Cara Membuat Keripik Kentang – Siapa yang tidak suka keripik kentang, yang ini cocok untuk menonton sambil menonton TV dan Anda tidak bisa berhenti mengunyah. Bagi Anda yang suka makan keripik kentang, sekarang Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Keripik kentang adalah salah satu camilan yang sempurna untuk semua situasi. Jika dulu hanya memiliki rasa asli, keripik kentang kini telah berevolusi dengan berbagai rasa; sebut saja rasa keju, balado, pedas, dan lainnya.

ahli makanan telah bereksperimen untuk mendapatkan keripik kentang super renyah. Bukan hanya masalah cara memotong kentang dan menaruhnya di oven, tapi ini masalah selera, tampaknya rahasianya terletak pada tepung jagung.

Bahan umum yang Anda temui ini dapat membantu menyerap kelembapan yang dihasilkan oleh kentang, memberikan tekstur yang halus dan renyah saat dipanggang.

Bahan untuk cara membuat keripik kentang

Mari kita intip bagaimana membuat keripik kentang yang renyah dan renyah!

-Pertama-tama, berikan bahan utama dalam pembuatan keripik kentang ini, yaitu kentang. Anda dapat membeli 1 kg kentang untuk membuat keripik kentang dalam jumlah besar.

– Namun, jangan memilih kentang secara sembarangan karena akan mempengaruhi kualitas rasa keripik yang akan Anda buat. Cobalah untuk membeli kentang yang besar, tua dan berkulit halus tanpa flek hitam.

– Selanjutnya, sediakan kapur sirih dan air yang cukup untuk rendaman kentang. Setelah itu, untuk bumbu dasar, sediakan 1 ½ sendok teh garam halus, 1 ½ sendok teh bawang putih, lada dan gula secukupnya, dan 1 ½ sendok teh lada.

– Akhirnya, berikan juga varian bumbu yang paling menggoda selera Anda. Bumbu bumbu keripik sekarang tersedia di pasaran sehingga kita tidak perlu mengolahnya sendiri. Varian rempah-rempah yang bisa dipilih terdiri dari balado, bubuk keju, barbekyu, bubuk cabai, dan lainnya.

Langkah-langkah cara membuat keripik kentang

1. Cara membuat keripik kentang adalah dengan mengupas kentang dan kemudian mencuci sampai bersih. Untuk mengupas keripik tipis dan merata, maka gunakan parutan khusus keripik kentang karena alat ini dapat menghasilkan irisan dengan ketebalan super tipis hingga 1/8 inci.

2. Larutkan kapur sirih bersama air. Tambahkan irisan kentang dan aduk sebentar lalu tiriskan di atas kertas tisu sampai benar-benar kering. Berikan bahan dasar dengan bahan yang disebutkan sebelumnya.

3. Cara membuat bumbu dasar keripik kentang sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mencampur semua bahan dan aduk sampai benar-benar merata.

4. Setelah itu, panaskan minyak menggunakan api kecil. Usahakan menggunakan banyak minyak sehingga proses penggorengan kentang bisa berjalan dengan sempurna. akan lebih bagus lagi kalau gorengnya menggunakan vacuum frying.

5. Lalu, masukkan kentang ke dalamnya. Aduk sekali dan tunggu kentang kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.

6. Terakhir, taburi keripik yang sudah digoreng tadi dengan taburan sesuai selera Anda, lalu aduk hingga merata.

7. Catatan: Ada sesuatu yang perlu Anda perhatikan agar proses pembuatan chip bisa berjalan dengan sempurna. Anda harus merendam kentang dalam air dingin dan campur dengan kapur sirih sehingga kadar gula dalam kentang bisa berkurang.

8. Kemudian, perhatikan proses pengeringannya sehingga kadar airnya bisa berkurang dan wajan akan lebih baik.

9. Selanjutnya, goreng keripik secara bertahap untuk memasak secara merata, kemudian tiriskan keripik dan pisahkan minyak menggunakan kertas dan pisahkan minyak menggunakan kertas tisu sehingga minyak dapat menyerap jaringan

10. Setelah siap, Anda bisa langsung menyajikan keripik kentang untuk dikonsumsi. Anda juga bisa menyimpannya dalam ruangan dingin ber ac yang bisa dibenahi oleh service ac jogja terdekat atau bisa juga menggunakan toples atau bungkus plastik jika Anda ingin makan nanti. Pastikan penyimpanannya kedap udara agar chip tidak basah.

Categories: Kuliner