Hello teman-teman semuanya, dikesempatan sekaligus artikel kali ini saya akan membagikan cara buat keripik jamur tiram yang bisa kalian buat juga dirumah karena cara pembuatannya yang dapat dibilang sangatlah mudah dan juga simple.

Tetapi teman-teman, sebelum ke pembahasan utamanya yakni cara buat keripik jamur tiram saya ingin membahas sedikit hal yang masih berkaitan dengan jamur ini. Barangkali adanya pembahasan ini bisa juga berguna untuk teman-teman sekalian.

Langsung saja tanpa perlu berlama-lama dengan basa-basi semacamnya kita langsung masuk ke pembahasan dari yang berkaitan dengan jamur ini.

Jamur

Jamur adalah tumbuhan heterotrof yang tidak memiliki klorofil. Tubuh terdiri dari filamen yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk jaringan besar yang juga dikenal dengan sebutan miselium. Ada banyak jenis jamur, beberapa di antaranya aman dikonsumsi dan tinggi protein.

Nah, ternyata tidak semua jenis jamur bisa dikonsumsi, karena beberapa jenis jamur juga mengandung zat beracun yang bisa merugikan kita saat kita mengonsumsinya.

Untuk itu disini saya akan menyebutkan beberapa jenis jamur yang bisa sobat konsumsi, agar sobat tidak lagi bingung dengan jenis jamur apa saja yang bisa sobat konsumsi.

Jamur Kuping

Jamur kuping adalah jamur yang tipis dan kenyal dengan warna coklat dan tekstur lembab. Rasanya yang ringan dan pedas, cocok untuk membuat sop sayur atau sop sayur lainnya.

Jamur kuping baik untuk kesehatan Anda. Diantaranya, Anda bisa mengatasi demam, menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan pembuluh darah.

Jamur Tiram

Jamur tiram berukuran besar, berwarna putih, berkelompok seperti payung dan mirip dengan cangkang tiram. Jamur tiram tidak hanya dimasak seperti sayuran, mereka sering digoreng dengan tepung agar renyah dan lezat.

Jamur Jerami

Bentuk jamurnya lonjong, rasanya enak, enak. Banyak masakan yang bisa dibuat dari jamur jenis ini, seperti telur dadar atau telur dadar. Kandungan protein dalam jamur ini cukup tinggi, yaitu sekitar 3,2 gram protein per 100 gram jamur.

Jamur Kancing

Minyaknya berbentuk bulat berwarna putih. Sangat cocok untuk mengolah berbagai jenis pasta atau masakan barat lainnya. Champignon memiliki manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol, melindungi dari radikal bebas dan meningkatkan sel darah merah.

Jamur Truffle

Truffle adalah jamur paling mahal di dunia, karena langka. Hingga saat ini jamur jenis truffle ini sangat jarang ditemukan karena sulit untuk dibudidayakan. Tetapi kalian bisa menemukan hidangan yang menggunakan jamur truffle ini di berbagai hotel dan restoran mewah.

Jamur Porcini

Jamur putih salju dengan warna putih kecoklatan. Tubuhnya lembut dan tebal, secara lahiriah menyerupai babi. Porcino, dengan antioksidannya yang tinggi, dapat meregenerasi tubuh dan mencegah penyakit seiring bertambahnya usia.

Jamur Enoki

Enoki adalah sejenis jamur dengan aroma buah. Bentuknya panjang, badannya putih, bisa juga dimakan mentah. Enoki bisa dimasak dengan kuah ataupun keringan layaknya seperti jamur tiram seperti biasa.

Jamur Shimeji

Shimeji adalah jamur ringan dengan tutup berwarna coklat muda di atasnya. Shimeji juga memiliki manfaat kesehatan. Jamur ini bisa melawan sakit maag, menambah massa otot dan mengobati masuk angin.

Cara Buat Keripik Jamur Tiram

Setelah berbicara tentang jamur sebelumnya dan jenis-jenis jamur yang bisa dikonsumsi, kini saatnya saya membahas cara buat keripik jamur tiram yang bisa Anda buat di rumah atau ingin dijadikan sebagai peluang bisnis.

Karena Anda bisa dengan mudah mengemas dan membagikan langsung keripik jamur tiram ini tanpa harus mengurus banyak hal seperti makanan lainnya.

Jadi, tanpa basa-basi lagi langsung saja kita ke pembahasan cara buat keripik jamur tiram.

Bahan :

jamur tiram
2 siung bawang putih
5 sendok makan tepung terigu
1 sendok teh gula merah
2 sendok teh garam
2 sendok makan tepung maizena/jagung
minyak goreng

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Jamur tiram cincang. Cuci jamur dan peras sampai airnya habis.
  2. Kemudian haluskan bawang putih dan bawang putih ke dalam jamur tiram, lalu tambahkan garam dan gula pasir, Balikkan jamur tiram dengan cara di tekan-tekan sedikit, dan jangan lupa cicipi agar bumbunya tidak meresap, silahkan tambahkan jika sesuatu yang hilang.
  3. Kemudian campurkan kedua tepung tersebut di tempat datar lainnya hingga tercampur rata.
  4. Lalu kita peras lagi jamurnya supaya bisa kita goreng, biar garing. Setelah di press, saya tuang ke tepung dan bungkusnya dalam bentuk bubuk. Tiriskan jamurnya agar saat keluar, a sejumlah besar tepung ditambahkan ke minyak.
  5. Setelah itu, tuang minyak ke dalam wajan dan besarkan api dengan api sedang (jangan terlalu panas atau takut cepat gosong). Jika minyak sudah panas, masukkan jamur yang sudah ditiriskan.
  6. Tumis, aduk dan sampai berwarna cokelat keemasan.
  7. Lalu angkat dan tiriskan minyaknya.
  8. Anda kemudian dapat menyimpannya dalam stoples, memakannya langsung, atau menyiapkannya pengemasan untuk dijual.

Itulah mungkin untuk artikel kali ini yang membahas cara buat keripik jamur tiram yang bisa bermanfaat sekaligus berguna untuk teman-teman semua yang sedang mencari ataupun tertarik dengan pembahasan terkait dengan hal ini.

Sampai jumpa lagi semuanya di artikel pembahasan lainnya ! see you guys and goodbye all !.

Categories: Kuliner