bermain di alam

Selama ini bagaimana cara Anda dalam mendidik anak?

Berbagai macam metode pasti dilakukan.

Tapi apakah Anda pernah mendidik anak Anda dengan metode yang satu ini?

Ya, metode dengan mengajak anak Anda untuk bermain di alam.Bagi yang sudah, pasti terasakan manfaatnya? Bagi yang belum mari mencoba.Jangan khawatir, banyak manfaat yang didapatkan dari hal tersebut untuk anak-anak Anda nantinya.

Agar lebih jelas lagi, disini akan saya rangkumkan apa saja manfaat mengajak anak bermain di alam bagi kesehatan.

Silahkan scrool ke bawah.

Ini 5 Manfaat Mengajak Anak Bermain Di Alam Bagi Kesehatan

  • Kekebalan Tubuh Meningkat

anak-anak bermain kotor

Anda pasti pernah mendengar sebuah slogan yang menjelaskan bahwa berani kotor itu adalah tindakan yang baik.

Memang, apa yang diungkapakan pada slogan di atas ternyata mengandung sebuah fakta yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan anak.

Ada beberapa data yang menyebutkan bahwa dengan anak bermain kotor-kotoran dampaknya akan mempengaruhi pada penurunan alergi.Ini bisa dilihat pada banyaknya organisme yang beragam yang menempel pada tubuh anak.

  • Energi Anak Bertambah

bermain di pohon

Kegiatan bermain di alam seperti memanjat pohon, berlari, atau melompat di tengah-tengah suasana alam bisa membuat seorang anak terlihat lebih bugar dan ceria.Dengan itu sudah bisa dilihat bahwa energi anak akan lebih meningkat dibandingkan dengan anak yang bermain di dalam ruangan.

Hal tersebut sudah ada penelitiannya yang pasti tidak akan membuat Anda ragu, yaitu dari Journal of Enviromental Psychology pada tahun 2010.

  • Fungsi Penglihatan Membaik

penglihatan baik

Ada beberapa penelitian yang menegaskan bahwa bermain di alam dapat membuat penglihatan anak menjadi baik.Hal ini dilandasi dengan alasan bahwa, saat bermain diluar terutama di lingkungan alam, mata anak akan terkena paparan cahaya alami dari luar dan akan membuat penglihatan menjadi lebih baik.

Itu sangat penting manfaatnya untuk mencegah kerabunan dini pada anak.Sesungguhnya anak perlu untuk dilatih kefokusan matanya dalam melihat objek yang jauh.

  • Mengurangi Stress

anak stres

Jika selama ini Anda hanya beranggapan bahwa anak hanya tahu dengan kesenangan dan tidak akan pernah mengalami stress, maka Anda salah.Rasa bosan yang melanda anak karena tidak menemukan sesuatu yang baru kadang juga bisa membuat anak menjadi stress.

Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan mengajak anak Anda untuk lebih sering bermain diluar.Dengan menghirup udara segar yang ada di alam, tentunya akan membuat anak Anda merasakan sebuah sensasi baru untuk mendapatkan ketenangan.

  • Menambah Vitamin D

anak kuat

Sumber vitamin D bukan hanya didapatkan dari susu saja, Anda juga harus memberikan asupan vitamin D alami untuk anak Anda dengan membuat anak Anda terkena sinar matahari langsung.

Jika anak Anda bisa terpenuhi asupan vitamin D, tentu tidak akan terganggu penyerapan kalsium dan juga fosfornya yang nanti akan membentuk tulang dan gigi yang kuat untuk anak.Selain itu bisa mencegah anak dari resiko penyakit jantung atau diabetes.

Anda sudah mengetahui apa saja manfaat yang bisa anak Anda peroleh jika bermain di luar ruangan atau alam.

Nah, sekarang bagi Anda yang tidak ingin sekedar hanya bermain diluar tapi benar-benar bermain seru-seruan di alam bebas, maka tidak ada salanya Anda mengajak anak Anda ke wisata alam Kopeng Treetop.

Perhatikan kebaikan anak Anda ya.

Salam hangat untuk Anda para orang tua..