Cara Membuat Banana Smoothies Praktis dan Segar

Banana atau pisang adalah buah yang kaya nutrisi. Selain itu, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi saat sedang diet. Tahukah kamu jika pisang bisa dikonsumsi dengan cara yang lebih asyik, yaitu smoothies? Tentu saja, selainĀ  rasanya yang berbeda, banana smoothies juga memberikan kita cara mengonsumsi pisang dengan cara yang unik. Cara membuat banana smoothies pun cukup simpel dan praktis.

Pisang atau banana adalah buah dengan kulit berwarna hijau ketika masih muda dan berganti menjadi kuning ketika sudah tua. Buah ini memiliki bentuk bulat lonjong dan tumbuh dalam suatu kelompok yang disebut tandan. Pisang merupakan buah tropis yang banyak diminati karena rasanya yang manis, juga mengenyangkan, juga manfaatnya pun sangat baik untuk kesehatan.

Jenis jenis pisang ada banyak, antara lain pisang ambon, pisang raja, pisang kepok, pisang mas, pisang tanduk, pisang susu, dan masih banyak lagi. Buah yang tumbuh subur di negara tropis ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan, antara lain karbohidrat, protein, mangan, magnesium, serat, kalium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Manfaat Buah Pisang atau Banana

Selain kandungan nutisinya yang banyak, manfaat pisang pun tidak tanggung tanggung. Ada banyak sekali manfaat pisang yang bisa kita peroleh. Manfaat pisang atau banana antara lain sebagai berikut:

  • Sumber energi yang baik. Pisang memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang cukup banyak, sehingga akan memberikan rasa kenyang dan energi yang kita butuhkan untuk beraktivitas seharian. Bahkan karbohidrat dalam pisang 2 kali lebih banyak daripada apel.
  • Membantu melancarkan pencernaan. Pisang memiliki kandungan serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh, contohnya dalam mengatasi sembelit.
  • Mendukung program diet. Pisang merupakan buah yang kaya serat, sehingga sangat baik untuk program diet karena memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Juga, pisang memiliki indeks glikemik yang rendah, kalori yang terbilang sedikit serta rendah lemak. Semua itu menjadikan buah pisang sangat baik dikonsumsi saat sedang diet.
  • Sumber asupan magnesium. Pisang terkenal memiliki kandungan magnesium yang tinggi sehingga pisang dapat bermanfaat dalam penbentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan syaraf, serta mengendalikan tekanan darah dan kadar gula.
  • Membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Kalium dan magnesium yang terkandung dalam pisang dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Itu dia kelima manfaat pisang yang bisa kita dapatkan. Kamu bisa mendapatkan seluruh manfaat tersebut jika mengonsumsi pisang secara teratur. Namun juga jangan berlebihan, karena semua yang berlebihan itu tidak baik.

3 Cara Membuat Banana Smoothies

Mengonsumsi pisang bisa dengan cara lain, salah satunya dengan dibuat banana smoothies. Cara membuat banana smoothies sangat mudah, tidak repot, dan hanya membutuhkan waktu keseluruhan kurang dari 10 menit. Jika sudah penasaran langsung saja, ini dia 3 cara membuat banana smoothies yang praktis dan segar.

1. Banana Yogurt Smoothies

Yogurt memang paling cocok jika dicampurkan dalam membuat smoothies, terutama plain youhurt. Karena jika menggunakan plain yogurt maka tidak akan memengaruhi cita rasa buah yang digunakan dalam membuat smoothies. Selain itu ada juga susu cair yang juga cocok menemani banana smoothies. Ini dia cara membuat banana yogurt smoothies.

Bahan Bahan:

  • Pisang 1 buah
  • Plain youghurt 100 ml
  • Susu cair rendah lemak atau tanpa lemak 150 ml
  • Madu 1 sendok makan
  • Ekstrak vanili 1 sendok teh

Cara membuat:

a. Kupas lalu potong pisang atau banana kecil kecil dan masukkan dalam freezer hingga beku.

b. Setelah pisang beku, masukkan ke dalam blender. Juga masukkan bahan bahan lainnya seperti plain yogurt, susu cair, madu dan ekstrak vanili.

c. Blender hingga halus. Tuang banana youghurt smoothies yang sudah dibuat ke dalam gelas.

d. Banana youghurt smoothies siap disajikan. JIka kamu ingin menikmati banana yogurt smoothies dalam keadaan dingin, kamu bisa menambahkan es batu sesuai selera.

Setelah mengetahui cara membuat banana yogurt smoothies, disarankan juga untuk membaca artikel cara membuat smoothies mangga.

2. Banana Berry Smoothies

Sesuai namanya, banana berry smoothies adalah smoothhies yang terbuat dari campuran pisang, strawberry dan blueberry. Wah, dipastikan rasanya tidak akan mengecewakan. Pisang dan strawberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga akan mencegah kita dari berbagai jenis kanker. Cara membuat banana berry smoothies adalah sebagai berikut.

Bahan Bahan:

  • Pisang 1 buah
  • Strawberry 7 buah
  • Blueberry Ā½ cangkir
  • Susu cair rendah lemak 1 cangkir
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

a. Cuci buah strawberry dan blueberry hingga bersih. Masukkan dalam blender.

b. Kupas dan potong potong pisang, masukkan dalam blender.

c. Jangan lupa juga untuk memasukkan susu cair dan es batu.

d. Proses hingga halus dan tercampur rata.

e. Tuang banana berry smoothies ke dalam gelas dan sajikan saat masih dingin.

3. Banana Spinach Smoothies

Pasti kalian tidak asing lagi dengan smoothies satu ini, yaitu banana spinach smoothies atau smoothies pisang bayam. Ya, pisang kerap kali dijadikan smoothies bersama dengan bayam atau sayuran hijau lainnya. Selain mendapatkan manfaat dari buah pisang, kita juga akan mendapatkan berbagai manfaat dari bayam.

Vitamin dan mineral yang terdapat pada bayam sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Cara membuat banana spinach smoothies sangat mudah dan praktis. Ini dia langkah langkahnya.

Bahan Bahan:

  • Pisang 1 buah
  • Daun bayam 7 lembar
  • Susu kedelai 1 cangkir

Cara Membuat:

a. Cuci daun bayam hingga bersih.

b. Kupas dan potong potong pisang.

c. Masukkan pisang, bayam dan susu kedelai ke dalam blender lalu proses hingga halus.

d. Tuang banana spinach smoothies ke dalam gelas dan sajikan.

Itulah ketiga cara membuat banana smoothies praktis dan segar yang bisa kamu praktekkan. Semuanya sangat mudah, bukan? Selamat mencoba membuat banana smoothies dan selamat menikmati.

Categories: Bisnis