Sofa merupakan elemen yang sering ada di rumah yaitu di ruang tamu, sofa biasa diletakan di ruangan depan untuk duduk para tamu yang berkunjung ke Rumah. Ya.. sofa menjadi tampilan pertama sumah anda. Terkadang sofa bisa menjadi kotor karena tumpahan makanan atau kotoran yang entah dari mana datangnya. Lalu bagaimana cara membersihkan sofa sendiri di rumah ?

Cara membersihkan sofa tidak bisa sembarangan, anda harus mengetahui jenis sofa anda agar bisa membersihkannya dengan benar dan tepat. Yang akan dibahas disini adalah sofa yang sering digunakan dalam masyarakat yaitu sofa kain, sofa oscar dan sofa kulit.

baca juga artikel mengenai cuci sofa bandung

  1. Sofa Kain

Sofa kain merupakan sofa yang paling sulit dalam perawatannya, kain sangat menyerap cairan dan bisa membuat noda jika suatu cairan tersebut berwarna. Jika sofa kain hanya kotor debu saja Anda bisa membersihkan dengan vacuum, harus sering-sering karena kain memiliki pori-pori yang tergolong besar sehingga debu mudah menempel. Sofa kain ini jika kotor tidak bisa hanya dilap, harus dicuci. Lalu bagaimana Cara mencuci sofa sendiri ?

Anda bisa mencucinya di rumah yaitu dengan cara mencuci sofa sendiri di rumah yaitu dengan memperhatikan buku petunjuk yang diberikan saat anda membelinya di toko. Perhatikan tanda W yaitu Available for wash sehingga sofa anda boleh anda cuci. Cara mencucinya juga mudah, tinggal anda sikat dengan air sabun, tunggu 10-15 menit, bilas, dan angin-anginkan.

kunjungi juga artikel mengenai laundry sofa bandung

  1. Sofa Kulit

Bahan kulit seharusnya diberikan pelembab jika kotor. Anda bisa menggunakan pelembab khusus untuk sofa bahan kulit atau menggunakan baby oil sebagai pembersihnya. Gunakan kain yang halus atau spon dengan permukaan halus untuk membersihkannya menggunakan pelembab.

  1. Sofa Oscar

Sofa oscar jika terkena noda tinggal anda beri air deterjen saja menggunakan sikat gigi atau sikat yang halus lainnya. Cara membersihkan sofa sendiri di rumah  anda bisa membersihkannya dengan air deterjen, lalu lap dengan kain kering dan angin-anginkan jika masih terlihat basah