Sabut kelapa memang dikenal sebagai bahan baku artisanal. Pada pembahasan ini akan membicarakan bagaimana cara membuat vas bunga dari sabut kelapa yang bisa Anda jadikan panduan dalam membuatnya.

Sabut Kelapa

Sabut Kelapa

Sabut adalah bagian mesocarp (selimut) yang berupa sabut kelapa kasar yang biasa disebut dengan limbah yang hanya dibuang di bawah perkebunan kelapa kemudian dibiarkan membusuk atau mengering. Sebagian besar penggunaannya untuk kayu bakar.

Secara tradisional masyarakat mengolah kelapa untuk dijadikan tali dan dianyam dalam kesedihan. Padahal kelapa masih memiliki nilai ekonomis yang cukup bagus. Sabut kelapa menghasilkan serat sabut kelapa (sabut kelapa) dan serbuk sabut (cococoir) bila dipecah.

Namun produk inti kelapa adalah serat sabut kelapa. Hasil olahan sabut kelapa berupa cocofibre nantinya bisa menghasilkan berbagai jenis turunan dengan manfaat luar biasa.Sabut kelapa biasanya dibuat dari kerajinan tangan yaitu kelapa-kelapa.

Manfaat Sabut Kelapa

Manfaat Sabut Kelapa

memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari begitu juga dengan tongseng ayam yang memiliki banyak manfaat. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kelapa kelapa: Simak dan Pelajari!

1. Sebagai Penetral Bau Semen Pada Kolam Yang Baru Dibuat

Biasanya kolam ikan yang baru saja selesai dibuat akan sering meninggalkan bau semen yang tidak sedap. Hal ini tentu saja menghambat budidaya ikan.

Sabut Kelapa dimanfaatkan sebagai bahan alami yang bisa menghilangkan aroma semen pada pembuatan kolam yang baru saja dibuat adalah dengan menggunakan sabut kelapa.

Caranya sangat sederhana, cukup taburkan kelapa kelapa atau campur dengan daun yang mudah membusuk dan biarkan kurang lebih 1 hingga 2 minggu.

Airnya berwarna kecoklatan hingga kehijauan. Perubahan warna air menandakan bahwa kolam tersebut sudah siap untuk media budidaya ikan.

2. Sebagai Pupuk Organik

Sabut Kelapa kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu sabut kelapa sangat cocok untuk diolah menjadi pupuk organik.

Selain itu, pupuk organik yang terbuat dari serabut kelapa menyimpan 60% lebih banyak air dibandingkan dengan pupuk biasa. Pupuk organik yang terbuat dari sabut kelapa cocok digunakan di daerah dengan curah hujan rendah atau di daerah dengan kekeringan.

Bahkan untuk kawasan pantai berpasir, menambahkan kelapa atau kelapa pada pasir pantai bisa digunakan sebagai media tanam yang cukup ditaburkan.

3. Sebagai Bahan Dasar Produksi Briket

Anda pasti sering mendengar nama briket berasal dari batu bara atau batok kelapa, bukan? dan itu benar. Namun ternyata briket kini juga bisa dibuat dari sabut kelapa. Sehingga Anda akan merasa aneh jika briket tersebut terbuat dari sabut kelapa.

Briket berbahan dasar batok kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan biaya produksi briket kelapa lebih murah daripada briket batubara maka akan membuat keuangan anda sedikit terhemat

4. Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Manfaat sabut kelapa lainnya yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi lingkungan kita adalah sabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau barang.

Kerajinan kelapa kelapa misalnya Dompet, tas dan oleh-oleh – oleh-oleh yang bisa dijadikan pajangan dan oleh-oleh di tempat-tempat wisata.

5. Sebagai Penahan Erosi Pada Tebing

Media kelapa kelapa yang digunakan dalam teknik ini adalah dengan membuatnya menjadi jaring sabut kelapa, atau sering disebut juga cocomesh jaring sabut kelapa.

Produksi kelapa ini diawali dengan produksi serabut kelapa menjadi benang. Proses selanjutnya adalah menenun tali dengan ukuran tumbuk atau jarak tertentu.

Ukuran Cocomesh biasanya 2 × 25 meter atau tergantung kebutuhan Anda juga bisa 1,2 x 15 meter. Jarak antar pita bisa mulai dari 2 × 2 cm, 3 × 3 cm dan 4 × 4 cm.

Penggunaan Cocomesh telah menjadi sangat populer di kalangan ekstraktor tambang.

Karena terbukti sangat efektif melawan erosi bekas penambangan, ia juga dapat menghijaukan kembali areal bekas penambangan sehubungan dengan tumbuhnya tanaman penutup tanah atau benih penutup lahan.

Ketika tanaman penutup yang tersebar di Cocomesh telah tumbuh, langkah selanjutnya mungkin menanam dengan tanaman keras.

Vas bunga ini juga bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Anda juga bisa mencari jasa pemasangan AC untuk menambah kemudahan di perusahaan tempat Anda bekerja.

Cara Membuat Vas Bunga Sabut Kelapa

Alat – alat :

  • pisau
  • gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan – bahan :

  • Sabut kelapa kering
  • Tali serat

Cara Membuat Vas Bunga Sabut Kelapa :

  1. Keluarkan sabut kelapa dari kulitas kelapa yang sudah kering. Gunakan linggis untuk mengupas kelapa agar kelapa tetap terkelupas. Saat itu batok kelapa di desa-desa dikupas sehingga sabut kelapa masih saling terjalin.
  2. Tandai bagian bawah dan atas setiap bagian belahan dengan tipe Ex. Bagian ini akan dibor untuk mengikat potongan sabut kelapa serta pengikat pot.
  3. Bor dengan hati-hati ke area yang ditandai.
  4. Talikan ijuk pada tiap lubang pada sabut kelapa sehingga tiap bagian belahan kelapa saling menempel. Ikatan dimulai dari luar dan menyilang ke dalam sehingga ikatan antar tempurung kelapa kuat
  5. Setelah ikatan bagian dalam terbentuk, silangkan ikatan bagian luar dan lakukan hal yang sama pada seluruh sabut kelapa. Dan maka akan membentuk ikatan kuat kemudian terbentuk sehingga membentuk sabut kelapa yang terpotong di bagian atas
  6. Vas sabut kelapa dapat digunakan untuk menanam anggrek atau pakis.

Demikian cara membuat vas bunga batok kelapa yang bisa anda buat sendiri di rumah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, sukses selalu.

Categories: Bisnis