Cara Membuat Aci Goreng, Siapa yang tidak kenal Cireng? Cireng atau aci goreng, dan banyak yang pasti mengenalnya. Cireng adalah sejenis jajanan yang terbuat dari tepung tapioka dan cara memasaknya dengan cara di goreng. Penggemar CirengFaktanya sangat tinggi pada anak-anak hingga orang tua.

Meski menggunakan bahan yang terbuat dari aci atau tepung tapioka, namun rasa cirengnya sangat gurih. Jajanan khas Bandung yang satu ini memang sangat populer di nusantara.Bahkan cireng sering dijual di berbagai tempat, baik di PKL maupun di rumah makan berbintang.

Tidak sulit menemukan cireng ini dimanapunMakanan khas sunda yaitu cireng memang telah membuat banyak orang penasaran. Antusiasme para penikmat Cireng membuat nama Cireng semakin di atas. Cireng dengan singkatan aci goreng dan pati goreng sunda.

Cara membuat cireng dengan cara menggoreng adonan tepung kanji yang menggunakan mesin penepung diksmill serbaguna. Makanan yang sudah ada sejak tahun 80-an ini cukup fenomenal. Kipas Cireng lumayan tinggi.Banyak orang mengonsumsi cireng ini sebagai camilan yang enak dan menggoda. Teksturnya yang renyah dan membuat ketagihan penonton.

Jadi cireng ini adalah sejenis jajanan yang tidak pernah membosankan.Harga jual Cireng ini juga cukup terjangkau yaitu sangat murah dan sesuai dengan wilayah kanton. Penyajian cireng ini tidak hanya sederhana, tetapi juga sering variatif, sehingga tampilan dan rasanya lebih enak dan menarik.

Bisa dengan sambal kacang atau sambal oncom. Saat ini proses olesan ini sering divariasikan dengan makanan berbeda yang membuat rasa lebih enak.Popularitas cireng membuat banyak orang ingin mengetahui resep pembuatannya. Bagaimana cara membuat cireng mudah? Tak perlu pusing bagi yang tidak bisa menyiapkan makanan enak di sini.

Berikut kami berikan cara membuat Cireng semudah mungkin. Ini juga hanya menjelaskan berbagai cara yang dapat Anda coba untuk berkeliling rumah Anda.

Asal usul Cireng Atau Aci Goreng

cara membuat cireng original

Cireng Pertama Kali Ditemukan Pada Tahun 1970

“Karena pengalaman membuat saya sulit mencari lektur, saya konfirmasi pada tahun 1970 (Cireng ditemukan),” kata Dewi.
Sebenarnya Dewi tidak memvalidasi sendiri. Hal tersebut juga diamini oleh pendiri Bandung Cafe and Restaurant Association, Chef R. Wawan G. Martasasmita.
Sebelum GNFI menanyakan penjualan perdana atau ditemukannya Cireng di Bandung, Dewi mengaku sudah berkoordinasi dengan Wawan.
Hal yang sama disepakati Pak Wawan tentang keberadaan Cireng hingga saat ini. Senior saya yang saat ini sudah 80 tahun juga menegaskan hal yang sama, ”kata Dewi.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penemuan Cireng atau pertama kali dijual di Bandung adalah pada tahun 1970 dan bukan tahun 1980. Dan untuk pertama kalinya cerita tentang perdagangan Cireng ditujukan untuk anak-anak sekolah dasar.

Cireng Diakui Sebagai Makanan Khas Bandung

Saat berdiskusi dengan GNFI, Dewi mengaku sangat menyayangkan jika banyak makanan lokal yang masih ada di nusantara ini, khususnya di Bandung, tidak diketahui masyarakat sendiri.

“Jangan terus menuduh tetangga kita yang mengklaim budaya kita karena kita sendiri juga tidak mendaftarkan makanan kita untuk mendapatkan paten dan hak kekayaan intelektual,” kata Dewi.
Kendati demikian, ada “hukum alam”.

yang selalu dipantau oleh para aktivis warisan budaya gastronomi Indonesia. “Perlu dipahami bahwa pada usia 40 tahun, Cireng sudah menjadi bagian dari warisan etnis dan budaya masyarakat Sunda,” kata Dewi.
Dewi mengaku tidak pernah patah semangat untuk mengakui dan mengklaim makanan khas Sunda sebagai warisan budaya.

Yang terpenting, untuk terus mendekatkan budaya makanan lokal kepada anak cucu mereka. Mulailah dengan diri sendiri dan konsisten.

” Kita harus lebih pintar dan menjaga apa yang ada di lingkungan kita sendiri. Apakah Kita Mengajari Anak-Anak Kita Makan Makanan Tradisional? Itu cara untuk menguji nasionalisme kita, ”kata Dewi.
Jajanan ternyata memiliki nilai budaya, sejarah dan filosofi yang akan membuat kita semakin mencintai negeri ini.

Cara Membuat Cireng Original

cara membuat cireng original

Bahan-bahan:

  • 50 gram tepung tapioka (5 sdm agak munjung)
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdt kaldu bubuk jamur/msg
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 150 air suhu ruang
  • 1/4 sdt garam
  • 3 siung bawang putih
  • 150 gram tepung tapioka (15 sdm agak munjung)
  • 2 sdm tepung terigu

Cara Membuat Cireng Original:

1. Siapkan bahan kering terlebih dahulu, campur tepung tapioka dengan tepung terigu, aduk rata lalu sisihkan. Potong 2 batang daun bawang dan potong kecil-kecil.

2. Bahan starter sudah kita siapkan terlebih dahulu, masukkan tepung tapioka ke dalam wadah terlebih dahulu, lalu tambahkan daun bawang cincang dan merica bubuk. Tambahkan juga bawang putih yang dihancurkan.

3. Tambahkan kaldu bubuk jamur / msg dan air.

4. Aduk sampai semuanya larut, lalu lanjutkan ke teflon. Masak sebentar dengan api sedang-besar sampai menggumpal.

5. Jika sudah menggumpal, segera tambahkan tepung kering. Campur langsung dengan tepung karena masih panas. Gunakan ujung jari Anda terlebih dahulu. Jika hangat atau dingin, Anda bisa menguleni agar tercampur rata dan sedikit hambar.

6. Ambil sepotong adonan (tidak ada ukuran) dan tekan sedikit tipis agar bagian tengahnya mudah matang saat digoreng nanti.

7. Sekarang adonan bisa digoreng bisa juga dibekukan. Simpan dalam wadah tertutup dan letakkan di freezer. Saat ingin menikmatinya tinggal digoreng dengan api sedang hingga kering / berwarna kecoklatan  dan siap dinikmati.

Categories: Bisnis