jambi menjadi salah satu yang terlengkap dan terbaik di seantero Pulau Sumatera.

 

Tahu gak di mana letak dari Muaro Jambi? Nah benar, Muaro Jambi adalah salah satu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Jambi. Menurut informasi, kabupaten ini memiliki jumlah penduduk sebesar 378.464 jiwa yang terhitung pada tahun 2014 yang lalu.

Meskipun tak memiliki pantai, namun jangan salah sangka, bahwa kabupaten ini juga masih menyimpan banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dilansir duniatraveling.co.id berikut adalah 5 destinasi wisata yang ada di Muaro Jambi.

1. CANDI GEDONG II
Candi Gedong II ini berada di Komplek Percandian Muaro Jambi, yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Berdasarkan informasi, Candi Gedong II merupakan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya ketika masih berkuasa di sana. Candi Gedong II berbeda dengan beberapa candi yang ada di Pulau Jawa, di mana candi ini dibangun dengan menggunakan batu bata, mengingat lokasinya yang jauh dari gunung berapi. Tak jauh dari sana, kamu juga akan menemukan Candi Gedong I, yang bangunannya tak semegah seperti Candi Gedong II.

2. CANDI MAHLIGAI
Masih dengan wisata sejarah, kali ini kamu bisa berkunjung ke Candi Mahligai, yang juga merupakan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan masih satu komplek dengan Candi Muara Takus. Candi ini memiliki bangunan seperti stupa yang terbagi ke dalam tiga bagian, yakni kaki, badan, dan atap. Bangunan candi yang terlihat megah menjadikannya sebagai spot foto yang menarik bagi para generasi milenial.

3. CANDI MUARO JAMBI
Masih ada lagi bangunan sejarah di sana, yakni Candi Muaro Jambi yang berlokasi di Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Salah satu dari Deretan Candi yang Terkenal di Indonesia ini merupakan kompleks percandian terbesar di Asia Tenggara, dengan luas mencapai angka 3981 hektar. Berdasarkan informasi, candi ini dibangun sekitar abad ke-7 hingga 12 Masehi. Sama seperti candi-candi sebelumnya, Candi Muaro Jambi juga dibangun dengan menggunakan batu bata merah, dan memiliki bangunan yang nampak megah dan klasik.

4. DANAU SIPIN
Kemudian ada Danau Sipin, yang merupakan danau alami. Danau ini sering kali menjadi tujuan para wisatawan, karena memiliki pemandangan dan suasan yang segar. Di tengah-tengah danau ini kamu juga akan menemukan beberapa keramba ikan milik nelayan setempat. Danau ini semakin ramai dikunjungi kala sore hari, karena memiliki pemandangan sunset yang cukup menawan.

5. DANAU TANGKAS
Bosan di Danau Sipin, kamu juga bisa berkunjung ke Danau Tangkas. Tak jauh berbeda dengan Danau Sipin, Danau Tangkas juga memiliki pemandangan sunset yang cukup romantis, sehingga banyak muda-mudi yang memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bercengkrama di tepi danau sembari menunggu matahari tenggelam.

Categories: Wisata