CARA MEMBUAT PERMEN LOLIPOP DARI COKLAT YANG ENAK DAN MUDAH DIBUAT

 

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat permen lolipop dari coklat yang enak. Resep ini bisa kalian coba sendiri di rumah.

Coklat ialah makanan manis yang banyak disukai. Tidak hanya anak-anak, beberapa orang dewasapun menyukai rasa coklat. Coklat memiliki banyak sekali jenis. Ada coklat batangan yang biasa dijual di supermarket, ada juga coklat kemasan dalam bentuk bubuk.

Coklat tidak hanya untuk dimakan, namun coklat juga sering digunakan sebagai campuran makanan atau minuman lainnya. Misalnya seperti untuk campuran untuk bahan kue, minuman, dll. Selain itu coklat juga bisa digunakan untuk membuat permen lolipop.

Permen lolipop coklat banyak disukai oleh anak-anak. Lolipop ini banyak dijual di warung atau pedagang kaki lima.

Membuat lolipop coklat tidaklah sulit. Prosesnya cukup mudah dan bahan yang diperlukan tidak banyak. Kamu bisa membuat permen lolipop sendiri di rumah.

Cara Membuat Permen Lolipop dari Coklat Bentuk Karakter Lucu

Kita bisa menggunakan bentuk apapun sesuai dengan kemauan kita. Bisa bentuk buah, hewan, bentuk karakter kartun, seperti doraemon, hello kitty, dll. Di resep kali ini saya akan menggunakan bentuk karakter kartun hello kitty. Simak resepnya di bawah ini.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat permen lolipop dari coklat

Alat:

  • Coklat dark dan coklat putih secukupnya
  • Pewarna makanan merah dan kuning (pewarna makanan yang digunakan disesuaikan dengan karakter yang dipilih)

Bahan:

  • Panci
  • Cetakan coklat bentuk hello kitty
  • Batang lollipop
  • Mangkok stainless
  • Sendok
  • Kantong plastic

Cara membuat permen lolipop coklat bentuk:

  1. Pertama, lelehkan coklatnya terlebih dahulu. Caranya potong dadu kecil-kecil coklat putihnya, kemudian taruh di dalam mangkok stainless.
  2. Selanjutnya siapkan panci dan panaskan air lalu letakkan mangkok stainless berisi coklat di atas panci tersebut.
  3. Tunggu hingga coklatnya meleleh. Apabila coklatnya sudah meleleh, angkat dan aduk-aduk coklat tersebut menggunakan sendok.
  4. Bagi coklat putih tersebut menjadi 4 bagian untuk diwarnai. Untuk membuat bentuk karakter hello kitty kita membutuhkan warna merah, kuning, putih, dan warna gelap. Untuk warna gelap kita akan menggunakan dark coklat.
  5. Selanjutnya, masukkan coklat yang sudah diwarnai tersebut ke dalam kantung plastik yang ujungnya sudah dibentuk lancip. Gunting sedikit pada bagian ujung plastik supaya coklat bisa keluar.
  6. Cetak adonan coklat dengan cetakan yang sudah disiapkan. Gunakan kreativitas Anda untuk mencetak agar lollipop coklat bisa mirip dengan aslinya.
  7. Apabila sudah selesai membentuk, masukkan cetakan lollipop tersebut ke dalam kulkas dan tunggu lollipop hingga mengeras.
  8. Kemudian, keluarkan lagi lolipopnya dan isi lagi menggunakan coklat warna putih sebagai fillernya. Isi hingga penuh. Jangan lupa, pasangkan batang atau stik lolipopnya.
  9. Setelah itu, masukkan lagi cetakan lollipop ke dalam kulkas dan tunggu hingga lollipop coklatnya mengeras dan batang lolipop menempel dengan sempurna pada lolipop.
  10. Setelah permen lollipop coklat mengeras, ambil dari cetakan lollipop dari kulkas kemudian lepaskan lolipop dari cetakan. Pada saat melepas dari cetakan usahakan hati-hati dan jangan sampai merusak bentuk lollipop coklat.
  11. Permen lolipop coklat bentuk karakter hello kitty sudah selesai.
  12. Jika untuk dijual, maka bungkus lollipop coklat menggunakan plastik, kemudian hias semenarik mungkin agar terlihat bagus dan menarik.

Coklat untuk Suguhan Lebaran

Anda bisa mencoba resep ini untuk suguhan atau camilan saat di rumah. Lihat resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang digunakan;

  • 50 gram dark cooking chocolate, lelehkan
  • 25 gram dark cooking chocolate, cairkan untuk digunakan sebagai pencelup
  • 50 gram milk cooking chocolatecairkan
  • 25 gram kacang tanah, disangrai, cincang kasar
  • 1 sdt wijen, disangrai

Cara membuat:

  1. Masukkandark cooking chocolate yang sudah dilelehkan ke dalam cetakan lolipop.
  2. Kemudian pasangkan batang lolipop lalu biarkan coklatnya hingga dingin dan membeku.
  3. Campurkan milk cooking chocolatecair dengan wijen yang sudah disangrai. Tuangkan ke dalam cetakan lolipop. Letakkan stik atau batang lolipop. Tunggu hingga dingin dan mengeras.
  4. Tim 25 gram dark cooking chocolate yang akan digunakan sebagai pencelup hingga leleh dalam air panas. Kemudian celupkan lollipop ke dalam lelehan coklat tersebut. Taburkan kacang tanah cincang. Coklat sudah selesai dan siap disajikan.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian.

Stay safe!