Serangan tikus atau serangga – serangga seperti kecoa, lalat, nyamuk, rayap, di dalam rumah dapat mengakibatkan kerusakan dalam jumlah yang besar. Semua barang – barang atau perabotan di rumah dapat rusak parah karena hama – hama ini. Hama – hama ini perlu segera diatasi agar tidak bertambah semakin lebih banyak lagi. Untuk mengatasi hal ini, banyak orang yang kemudian menggunakan jasa pest control. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai jasa pest control dan waktu yang tepat dalam menggunakan jasa ini. Simaklah penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Jasa Pest Control ?

jasa pest control

Berdasarkan dengan namanya, pest control memiliki arti “kontrol hama”. Arti tersebut apabila diperjelas lagi dan ditambah dengan kata jasa akan bermakna suatu jasa atau penyedia layanan yang bekerja dalam mengendalikan hama. Hama sendiri berarti organisme yang menyebabkan berbagai macam kerugian pada manusia. Kerugian ini dapat berupa kerugian dari segi struktural, segi estetika, hingga segi fungsional. Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa jasa pest control merupakan penyedia layanan untuk mengendalikan organisme yang dapat berpotensi atau sudah menyebabkan banyak kerusakan pada manusia.

Jasa pest control biasanya akan mengendalikan hama – hama seperti tikus, rayap, nyamuk, lalat, ngengat, semut, dan hama – hama lainnya. Jasa ini juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan perumahan atau perorangan, maupun kebutuhan usaha seperti pada gedung, toko, gudang, dan lain sebagainya. Di berbagai daerah di Indonesia sendiri jasa pest control sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Banyak dari mereka yang menyadari bahwa hama apabila dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Jasa Pest Control

Karena jasa pest control masuk pada jenis jasa komersil, tentu saja jasa ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, diantaranya :

  • Kelebihan Jasa Pest Control

 

  1. Dapat memberikan solusi yang tepat dan cepat sesuai dengan masalah yang dihadapi para klien
  2. Hasil yang maksimal
  3. Jauh lebih aman dan nyaman karena menggunakan teknik yang sesuai
  4. Meminimalisir kerugian

 

  • Kekurangan Jasa Pest Control

 

  1. Biaya yang dikeluarkan cukup tinggi (semakin luas bangunan dan semakin banyak hama yang menyerang, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan)
  2. Pemilihan jasa pest control yang salah dapat menyebabkan kerugian yang jauh lebih besar

 

Kapan Waktu Yang Tepat Dalam Menggunakan Jasa Pest Control ?

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jasa pest control, tentu penggunaan jasa pest control ini perlu anda tentukan dengan cermat dan teliti. Namun, apabila dirasa hama sudah terlalu banyak dan tidak dapat diatasi lagi, segera gunakan jasa pest control ini. Apalagi jika ini menyangkut untuk kebutuhan usaha anda. Jika terdapat indikasi kutu atau rayap sudah merusak usaha kerajinan tangan atau gedung mebel anda, meminta bantuan dari tenaga profesional jelas lebih baik daripada anda harus menanggung kerugian yang jauh lebih besar. Ada baiknya lagi jika anda dari awal sudah berjaga – jaga dengan menyediakan insektisida atau sistem injeksi secara teratur.

 

Categories: Umum