Merawat anak kucing di rumah bisa dibilang tidak terlalu sulit asalkan masih ada induk yang mengurusnya. Meskipun ada induk yang masih menyusui, namun harus tetap diperhatikan agar kesehatan dan perkembangannya berjalan dengan baik.

Dengan bantuan manusia, perkembangan anak kucing bisa menjadi lebih cepat dan aktif. Lingkungan tempat tinggalnya memiliki peran yang besar dalam tumbuh kembangnya. Di sini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merawatnya.

Cara Merawat Kucing di Rumah

1. Mengajaknya Bermain

Ketika usianya menginjak 5-6 minggu, biasanya anak kucing sudah mulai bergerak aktif dan mulai berinteraksi dengan manusia. Agar motoriknya dapat berkembang lebih cepat, cobalah ajak bermain menggunakan kertas atau bola yang digerakkan dengan pelan.

Biasanya anak kucing akan memperhatikan pergerakan dari benda tersebut dan akan mendekatinya secara perlahan. Jika terdapat anak kucing yang masih ketakutan, ini sangat wajar dan tidak bisa dipaksakan untuk diajak bermain seperti yang lainnya. 

2. Membersihkan Tempat Tinggalnya

Adapun yang dimaksud dengan membersihkan tempat tinggalnya bisa dimulai dari tempat yang digunakan untuk tidur. Pastikan mengganti alas tempat tidur dalam beberapa hari sekali, agar tidak terlalu kotor dan menghindari munculnya kutu pada kucing.

Apabila anak kucing sudah mulai bisa buang air kecil dan besar di tempat yang disediakan, bersihkan setiap hari pasirnya. Jika pasirnya masih banyak yang bersih, cukup ambil bagian yang terkena kotorannya dan sisanya bisa dijemur terlebih dahulu.

3. Menyikat Bulunya

Dari situs adhdmalta.org menyarankan kepada pemilik anak kucing untuk menyikat bulu secara rutin. Ini bertujuan agar bulu-bulu yang rontok tidak ikut terjilat oleh anak kucing dan masuk ke dalam perut yang bisa menyebabkannya muntah. 

Usaplah bulu kucing menggunakan sikat khusus kucing dan lakukan secara hati-hati. Jangan terlalu keras atau cepat dalam menyikatnya karena hal ini bisa membuat bulu kucing menjadi mudah rontok. Bisa juga menggunakan alat untuk grooming bulu kucing agar kucing lebih nyaman.

Selain 3 cara di atas, masih ada banyak hal yang bisa diterapkan untuk merawat anak kucing agar tetap sehat dan pertumbuhannya cepat. Pemberian makan yang tepat, memberikan kasih sayang dan hal-hal lainnya juga perlu diterapkan. 

Categories: Umum