DI artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat bakpao isi coklat yang mudah untuk kalian tiru,penasaran kan?yuk bahas artikel kali ini.sebelum masuk ke pembahasan kita cari dulu asal usul bakpao

Asal Usul Bakpao

asal usul bakpao

Siapa yang tidak tahu bakpao? Hidangan satu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diuleni dan dicampur dengan ragi untuk mengembangkan adonan. Setelah menjadi biang.

bakpao dibentuk dan diisi kemudian dibiarkan mengembang lalu dikukus hingga matang. Bakpao sendiri merupakan makanan tradisional Tionghoa yang telah menjadi makanan siapa saja. Namun apakah kamu tahu asal usul bakpao tersebut?

Sebutan Bakpao berasal dari gabungan kata “Pao” dan “Bak”. Pao memiliki arti bungkusan dan bak memiliki arti daging. Jadi, bakpao bisa diartikan sebagai bungkusan yang berisi daging.

Dalam bahasa Hakka/Khek yaitu Nyukppao/Yungppao, artinya sama yakni daging yang terbungkus. Awalnya, bakpao berisi daging babi karena mayoritas masyarakat Tionghoa mengonsumsi daging babi.

Tapi, seiring dengan perkembangan zaman dan kuliner, isian dalam bakpao tidak melulu daging. Varian isian bakpao bermacam-macam mulai dari cokelat, selai kacang, selai buah, daging ayam, daging ikan hingga daging sapi juga sayuran.

Penemu bakpao yang pertama adalah seorang tentara Tionghoa bernama Zhuge Liang. Zhuge Liang adalah salah satu tentara ahli strategis terbaik China, perdana menteri, insinyur dan ilmuwan.

Setelah melakukan peperangan dan meraih kemenangan lantas akan kembali ke ibu kota, Liang serta pasukannya harus melewati sungai besar yang berombak dan berbadai.

Salah seorang memberitahukannya bahwa sejak zaman nenek moyangnya, agar sungai tenang dan bisa diseberangi dengan selamat, siapapun harus melempar sedikitnya 50 kepala manusia di sana.

Tapi, karena Liang tak ingin kembali terjadi pembunuhan atau pertumpahan darah, ia pun membuat kue yang berbentuk mirip kepala manusia, bulat namun rata di dasarnya yang disebut Baozi atau bakpao.

itulah asal usul bakpao sekarang kita ke pembahasan yaitu cara membuat bakpao isi coklat yang mudah

Bakpao Isi Coklat

bakpao isi coklat

Bahan-Bahan

Bahan kulit bakpao :

  • 30 gram mentega putih
  • 60 gram tepung tangmien
  • 25 gram susu bubuk
  • 300 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok teh ragi instan
  • 75 gram gula pasir
  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh cokelat pasta

Bahan Isian :

  • 50 gram gula tepung
  • 3 1/2 sendok teh air es
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok makan cokelat bubuk
  • 25 gram meises cokelat¬†

Langkah-Langkah Membuat Bakpao Coklat

bakpao isi coklat

Cara Membuat Bahan Isian:

  1. Untuk yang pertama kita akan awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu membuat bahan isian untuk membuat sajian kue kali ini. Namun sebelum itu, ada baiknya jika anda terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat sajian kali ini. Beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah sebuah baskom, beberapa buah wadah dan sebuah kocokan. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dengan mudah membuat bahan isian kali ini.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan wadah dekat dengan jangkauan anda. Lalu masukkan kedalamnya gula tepung bersama dengan cokelat bubuk, susu bubuk dan juga air es.
  3. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata hingga tercampur dan mengental secara merata. Masukkan pula meises cokelat kedalamnya dan aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.kalian juga bisa lo menggunakan mixer roti biar lebih gampang
  4. Bila anda sudah selesai, silahkan sisihkan bahan ini dalam mangkuk. Untuk kemudian anda akan siap membuat bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Kulit Bakpao

  1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan lakukan dengan menyiapkan sebuah baskom dan masukkan kedalamnya tepung terigu bersama dengan tepung tangimen, baking powder, gula pasir dan susu bubuk serta dengan ragi instan. Aduk-aduk bahan ini secara merata hingga tercampur.
  2. Setelah itu, tuangkan putih telur kedalamnya dan uleni bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  3. Tambahkan dengan menggunakan mentega putih dan juga garam. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata hingga tercampur. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  4. Ambil sebnayak 1/4 adonan. Tambahkan dengan menggunakan cokelat pasta dan uleni bahan ini secara merata hingga tercampur.
  5. Lalu bentuk dengan bulat dengan menggunakan tangan. Setelah itu, diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit.
  6. Timbang adonan cokelat sebanyak 10 gram dan adonan putih sebanyak 30 gram. Bentuk bulat masing-masing adonan. Pipihkan adonan putih dan berikan dengan isian dibagian tengahnya. Bentuk bulat. Lalu giling memanjang dan gulung secara merata. Kemudian, pipihkan adonan coklat dan berikan isian. Lalu sama halnya dengan yang sebelumnya silahkan bentuk bulat dengan merata.
  7. Letakkan adonan diatas kertas roti dan ayak dengan mengggunakan cokelat bubuk bagian atasnya secara merata.
  8. Kerat bagian atas dengan bentuk menyilang agar ketika dikukus bisa mekar secara merata. Lalu diamkan selama 45 menit hingga mengembang.
  9. Setelah itu, kukus dalam kukusan selama kurang lebih 12 menit hingga matang menggunakan api yang sedang.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang cara membuat bakpao isi coklat dengan mudah.mohon maaf jika ada salah kata terimakasih

 

 

Categories: Bisnis