Pernahkah you perhatikan bahwa tulisan-tulisan yang digunakan dalam penjualan beragam barang dan jasa di dunia online itu tidak sembarangan. Tidak hanya ditulis secara asal saja oleh seorang writer, melainkan semua itu telah ditulis oleh seorang copywriter. Jika disandingkan pada writer dan copywriter ini telah mempunyai tujuan yang tidak sama pada keduanya. Lalu apa itu copywriting?

 

Apa itu Copywriting

Banyak definisi apa yang dimaksud dengan copywriting. Salah satu yang paling gampang, copywriting adalah tidak benar satu teknik seni penulisan dan tujuannya untuk memperoleh tanggapan dari pembacanya. Media dalam copywriting tidak hanya dalam wujud postingan saja, tetapi bisa memanfaatkan gambar atau dalam wujud video.

 

Menurut Wikipedia, copywriting adalah postingan yang dibikin oleh seorang writer tujuannya disebarkan untuk keperluan komersil. Contoh copywriting banyak digunakan untuk iklan terhadap website, landing page, televisi, majalah, koran dan media lainnya.

 

Sekarang ini dengan perkembangan internet yang tambah maju, copywriting seolah jadi tidak benar satu perihal wajib yang wajib ada. Tetapi untuk bisa jadi seorang copywriter tidaklah mudah, Anda wajib jelas teknik copywriting yang bisa menarik konsumen. Salah satu teknik yang banyak digunakan oleh copywriter adalah AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action).

 

Apakah Copywriting Itu Penting Dalam Bisnis?

Ada yang menyatakan bahwa copywriting memiliki peran 80% dalam bisnis. Jika Anda membiarkan copywriting berarti Anda sudah menyingkirkan 80% biaya dan saat yang sudah dikeluarkan. Ironisnya saat ini belum banyak para pelaku bisnis online yang menerapkan copywriting dengan baik dan benar. Mereka masih asal menambahkan content dan materi iklan yang tidak cukup menarik konsumen.

Pernahkah Anda memandang 2 product sama persis, yang satu dijual dengan cuma mencatumkan informasi, desktipsi, fitur, manfaat, harga dan cara memesan.

 

Setelah ditunggu lama tidak tersedia orang yang belanja product Anda sama sekali, selanjutnya apakah tersedia yang salah? Jawabnya tidak ada.

Produk kedua produknya sama persis, yang membedakan product kedua memiliki costumer yang rama dan atusias terhadap product yang dijual. Apakah mereka gunakan penglaris? Jawabnya tidak. Mereka gunakan tehnik copywriting yang bisa menyihir yang bisa sebabkan para costumer bukan lagi menghendaki tetapi perlu belanja product yang Anda jual.

 

Nah dari sinilah bisa kita sadar dengan bahwa copywriting memiliki peran penting dalam bebisnis. Jika Anda masih bingung bagaimana perumpamaan copywriting yang baik dan benar, kita sudah menyiapkannya terhadap pembahasan dibawah ini.

Categories: Bisnis