Di artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat sosis ayam rumahan enak pasti kalian penasaran kan yuk simak artikel ini

cara membuat sosis

Sosis tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Sosis sudah terjual diberbagai warung ataupun supermarket dengan bahan yang sangat bervariasi.

Sosis sangat bermanfaat sekali bagi tubuh, contohnya sebagai berikut

1. Mencegah Kanker

Manfaat sosis ayam yang pertama adalah bisa membantu anda dalam mencegah kanker. Makanan ini juga mampu mencegah tumbuhnya sel kanker seperti kanker paru-paru, kanker payu darah, kanker prostat serta kanker usus besar. Jadi sangat di sarankan bagi anda untuk mengonsumsi makanan ini untuk mencegah kanker pada organ tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Sosis ayam juga sangat begitu penting perannya untuk menjaga kesehatan kulit, kuku serta rambut. Hal ini terjadi karena makanan ini memilki kandungan vitamin b12 yang membantu proses regenerasi sel kulit baru menjadi lebih baik sehingga kulit akan lebih sehat serta cerah.

3. Mencegah Penyakit Jantung, Manfaat Sosis Ayam

Kandungan yang terdapat di dalam sosis ayam sangatlah baik bagi kesehatan jantung karena makanan ini dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat
yanga ada didalam tubuh. Jadi dengan konsumsi makanan ini dengan cukup maka, secara tidak langsung anda juga sedang mencegah berbagai jenis penyakit seperti serangan jantung.

4. Membantu Memproduksi Energi, Manfaat Sosis Ayam

Manfaat sosis ayam di dalam tubuh adalah untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa dimana glukosa ini adalah sumber energi utama yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, jika anda kekurangan energi maka sudah di pastikan anda akan mengalami kelelahan.

5. Mengatur Sistem Syaraf

Selain dapat membantu memproduksi energi, sosis ayam ini mempunyai beberapa manfaat lain. salah satunya adalah dapat membantu untuk mengatur sistem syaraf supaya tidak tegang sehingga mampu mencegah terjadinya penyusutan otak.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Menurut berbagai penelitian menyatakan dengan mengonsumsi sosis ayam yang mempunyai dosis tinggi dapat mencegah seseorang terserang amd. Amd adalah salah satu penyakit mata yang bisa mengakibatkan seseorang kehilangan penglihatanya.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Kesehatan rambut sangatlah penting untuk di jaga. Maka untuk itu anda sangat di sarankan utuk mengonsumsi sosis ayam untuk mencegah dari penuan dini yang di tandai dengan kerontokan pada rambut.. dari berbagai macam manfaat makanan ini berarti anda sudah mengetahui bahwa makanan ini juga sangat penting di konsumsi untuk keseharian anda.

8. Melindungi Sistem Saraf

Sosis ayam mempunyai kandungan senyawa selubung myelin yang dapat melindungi sistem syaraf anda. jika myelin ini rusak, maka saraf pun akan terganggu. Oleh karena itu, anda sangat di sarankan untuk mengonsumsi makanan ini sebagai pelindung saraf.

9. Sebagai Metabolisme

Ternyata sosis ayam juga mempunyai peran penting dalam metabolisme pada tubuh manusia. Makanan ini berperan dalam menormalkan fungsi saraf dan otak, selain itu, pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Jadi makanan ini berperan dalam metabolisme yaitu metabolisme sel-sel tubuh.

nah itulah manfaat dari sosis,sekarang kita langsung aja yuk masuk ke pembahasan yaitu cara membuat sosis ayam 

Bahan-Bahan Sosis Ayam

cara membuat sosis

  • Daging ayam yang digiling 600 gram
  • Minyak goreng 100 ml
  • Es serut 150 gram
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Tepung sagu 3 sdm
  • Gula pasir, 1 sdt
  • Lada bubuk, sdt
  • Ketumbar bubuk, sdt
  • Bawang putih yang  dihaluskan, 1 sdm
  • Putih telur dari 1 butir telur
  • Piping bag secukupnya
  • Air es untuk rendaman secukupnya
  • Casing untuk sosis atau bisa juga menggunakan plastik es mambo seperlunya
  • Air bersih untuk merebus secukupnya

Cara Membuat Sosis Ayam

cara membuat sosis

 

  1. Pertama campurkan daging ayam yang sudah digiling, sebagian es yang telah diserut, dan garam halus. Aduk sampai merata.
  2. Kedua tuangkan sedikit minyak, aduk lagi sampai rata, tambahkan gula, lada, ketumbar, bawang putih, tepung sagu, putih telur, dan es serut. Aduk hingga adonan ulen dan merata.
  3. Adonan dimasukkan ke piping bag atau plastik berbentuk segitiga, lalu taruh ke dalam casing sosis.
  4. Keempat siapkan air untuk merebus, diamkan selama 1 menit, kemudian masukkan sosisnya, tunggu kira-kira waktu 20 menit, masak dengan menggunakan api kecil, jangan direbus sampai air mendidih yah agar sosis tidak pecah.
  5. Angkat sosisnya kemudian sosis dimasukkan ke dalam air es, diamkan beberapa menit agar bentuknya tidak berubah. Angkat sosis dan tiriskan, potong masing-masing ujung sosis, masukkan ke dalam wadah yang tertutup kemudian simpan dalam freezer.

bagi kalian yang tidak mau ribet kalian bisa kok menggunakan mesin pembuat sosis yang bisa membantu kalian agar lebih cepat membuat sosis.itulah cara dan manfaat dari sosis semoga bisa membantu kalian yaa terimakasih kurang lebihnya mohon maaf.

Categories: Bisnis