Esk8r – Banjir besar yang menempa Jakarta 1 Januari selanjutnya memunculkan pelbagai kesulitan. Tidak cuman rusaknya insfrastruktur serta layanan biasa, banjir membuat beberapa ratus masyarakat sempat pindah.

Lokasi terpengaruh paling luas di Ibu kota yaitu Jakarta Timur. Sekitar 63 dari 65 Kelurahan (sama dengan dengan32 ribu kepala keluarga) di lokasi ini digenangi. Serta di Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, ketinggian air meraih 4 mtr..

Dengan geografis, situasi ini bisa dimengerti, lantaran dari 13 sungai di Jakarta, sekitar 7 sungai salah satunya melalui lokasi Jakarta Timur, sampai lokasi ini seakan-akan dikepung oleh sungai.

Karenanya, walau banjir sudah surut, Walikota Jakarta Timur M Anwar mengharap supaya masyarakat serta semuanya korps-nya terus hati-hati mengingat musim hujan belum berlalu.

” Kita tetap harus hati-hati. Sinkronisasi dengan semuanya deretan harus terus-menerus ditambah, ” Kata Anwar waktu dijumpai wartawan di area kerjanya barusaja ini.

Waktu banjir 1 Januari selanjutnya, satu diantara kepentingan masyarakat Jakarta Timur yang sangatlah mendorong yaitu air bersih. Perihal ini berlangsung lantaran suplai air dari PT Aetra Air Jakarta (Aetra) sempat berhenti, gara-gara pemadaman saluran listrik pada Instalasi Pemrosesan Air (IPA) Buaran – Jl. Raya Kalimalang – Jakarta Timur, serta terendamnya IPA Buaran.

Untuk menunjang kepentingan air bersih masyarakat terpengaruh banjir , Pemkot Jakarta Timur membuat Satgas Banjir yang terdiri dalam SKPD PAM Jaya bekerja bersama dengan PT Aetra Air Jakarta (Aetra) .

Satgas ini berubah menjadi ujung tombak pemenuhan kepentingan air bersih, mengingat luasnya lingkup masyarakat yang perlu perlindungan.

Beberapa titik sebagai prioritas yaitu lokasi padat masyarakat, pemukiman lusuh, serta rumah sakit terpengaruh banjir. Minimal ada 17 area, terdiri dalam rumah sakit serta posko pengungsian yang menjadi target pendistribusian air bersih di Jakarta Timur.

Rumah sakit jadi prioritas pendistribusian air bersih lantaran argumen emergency serta kemanusiaan. Di lokasi Jakarta Timur, ada 4 rumah sakit seperti RS Pondok Kopi serta RS Cijantung yang memperoleh pasokan air bersih.

Perlindungan air bersih dari Aetra dikirim dengan mobil tangki, serta di banyak lokasi spesifik di letakkan tandon untuk memuat air bersih. Tidak cuman mengharap masyarakat terus hati-hati, Anwar memerintah korps-nya terus menaikkan kerja sama juga dengan pelbagai faksi untuk menanggulangi kesulitan banjir.

Menurut dia, kerja sama juga dengan banyak pemangku keperluan, seperti BUMN, BUMD, TNI-Polri, warga, swasta, sudah berjalan baik serta sangatlah menunjang.

” Kami semestinya tidak bisa kerja sendiri menanggulangi kesulitan ini. Saya berikan animo tinggi pada semua pemangku keperluan. Antara lainnya Aetra, yang sudah berikan perlindungan air bersih, ” tutup Anwar.

Jakarta Segera 'Tamat' Sebagai Ibu Kota, Ini Penjelasan Tito

Jakarta Selekasnya ‘Tamat’ Jadi Ibu Kota, Ini Keterangan Tito

Agen Herbalife – Ibu Kota Negara bakal dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Bakal berlangsung perkembangan penting pada Jakarta apabila perubahan ibu kota terjadi.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Muhammad Taufik serta menjelaskan UU Ibu Kota Negara bakal keluar pada Juni 2020. Kehadiran UU ini bakal menyudahi status Jakarta jadi ibu kota negara atau Wilayah Spesial Ibu Kota (DKI) .

” Insya Allah bulan Juni, Jakarta tamat jadi ibu kota negara. Undang-undang (ibu kota baru) bakal keluar bulan Juni, ” kata Taufik waktu sambutan Rapat Kerja Wilayah Partai Gerindra DKI Jakarta, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Minggu Tempo hari (26/1/2020) .

Dia akui tak mempersoalkan pindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Akan tetapi ia mengharap anggota DPR membahas status Jakarta sesudah ibu kota ganti.

Pilihan Redaksi Jakarta Tamat Jadi Ibu Kota Negara Mulai Juni 2020

Seru! Istana Versi Anies Ribut Underpass Kemayoran Banjir

Kunker ke Ja-tim, Jokowi Cek Kapal Selam Bikinan RI

” Kita memohon teman-teman di DPR, waktu pencabutan Jakarta jadi ibu kota, harus barengan basic hukum Jakarta, apa Jakarta untuk rezimnya pemda sama seperti Ja-tim serta Jawa barat? Bila itu berlangsung itu maka berlangsung perkembangan susunan pemerintahan, ” tutur Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sudah mengemukakan masukan Perancangan Undang-Undang (RUU) untuk masuk dalam Proglam Legislasi Nasional (Prolegnas) Tahun 2020-2024.

Antara lainnya yaitu RUU Perkembangan Atas UU Nomor 29 Tahun 2007 terkait Pemerintahan Propinsi DKI Jadi Ibu Kota NKRI.

” Sekarang DKI Jakarta masih berubah menjadi ibu kota dengan UU spesial, akan tetapi oleh karena ada ide Pemerintah Pusat mengalihkan ibu kota ke Kalimantan Timur atau kita tahu dengan IKN atau ibu kota negara karenanya leading sector-nya yaitu Bappenas tengah membuat UU ibu kota negara, ” kata Tito seperti diambil Kamis (23/1/2020) .

Oleh karena ada ibukota negara ganti, karenanya pertanyaannya yaitu bagaimana status dari Jakarta?

Tito mengatakan ada 2 (dua) pilihan yang dapat dimasukkan. ” UU-nya harus dirubah untuk DKI ini bila UU IKN barangkali dapat paralel, UU IKN di Kalimantan timur dikupas selanjutnya di undangkan, selanjutnya automatic UU DKI dapat dikerjakan pengkajiannya sama waktu itu atau menyalip setelah itu. Lantaran IKN-nya belum ganti, itu pilihan yang Jakarta berubah menjadi Pusat Ekonomi serta Usaha, ” jelas Tito.

Sesuai dengan clausal 20 UUD 1945 kalau Pengkajian Perancangan Undang-Undang dikerjakan oleh pemerintah bersama-sama DPR RI sampai kesepahaman RUU yang bakal dikupas didiskusikan kementerian/instansi berkaitan dengan DPR.

Tito sudah mengemukakan Prolegnas ini ke Pimpinan serta Anggota Komisi II DPR RI.

Categories: Umum