Siapa yang tidak suka dengan jajanan yang satu ini yaitu keripik singkong, jajanan yang satu ini sudah sangat terkenal di masyarakat kita, apalagi di indonesia Singkong banyak dikonsumsi oleh kakek nenek kita di masa-masa sulit penjajahan, dan tanaman ini mudah ditemukan di setiap sudut dan hasil pertaniannya lebih murah daripada membeli beras. Cara membuat keripik singkong balado  sangat mudah sekali untuk di praktekan di rumah.

Karena ubi kayu mudah ditanam dimana saja dan harga umbi ini sangat murah karena melimpah di pasaran, maka tidak heran jika opini masyarakat saat ini mengabaikan umbi singkong sebagai salah satu sumber pangan yang paling diperhitungkan.

Keripik Singkong Balado

cara membuat keripik singkong

Dengan berkembangnya pengolahan kuliner, muncul jenis bahan pangan yang menggunakan umbi singkong sebagai bahan bakunya, berbeda dengan sebelumnya, umbi singkong diolah hanya dengan cara direbus atau digoreng. Hal ini dapat menjadi kontribusi yang sangat positif untuk meningkatkan kandungan umbi singkong sebagai salah satu bahan pangan alternatif yang perlu diperhatikan karena kandungan umbi singkong itu sendiri sangat baik dari segi gizi, vitamin dan mineralnya, walaupun serat dapat ditemukan di dalamnya dibandingkan dengan beras dimana tidak ada serat yang ditemukan.

Entah karena faktor kemasan, faktor rasa, maupun faktor pola pemasaran yang membuat keripik singkong kembali populer sebagai makanan ringan dengan tingkat konsumsi yang sangat tinggi di masyarakat. Dari segi kemasan keripik singkong memang lebih baik dan lebih luhur bahkan saling bersaing dalam hal keindahan tampilan antar masing-masing produsen. Mengenai rasa dari keripik singkong juga dengan penggunaan berbagai macam rasa instan yang semakin meramaikan jumlah rasa, dari segi pemasaran yang merambah gerai modern yang memproduksi keripik singkong bukan hanya sekedar makanan untuk kalangan bawah.

Pada awalnya hanya ada dua jenis keripik singkong dalam konsep pengolahan rasa yaitu gurih dan manis yang semakin berkembang dengan munculnya berbagai jenis rasa seperti grill, keju, manis, pedas, rumput laut, balado dan pedas. dan lain-lain yang membuat kita ketagihan mencicipi setiap rasa.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Bahan-bahan:

  • 500 gram singkong
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh garam
  • 750 ml air

Bahan Bumbu:

  • 5 butir bawang merah, ditumbuk kasar
  • 5 buah cabai merah besar, ditumbuk kasar
  • 5 buah cabai merah keriting, ditumbuk kasar
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air, dilarutkan)
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • minyak untuk menggoreng

Proses Pembuatan Keripik Singkong Balado:

  1. Kupas singkong dari kulitnya dan cuci bersih.
  2. Iris singkong tipis tipis dengan alat perajang keripik.
  3. Rendam singkong dalam larutan air kapur sirih, garam, dan air kemudian diamkan selama 15 menit.
  4. Tiriskan singkong kemudian goreng dalam minyak panas sampai matang dan kering.
  5. Tumis bawang merah, cabai merah besar, cabai merah keriting, dan daun salam sampai harum.
  6. Masukkan garam, gula pasir, dan air asam jawa kemudian aduk sampai kental.
  7. Masukkan keripik singkong dalam bumbu dan aduk sampai terbalut rata kemudian dinginkan.
  8. Keripik singkong balado siap dihidangkan.

Begitulah cara membuat keripik singkong balado yang enak dan gurih. Sangat mudah sekali bukan untuk mencobanya di rumah. Anda juga bisa menggunakan bantuan berupa mesin keripik singkong untuk membantu membuatnya agar lebih cepat dalam proses pembuatan keripik singkong balado.

Categories: Bisnis