Apakah Manfaat Rumah Yang Bersih Juga Bisa Mengatasi Stres?

rumah berantakan

Kira-kira sekarang apa tanggapan kamu setelah melihat jawaban di atas? Saya rasa mayoritas akan menjawab iya, tapi mungkin ada beberapa yang menjawab tidak.

Kalau untuk saya lebih cenderung ke option pertama yaitu benar.

Kenapa?

Cek alasan ini,

Melihat sebuah rumah yang super berantakan, barang tidak tertata rapi, dan Anda dalam keadaan lelah untuk membersihkannya itu suuatu hal yang sangat menyebalkan pastinya dan keadaan seperti itulah yang dapat memicu seseorang bisa stress.

Butuh penelitian?

Dalam sebuah studi pada sebuah jurnal Personality and Social Pshycology Bulletin tahun 2010 memberikan penjelasan bahwa perempuan yang tinggal di dalam rumah yang berantakan memiliki kadar kortisol atau pemicu stress lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tinggal dirumah yang rapi.Penelitian serupa juga diberikan oleh UCLA Center of Everyday Lives and Families.

Jika sudah ada penelitiannya seperti itu saya rasa itu sudah menunjukkan bukti yang jelas bahwa rumah yang berantakan dapat memicu steres dan solusinya pasti memiliki rumah yang bersih.

Dalam penelitian tersebut ditulis perempuan tapi untuk Anda para lelaki jangan karena melihat hal itu jadi tidak mau melakukan hal yang sama.Baik laki atau perempuan semuanya harus menjaga kebersihan sebuah rumah agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa menjadi pemicu steres.

Contoh saja:

  • Kesulitan mencari barang

lupa letak barang

Rasa lelah yang menyergap diri seseorang terkadang membuat seseorang meletakkan barang-barangnya dengan sembarangan dan akibatnya bisa membuat barang-barang tersebut bertumpuk-tumpuk dan akan kesulitan dalam mencarinya saat sedang butuh.

Kesulitan mencari barang pasti akan membuat diri seseorang merasa geram dan akan frustasi.Itu bisa menjadikan seseorang stress karena hal kecil yang tak diinginkan.

  • Merasa malu

malu

Bayangkan saat ada teman atau saudara Anda yang masuk ke rumah Anda dan keadaan rumah Anda seperti baru saja tertimpa badai.Tentunya Anda akan sangat malu karena hal itu, dan tidak mungkin Anda akan membersihkan rumah saat ada tamu, itu adalah hal yang kurang sopan.

Berbagai macam tatapan mungkin akan diterima Anda dan Anda pasti akan merasa bahwa tamu Anda tersebut menganggap Anda sebagai orang yang pemalas dan lain-lain.

  • Hama rumah banyak berkembang

takut serangga

Yang namanya hama pasti tidak akan memandang seperti apa tempat tinggal mereka, bersih ataupun kotor pasti ditempati.Tapi, akan lebih parah lagi jika Anda membiarkan rumah Anda berantakan dan tidak dirapikan secepat mungkin.

Hama akan semakin senang tinggal di rumah Anda dan itu akan mendatangkan dampak negatif yang besar untuk Anda.Jika sudah seperti ini maka Anda perlu yang namanya jasa pest control untuk membantu memusnahkan hama itu.

Jadi bagaimana jawaban tersebut? Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa menyadarkan Anda untuk lebih memperhatikan kebersihan rumah.Karena manfaat rumah yang bersih akan Anda rasakan nanti.

Terimakasih.