Bagaiman cara mengurangi sampah plastik yang ada di lingkungan?.Nah,maka dari itu saya akan memberikan sedikit tips cara-cara mengurangi sampah plastik berikut ulasanya.

Pengertian sampah plastik

Sampah plastik merupakan jenis sampah anorganik yang tidak mudah terurai dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai dan terurai dengan sendirinya.

Jenis-jenis sampah plastik

Sampah plastik tidak hanya satu jenis, jenis sampah plastik berbeda-beda dan masing-masing memerlukan penanganan yang berbeda pula. Tidak semua sampah mudah didaur ulang, karena beberapa jenis memerlukan proses penggunaan kembali khusus. Di bawah ini adalah beberapa jenis sampah plastik yang dapat Anda temukan di daerah Anda.

  1. Sampah botol plastik merupakan salah satu jenis sampah yang paling sering kita jumpai. Botol plastik terbuat dari bahan polyethylene terephthalate atau dikenal juga dengan nama plastik PET. Botol plastik berbahan dasar PET biasanya berwarna bening dan tidak boleh digunakan sebagai wadah minum lebih dari sekali. Limbah botol plastik juga memiliki kandungan yang berbahaya bila terkena air panas, sehingga harus ditangani dengan hati-hati.
  2. Sampah plastik di kantong belanjaan merupakan jenis sampah plastik yang paling mudah ditemukan. Sampah yang berupa kantong belanja biasanya terbuat dari bahan polietilen densitas rendah sehingga dapat terurai secara alami meskipun dalam waktu yang sangat lama. Saat ini juga banyak alternatif tas belanja yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi konsumsinya.
  3. Jenis sampah plastik selanjutnya yang bisa Anda temukan adalah botol sampo atau berbagai jenis botol kosmetik. Plastik ini memiliki bahan dasar yang terbuat dari high density polyethylene yang lebih tebal dari LDPE. Plastik berbasis HDPE membutuhkan proses yang lebih rumit dan lama untuk diproses dan dihancurkan. Namun, karena cenderung lebih padat, plastik HDPE cocok untuk didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih berharga.
  4. Jenis sampah plastik berikutnya adalah sedotan. Sedotan merupakan salah satu jenis sampah plastik yang sering menimbulkan masalah bagi binatang laut karena menganggap sedotan  sebagai makanan. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena plastik tidak tercerna oleh hewan dan menyebabkan mereka mati lemas bahkan mati. Sedotan plastik sangat berbahaya dan harus menjadi prioritas saat didaur ulang.

Cara mengurangi sampah plastik

cara-cara mengurangi sampah plastik

Untuk mengurangi sampah plastik, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri dari rumah. Dengan memulai penanganan plastik yang cermat Anda dapat membantu dan melestarikan bumi tercinta Anda. Berikut cara mengurangi sampah plastik.

1. Jangan gunakan sedotan plastik

Sedotan plastik berkontribusi signifikan terhadap kematian banyak hewan. Dengan tidak menggunakan sedotan plastik, kamu bisa mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di lingkunganmu. Jika Anda masih ingin menggunakan sedotan, gunakan sedotan stainless steel yang bisa dicuci dan digunakan kembali.

2. Bawa tas belanja sendiri

Belanja kantong plastik juga merupakan salah satu sumber sampah plastik terbesar yang bertebaran dimana-mana. Kantong plastik biasanya hanya bisa digunakan beberapa kali dan akhirnya harus dibuang. Agar tidak berlebihan, Anda bisa menggantinya dengan tas belanja kain sendiri. Selain bisa dibersihkan sendiri, tas kain tentunya lebih kuat dan bisa digunakan berulang kali.

3. Bawa botol minum sendiri

Jika Anda suka makan di luar, Anda dapat mengurangi konsumsi botol atau gelas plastik dengan membawa botol air minum sendiri. Bawalah botol aluminium agar air minum Anda tetap dingin atau hangat dan tahan lebih lama.

4. Biasakan memasak sendiri di rumah

Dengan membiasakan memasak di rumah bisa mengurangi penggunaan plastik?. Ruang makan yang disediakan oleh restoran biasanya terbuat dari plastik HDPE. Untuk mengurangi konsumsi plastik, Anda bisa memasak makanan sendiri tanpa harus makan di luar.

Baca Juga: Cara Penanganan Sampah Organik dan Anorganik

Dari cara-cara mengurangi sampah plastik di atas dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari kita agar sampah plastik tidak menjadi penyebab pencemaran lingkungan serta menjadikan hidup kita lebih sehat karena terhindar dari bahaya sampah plastik.