Bagi anda yang masih memiliki balita, pasti stroller merupakan benda peralatan si kecil. Benda ini termasuk peralatan yang sering dibawa keluar rumah untuk jalan-jalan. Stroller yang sering digunakan pasti tidak bisa jauh dari yang namanya debu dan kotoran yang menempel. Hal ini mampu menimbulkan adanya bakteri dan penyakit yang menempel pada stroller tersebut.

baca juga: laundry stroller tangerang

Alasan inilah mengapa anda perlu tahu bagaimana cara cuci stroller yang benar. Mungkin masih banyak orang tua yang belum tahu bagaimana cara yang benar untuk mencucinya. Padahal makanan yang jatuh pada stroller dapat menimbulkan penyakit. Jika tidak anda bersihkan dengan tepat, maka dapat berakibat buruk pada kesehatan anak.

Cara Cuci Stroller Bayi yang Baik dan Benar

Kebersihan stroller perlu dijaga agar anak tetap sehat dan nyaman saat menggunakannya. Bagi anda bunda-bunda yang belum mengetahui bagaimana cara mencuci stroller, sebaiknya segera cari tahu. Berikut ini ada beberapa tahapan untuk mencuci stroller bayi yang tepat, yaitu:

  1. Lepaskan Bagian Stroller

Langkah awal membersihkan stroller bayi yaitu melepas bagian-bagiannya. Saat membeli stroller, pasti ada buku panduan untuk cara perawatan stroller. Disinilah anda bisa tahu bagaimana cara melepas komponennya, mulai dari kain tempat duduk hingga kanopi dan keranjangnya. Lepas semua bagian stroller.

  1. Bersihkan

Ketika anda sudah melepas semua bagian-bagian stroller, saatnya membersihkan kotoran yang menempel. Kotoran tersebut bisa dari air susu atau bahkan makanan anak. Lepaskan aksesoris dari troller dan keluarkan semua mainan yang ada. Saat semua sudah terlepas, mulailah membersihkan setiap bagiannya. Jika bagian yang sulit dijangkau, bisa anda bersihkan dengan kuas atau sikat gigi.

baca juga: jasa cuci stroller tangerang

  1. Cuci Dudukan Stroller

Langkah berikutnya yaitu membersihkan dudukan stroller. Sebaiknya anda cari tahu apakah dudukan tersebut bisa dicuci dengan mesin atau dicuci manual. Saat anda mencuci secara manual, sebaiknya hindari menggosok dudukan stroller terlalu keras. Hal ini bertujuan agar dudukan tidak kasar dan rontok. Sehingga membuat anak tidak nyaman mendudukinya.

  1. Bersihkan Rodanya

Banyaknya kotoran yang terkumpul pada roda bisa anda bersihkan agar terhindar dari debu dan pasir yang menempel. Jika stroller atau bagian roda sudah bersih, maka anak bisa memainkannya dengan aman. Sehingga stroller bisa terhindar dari penyakit dan kuman. Selain itu, roda juga bisa berfungsi dengan lancar. Jika roda stroller tidak dibersihkan, justru dapat mengakibatkan stroller mudah rusak.

Stroller menjadi salah satu barang yang banyak digunakan untuk anak atau bayi saat diajak orang tua jalan-jalan. Oleh sebab itu, merawat dan membersihkannya adalah hal yang wajib dilakukan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk merawatnya yaitu dengan cara cuci stroller secara baik dan benar.