MAKET APA SIH?

Maket adalah miniatur atau model bangunan yang akan dibuat untuk memudahkan visualisasi hasil rancangan baik berupa rancangan struktur, interior,eksterior atau siteplan. Malah ada juga maket kapal (ship miniature).

 

Ciri-ciri Maket

– Berbentuk seperti tiruan dalam tiga dimensi

– Berskala kecil

– Biasanya dibuat dari Plastik, kayu, kertas, tanah liat, dsb

– Mengeluarkan biaya yang sedikit

 

Fungsi Maket

– Alat bantu dalam mempresentasikan kepada kalayak ramai

tentang bangunan yang akan dibangun

– Pengenalan bentuk geometri

– Melatih konsentrasi

– Memperkuat fungsi brosur dan iklan sebagai media

– informasi pemasaran

– Memudahkan konsumen memahami bentuk rumah dengan

cepat

 

Maket adalah sebuah bentuk tiga dimensi yang merupakan bentuk tiruan sebuah benda atau objek, seperti (gedung, kapal, pesawat terbang, dsb.) yang dibuat dalam skala yang lebih kecil, biasanya dibuat dari kayu, kertas, tanah liat, dsb.

 

 

Fungsi Maket :

  • Mendeskripsikan sebuah kedadaan dalam suatu lingkungan dalam skala yang lebih kecil.
  • Media visualisasi sebuah desain.
  • Alat bantu dalam mempresentasikan sebuah desain yang akan direalisasikan atau diwujudkan.

 

Ditengah segala kemudahan dalam melakukan trasnportasi serta banyaknya pengguna membuat pihak pemerintah untk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dari para pengguna jasa tersebut. kenyamanan tersebut bisa didapatkan jika pihak perhubungan menyediakan sarana dan prasaranan lengkap serta membuat para pengguna ini senatiasa bentah dan ngak kapok untuk menggunakan jasa transportasi yang sama. Berbicara tentang transportasi ini ternyata tersedia untuk semua elemen mulai dari udara, laut, dan darat. Nah ketika kita membicarakan transportasi darat pastilah tidak terlepas dari bis. Sebagai salah satu alat transportasi yang juga diminati. Terminal sebagi tempat berhenti dan berangkat tentu semua tempat dan area harus dipahami oleh masyarakat. Sehingga tidak selalu menyusahkan para petugas terminal untuk menunjukkan arah maupun tempat yang dituju. Nah jika ada ketersediaan maket terminal ini tentu akan sangat memabantu bagi masyarakkat yang masih awam.

Dengan adanya maket terminal di area terminal,maka akan sangat membantu para calon penumpang dalam menemukan tujuan ataupun lokasi dari armada yang akan mereka gunakan. Hal ini tentu berbeda sekali dengan penggunaan kertas dan media dua dimensi lainnya. Dengan menggunakan maket bertajuk tiga dimensi, penggambaran terminal akan jauh lebih profesional,efektif dan juga efisien. Di sisi lain, kecenderungan manusia untuk lebih mudah memahami suatu penjelasan secara visual (gambar) daripada melalui tulisan (verbal).

Maket terminal juga dilengkali dengan miniature miniatur kendaraan, misalnya miniatur bus pada terminal bus. Peletakkan maket terminal di lakukan depan masuk ke terminal sehingga dekat meja informasi hal ini bertujuan untuk mempermudah para resepsionis untuk menjelaskan seisi kawasan terminal dengan menggunakan maket tersebut. Sehingga apabila ada seseorang yang sedang mencari letak peristirahatan armada yang akan ia gunakan, para resepsionis akan dengan mudah memberikan jalan dengan menggunakan acuan maket yang telah tersedia di samping meja mereka.

Namun ternyata tidak semua terminal menyedikana atau memiliki maket ini, entah karena memang belum adanya dana yang turun dari pihak perhubungan atau memang belum dianggarkan entahlah. Mengingat harga maket dengan kualitas baik lumayan mahal, mungkin inilah yang membuat pihak perhubungan lebih memilih memanfaatkan tulisan-tulisan sederhana atau petunjuk arah yang lain untuk memberikan informasi letak suatu tempat.

 

Categories: Bisnis