Assalamu’alaikum sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan resep dan juga cara memasak tongseng kambing tanpa santan yang tentunya mudah cara membuatnya. Jadi bagi sobat yang tidak suka santan atau menghindari santan, sajian ini sangat cocok untuk Anda.

Namun sebelum kita membahas resep dan cara memasak tongseng kambing tanpa santan, saya ingin sedikit membahas tentang hidangan kambing yang satu ini. Langsung saja kita ke pembahasannya.

Tongseng

cara memasak tongseng kambing tanpa santan

Siapa yang tidak kenal dengan tongseng yang satu ini, masakan yang mirip kari. Hanya ada perbedaan dalam penggunaan bumbu dan potongan daging.

Bumbu tongseng yang digunakan lebih tajam dari kari. Dan bila menggunakan daging, biasanya hanya menggunakan tulang punggung dan tulang rusuk.

Bagaimana cara membuat tongseng kambing tanpa santan ?

cara memasak tongseng kambing tanpa santan

Setelah membahas penangkap kambing ini sebelumnya, kali ini saatnya memberi tahu anda cara membuat hidangan kambing ini tanpa santan.

Tanpa basa-basi lagi, inilah cara membuat tongseng kambing tanpa santan.

Bahan-bahan:

250 gram daging kambing
2 daun linden
2 lembar daun salam
2 batang serai
Kubis secukupnya (potong-potong)
Tomat (potong-potong)
bawang hijau
Cabai sesuai selera (opsional) dan potong-potong
kaldu jamur (sesuai selera)
kecap manis (sesuai selera)
Garam (secukupnya)
Gula (secukupnya)
1 liter kaldu (bisa dimasak daging)

Bahan bumbu yang enak :

3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
Jahe (1 cm)
2 kacang hazel
Lada bubuk (sesuai selera)

Tahapan persiapan:

  1. Rebus daging kambing yang sudah disiapkan sebelumnya hingga mendidih dengan 1 batang serai, daun jeruk dan daun salam. Masak hingga mendidih.
  2. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian disangrai hingga harum. Kemudian dilanjutkan dengan masukkan serai, daun jeruk dan daun salam, tumis hingga harum.
  3. Setelah harum, masukkan daging yang sudah direbus sebelumnya dan jangan lupa tambahkan kaldu.
    Kemudian tambahkan kubis, bawang merah, cabai (jika digunakan) dan kecap manis. Aduk merata.
  4. Kemudian tambahkan gula, garam secukupnya. Dan kami memasaknya sampai siap.
  5. Setelah matang, angkat dan kambing penangkap tanpa santan siap dihidangkan.

Tips dan Trik Agar daging tidak berbau

Eits, artikelnya tidak akan selesai sampai resep dan cara membuat tongseng kambing tanpa santan. Berikut saya bahas beberapa tips dan trik agar domba yang ingin dimasak nantinya tidak mengeluarkan bau asam. Yang mungkin belum Anda ketahui.

Mari kita masuk ke pembahasan tanpa basa-basi lagi.

Gunakan bumbu secukupnya saat memasak

Tips dan trik pertama adalah menambahkan bumbu secukupnya saat memasak, kunyit atau jahe bisa ditambahkan sebagai bumbu tambahan saat memasak.

Hal ini karena kunyit dan jahe memiliki aroma yang tajam, sehingga dapat membantu menghilangkan bau menyengat daging kambing saat dimasak.

Selain itu, jika kita memasak daging dengan bumbu yang cukup, daging kambing yang dimasak juga akan lebih lembut. Ini berbeda dengan memasak tanpa bumbu.

Penggunaan lobak

Kedua, Anda bisa menggunakan lobak sebagai alternatif kunyit atau jahe. Memang masih sedikit, dan belum banyak yang tahu bahwa lobak sangat membantu menghilangkan bau domba.

Jika daging kambing direbus dengan lobak secukupnya selama kurang lebih 25-30 menit, kambing yang akan kita proses baunya dijamin akan habis.

Jangan dicuci saat masih mentah

Tips terakhir, jangan mencuci daging kambing saat masih mentah. Karena bau daging kambing bisa lebih besar lagi.

Sebagai alternatif, kambing bisa direbus langsung dalam air mendidih dan dibiarkan berbusa sampai kemudian diangkat dan ditiriskan.

Prosedur ini dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kambing sekaligus menghilangkan kotoran kambing.

Akhiran

Itulah beberapa hal tentang tongseng kambing dan cara memasak tongseng kambing tanpa santan. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang membutuhkan.

Ya jangan lupa kunjungi artikel lainnya yang ada di website ini ya, sampai jumpa lagi ya teman-teman!