Ketika kamu ingin memakan kue pastinya kurang lengkap jika tidak ditambah dengan butter cream. Untuk cara buat butter cream dengan putih telur tenyata tergolong mudah loh.

Membuatnya juga bisa kamu lakukan dirumah saja.

Pasti sudah tidak asing ketika mendengar nama cream yang satu ini juga. Butter cream ini seperti namanya berasal dari bahan seperti namanya butter atau mentega yang ditambah beberapa bahan seperti telur dan yang lainnya.

Sebagaian banyak orang-orang memakai butter cream ini untuk lapisan pada kue. Butter cream ini berguna untuk menambah rasa pada kue yaitu rasa manis. Selain itu manfaaat lainnya yaitu dapat memperindah dan mempercantik tampilan kue.

Kamu bisa membuat hiasan dikue seperti membentuknya menjadi bunga atau bentuk lainnya. Butter cream ini biasanya digunakan untuk kue-kue untuk acara besar seperti kue ulang tahun kue hari jadi dan yang lainnya.

Walaupun sekarang ini sudahh sangat banyak dijual ditoko toko, Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri. Dengan hanya menggunkan beberapa bahan kamu bisa membuat butter cream versi kamu sendiri.

Dengan membuatnya sendiri kamu bisa menjamin kualitas bahan dan kehigenisan bahan yang digunakan. Kamu juga bisa berkreasi dalam membuatnya. Lebih menambah skill dalam membuat butter cream juga.

Berikut ini sudah kami rangkum beberapa informasi tentang butter cream yang akan menambah wawasan kamu sebelum membuat butter cream tersebut.

Apa Sih Butter Cream Itu

 

Dari namanya sudah pasti butter cream ini terbuat dari butter atau mentega. Butter cream ini terbuat dari beberapa bahan saja seperti mentega, telur dan beberapa bahan lainnya. Butter cream ini biasanya digunakan sebagai lapisan ataupun hiasan dalam kue.

Biasanya orang-orang melapisi kue dengan butter cream ini. Kemudian banyak juga yang menghias kue dengan menulis tulisan atau membentuk berbagai bentuk seperti bunga pada kue dengan butter cream ini untuk memperindah dan mempercantik tampilan kue.

Butter cream ini memiliki cita rasa manis yang akan memberikan rasa pada kue yang lebih enak untuk dinikmati. Banyak orang yang menyukai butter cream ini diberikan diroti karena rasanya tersebut.

Akan tetapi ternyata ada juga beberapa orang yang tidak menyukainya karena rasa manisnya tersebut. Sebagian orang tidak menyukai rasa manis yang berlebihan.

Oleh karena itu dengan kamu membuat butter cream sendiri dirumah kamu bisa menyesuaikan tingkat kemanisannya sesuai dengan selera kamu. Kamu bisa mengkreasikan butter cream ini juga pada kue kamu.

Biasanya butter cream ini digunakan pada kue-kue yang akan digunakan untuk acara-acara besar atau penting seperti acara ulang tahun dan yang lainnya.

Berikut terdapat beberapa butter cream yang harus di coba untuk dibuat yang sudah kami rangkum.

Jenis Butter Cream yang Harus Kamu Coba

 

1. American butter cream

Dulunya butter yang bernama American butter cream dinilai sebagai varian yang paling mudah untuk membuatnya sebagai pilihan topping untuk kue.

Hal tersebut sebab cara membuat dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat butter ini hanyanya seidkit  yaitu bahan seperti mentega dan gula bubuk, kemudian di aduk hingga tercampur sempurna.

Kamu juga dapat menambahkan bahan lain seperti susu cair agar teksturnya lebih lembut.

2. Swiss meringue butter cream

Ketika mendengar namanya doang pasti kamu sudah bisa menebak kalau baha yang digunakan untuk butter cream ini menggunakan adonan Swiss meringue di dalamnya. Biasanya, putih telur dan gula nantinya akan dipanaskan di suhu dengan suhu kira-kira sebesar 64 derajat celcius.

Putih telur juga akan di aduk menggunakan alat seperti whis atau bisa menggunakan mixer agar lebih cepat. Jika meggunakan mixer gunakan kecepatan tinggi jadi konsistensinya akan berubah menjadi lebih kaku.

Butter cream tersebut mempunyai kelebihan menggunakan konsistensinya yang lebih kaku jadi kamu tidak perlu khawtir kalau mudah mencair.

3. German butter cream

Untuk bahan dalam pembuatan butter yang satu ini berbeda lagi dengan yang lainnya yaitu menggununakan pastry cream.

Pastry cream tersebut sendiri merupakahan bahan yang berasal dari campuran gula, susu, tepung maizena, dan telur yang sudah lebih dulu dimasak, yang kemudian akhirnya didinginkan.

Setelah itu campuran tersebut akan di aduk dengan memakai mixer sampai mempunyai konsistensi yang kuat. Akan tetapi lebih lembek. Sebagian besar butter cream jenis yang satu ini pas untuk hiasan memakai piping bag.

Cara Buat Butter Cream Dengan Putih Telur Anti Gagal

 

Selian cara buat butter cream dengan putih telur ini kamu juga bisa coba Cara Membuat Butter Cream dengan Blue Band Lembut

Bahan:

  • 6 butir putih telur
  • 400 gram gula pasir halus
  • 650 gram¬†unsalted butter (suhu ruangan)
  • 1 sdm ekstrak vanili

Cara membuat butter cream

1. Tambahkan bahan-bahan seperti putih telur dan gula halus pada wadah berisi air panas. Aduk hingga putih telur menjadi panas.

2. Setelah itu pindahkan setalah dipanaskan ke dalam wadah atau mangkuk besar. Mixer menggunakan kecepatan tinggi dengan waktu 5-10 menit.

3. Berikan unsalted butter pada mangkok. Aduk dengan menggunakan kecepan sedang mixer. Tuang vanili sembari terus di aduk.

4. Aduk hingga butter cream menjadi mengembang. Jika kamu ingin langsung menggunakannya untuk mengias kue kamu bisa menggunakan pipe bag.

Categories: Bisnis