cara membuat kopra putih

Cara membuat kopra putih – Kopra adalah daging dari buah kelapa didapatkan setelah proses pengerukan dari tempurungnya. Proses pengerukan ini bisa menggunakan cara manual atau dengan mesin pencungkil kelapa. Kopra kelapa atau bisa disebut kopra putih diolah dari daging kelapa segar yang sudah tua dan melalui proses pengeringan menggunakan mesin pemanas buatan atau dengan cahaya matahari.

Kopra putih biasa digunakan sebagai bahan baku minyak mentah. Dalam kebutuhan industri besar bisa digunakan sebagai bahan baku sabun, pelembab kulit, minyak nabati, dan atau produk turunan lainnya. Jika diolah dengan benar kopra kelapa dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan karena komiditi produk ini masih memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Cara membuat kopra putih haruslah memperhatikan prosedur yang ketat dan juga kebersihan sangat diutamakan untuk menghindari kualitas kopra yang buruk. Daging kelapa yang bagus adalah kadar airnya hanya (5%) dan harus terbebas dari aflatoksin, PHA, FFA, dan zat pengotor lainnya.

Cara membuat kopra putih yang pertama adalah penjemuran matahari

Cara ini merupakan banyak dilakukan oleh petani kopra tradisional. Membutuhkan waktu yang cukup lama dan sangat tergantung dengan kondisi cuaca. Kualitas kopra yang dihasilkan dengan metode ini kurang stabil, mudah berjamur dan kadar air yang masih tinggi.

Pengeringan dengan cara penjemuran matahari harus membutuhkan kesabaran yang tinggi. Apabila memasuki musim penghujan akan menambah waktu proses pengeringan dan kopra akan lebih rentan berjamur. Proses pengeringan ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari hingga daging kelapa baru dapat dicungkil.

Selanjutnya dikeringkan kembali selama 3-5 hari ketika daging kelapa berhasil dicungkil. Cara ini bisa menguapkan kadar air dalam daging kelapa hingga 1/3 air dan membutuhkan waktu sekitar 8 jam sampai kopra kelapa benar-benar kering dan dapat dijual.

Yang kedua dari cara membuat kopra kelapa putih dengan metode ruang bertudung plastik

Pengeringan ini masih menggunakan tenaga matahari untuk pemanasnya, akan tetapi dengan mengoptimalkan panas dari matahari. Dibuat seperti ruangan di area terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Ruangan ini terbuat dengan tudung plastik, panas yang masuk ruangan ini akan bertahan lama. Cahaya matahari akan lansgung mengenai kopra yang dijemur dan juga pantulan panasnya akan tertahan didalamnya.

Cara ini lebih baik daripada pengeringan dengan metode penjemuran matahari. Namun cara ini masih kurang efektif dan masih memakan waktu agak lama. Karena masih tergantung dengan cuaca dan paparan sinar matahari.

Cara membuat kopra kelapa putih selanjutnya adalah menggunakan metode pengasapan

Cara ini merupakan kombinasi antara penjemuran matahari dan rumah tudung plastik. Merupakan metode yang banyak dikembangkan oleh petani kopra. Jika cahaya matahri dirasa kurang, cara ini adalah pilihan alternatif untuk mengeringkan kopra kelapa. Membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk pengeringan dengan cara ini.

Kopra kelapa ditata diatas papan pengering yang terbuat dari bambu. Bagian bawahnya diletakkan batok kelapa dan sabut kelapa kemudian dibakar untuk menghasilkan panas. Meskipun cara ini alternatif selain menggunakan cahaya matahari namun agar optimal keringnya masih membutuhkan cahaya matahari.

Cara membuat kopra putih yang paling modern yaitu dengan metode pengovenan

Sari kopra yang diperoleh dengan metode ini memiliki efek warna yang bagus. Minyak yang dihasilkan juga memiliki rasa dan aroma yang sangat enak.Melalui konduksi dan konveksi. Udara panas mengalir melalui kopra kelapa secara merata setelah terlebih dahulu melewati heat exchanger. Oven kopra putih ini bisa digunakan kapan saja, dan suhunya bisa diatur sesuai dengan kelembapan kelapa yang sudah dikeringkan.

Pengering terdiri dari ruang pengering yang dilengkapi dengan pipa pemanas. Kemudian salah satunya dengan memanfaatkan aliran udara panas untuk menurunkan kadar air pada kopra dengan cara mengeringkan panas pada suhu sekitar 60-70 ° C, sehingga menurunkan kadar air hingga 5-6%.

Selain itu, pembuatan kopra putih dalam oven kopra putih lebih menguntungkan karena tidak tergantung cuaca. Kalaupun hujan bisa dioperasikan di ruangan tertutup dan produksi bisa terus berjalan. Masukkan kopra ke dalam oven kopra putih.

 

Anda juga bisa kunjungi Jarak Tanam Pinang Hibrida yang Wajib Anda Ketahui