kenapa ada orang yang kirim uang ke luar negeri? Lah iya juga ya kenapa sih ada orang yang harus kirim uang ke luar negeri? Tentunya mereka memiliki alasannya masing-masing?

Lalu, apa aja sih alasan kenapa mereka harus mengirimkan uang ke luar negeri? Berikut adalah beberapa alasannya dan bisa jadi kamu akan mengalaminya pada titik tertentu dalam hidup kamu.

Punya Keluarga di Luar Negeri

Alasan pertama yang biasa digunakan adalah karena memiliki keluarga yang berada di luar negeri. Hal ini dapat berarti banyak hal misalnya orang tua yang memiliki anak yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Mereka mengirimkan uang ke luar negeri untuk biaya hidup anaknya di negeri seberang.

Selain itu, bisa juga seorang karyawan di Singapura yang bekerja di sana. Dia mengirimkan uang secara reguler ke Indonesia untuk menghidupi keluarganya di kampung halaman.

Punya Bisnis yang Melibatkan Ekspor Impor

Alasan kedua adalah karena adanya hubungan bisnis yang melibatkan ekspor atau impor. Memiliki bisnis yang berhubungan dengan hal tersebut membuat kita mau tidak mau harus terbiasa mengirimkan uang ke luar negeri untuk keperluan bisnis misalnya untuk membayar supplier barang tertentu atau malah kita yang menerima pembayaran dari luar negeri.

Belanja Online

Alasan berikutnya berkaitan dengan kegiatan belanja online yang makin marak dilakukan oleh masyarakat kita. Belanja online tidak selalu hanya dilakukan di dalam wilayah kedaulatan Indonesia saja melainkan banyak orang yang melakukan transaksi melintasi batas negara. Keberadaan platform seperti ebay dan amazon turut membuat belanja online yang melintasi batas negara menjadi makin memungkinkan untuk dilakukan oleh siapa saja.

Melakukan belanja online seperti ini membuat kita juga harus mempertimbangkan bea masuk yang biasanya dikenakan. Apabila tidak membayarnya, biasanya barang yang kita beli akan ditahan sampai kita melunasi bea yang dikenakan.

Demikian tadi beberapa alasan kenapa orang mengirimkan uang ke luar negeri. Ada juga alasan lain misalnya untuk keperluan operasi kesehatan dan lain sebagainya. Oiya, untuk transaksi ke laur negeri kita dapat memanfaatkan layanan remittance seperti Transfez dan Western Union. Remittance adalah kegiatan pengiriman uang yang biasanya dilakukan ke luar negeri.

Categories: Bisnis