Bosan sudah pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Entah itu dalam hal melakukan rutinitas sehari-hari, pada makanan, atau bahkan terhadap sesuatu yang didengarkan. Mungkin salah satu hal monoton yang paling sering kita dengar dalam hidup kita saat ini, yaitu ringtone HP. Notifikasi baik telepon, SMS, atau dari beragam aplikasi chatting, selalu bordering setiap jam atau bahkan menit.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang bosan dengan ringtone yang begitu-begitu saja, kamu bisa mengatasi rasa bosan tersebut dengan mencoba melakukan edit lagu ringtone kamu, lho! Tenang, untuk melakukannya sangat mudah, kamu hanya membutuhkan beberapa aplikasi gratis di Google Play yang bisa langsung kamu pasang pada hp kamu.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi untuk mengedit suara atau pun lagu di Android yang telah diunggah pada Google Play Store. Akan tetapi, pada artikel ini, kami telah melakukan sortir beberapa aplikasi yang layak kamu coba berdasarkan referensi dari teknolagi.id dengan kuunggulan masing-masing, baik dari segi fitur atau pun tampilan yang ditawarkan.

1 Ringtone Maker

Seperti nama aplikasinya, Ringtone Maker dapat membantu kamu dalam menciptakan ringtone atau nada dering yang “segar” untuk didengar. Aplikasi ini tergolong simple dan sangat nyaman untuk digunakan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa melakukan pemotongan audio secara nyaman dengan adanya fitur zoom in pada audio yang akan diedit. Sehingga bagian audio yang akan kamu sesuaikan akan lebih mudah untuk dilakukan perubahan.

Selain itu, penggabungan beberapa file audio juga lebih mudah dengan tersedianya fitur fade in serta fade out. Dengan adanya fitur ini, transisi antara file audio satu dengan lainnya akan terasa lebih smooth.

2 Ringtone Maker Wiz

Diurutan kedua ada aplikasi besutan developer MaxigetDM bernama Ringtone Maker Wiz. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi Ringtone Maker, aplikasi ini juga memiliki kemampuan yang tidak ketinggalan dalam hal melakukan kebutuhan permak ringtone.

Untuk dapat memudahkan user dalam melakukan perubahan pada file audio, Ringtone Maker Wiz memberikan fitur untuk dapat melakukan zoom in hingga 5 kali, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk melakukan perubahan dan akan jauh lebih akurat.

Setelah file berhasil diedit, kamu dapat langsung memainkan hasil ekspor dari audio yang telah kamu hasilkan pada menu My Ringtones.

  1. Timbre

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya yang hanya memiliki fitur disekitar audio saja, aplikasi Timbre justru mampu memberikan fitur untuk melakukan editing baik audio hingga video. Meskipun memiliki dua fitur tersebut, Timbre tetap memaksimalkan fitur edit audio yang dimilikinya.

Dengan bantuan aplikasi ini, kamu dapat melakukan penggabungan, memotong, hingga melakukan konversi file audio ringtone yang akan kamu edit. Selain itu, kamu juga dapat mengatur bitrate yang akan digunakan pada file audio, serta dapat memainkan kecepatan atau tempo dari music ringtone, hingga dapat membalikkan lagu dengan fitur reverse.

Pada fitur videonya juga terdapat fitur dengan fungsi yang kurang lebih sama dengan fitur yang telah disebutkan di atas. Contohnya yaitu seperti fitur kompres video yang menyediakan cara kompres video menjadi lebih kecil. Hingga saat ini, aplikasi Timbre terbilang cukup laris dengan jumlah pengguna total di atas satu juta pemasangan.

Nah, dengan bantuan ketiga aplikasi di atas, kini ringtone di hp kamu tidak lagi monoton. Ketiga aplikasi di atas tentunya memiliki plus minus tersendiri, jadi kamu bisa mencobanya satu persatu dan memilih aplikasi mana yang paling cocok. Cheers!

Categories: Teknologi