Pada saat ini cara memulai usaha kuliner telah banyak dicari oleh para pemula yang ingin berkecimpung di dalamnya. Karena kebutuhan masyarakat untuk memperoleh makanan sangat tinggi, telah membuat banyak orang tergerak ingin memulai usaha kuliner.

Membuka usaha kuliner adalah salah satu bentuk bisnis yang bisa dibilaag cukup menjanjikan. Maka dari itu makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari dan menjadi kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu perkembangan kuliner saat ini juga semakin pesat. Tidak mengeherankan jika banyak orang yang mencari cara memulai usaha kuliner kecil kecilan

Apabila kamu ingin memulai bisnis kuliner, tentu saja kamu perlu memperhatikan strategi. Oleh karena itu, strategi dalam memulai sebuah bisnis bisa memperkirakan bagaimana suksesnya bisnis tersebut.

Cara Memulai Bisnis Kuliner

1. Cara Memulai Bisnis Kuliner (Mematangkan Konsep)

cara memulai usaha kuliner kecil kecilan

Langkah pertama cara memulai bisnis kuliner dengan adalah mematangkan dulu konsep menu dan bagaimana usahanya akan dijalankan. Banyak sekali pihan menu kuliner yang disukai konsumen saat ini. Dijaman sekarang ini sudah ada beraneka ragam jenis makanan dan minuman kekinian yang dapat kamu jumpai di berbagai tempat.

2. Kumpulkan Informasi Tentang Peluang Pasar

cara memulai usaha kuliner kecil kecilan

Apabila kamu ingin memulai bisnis kuliner sangat penting sekali untuk melakukan survei atau riset pasar untuk mengetahui peluang dari menu kuliner yang akan kamu pilih. Maka dari itu, mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing bisnis yang ada sangatlah penting.  Pahami juga kelebihan dan kekurangan dari menu yang mereka jual, dari sana dapat ditemukan peluang apa yang terbuka untuk kamu.

3. Cara Memulai Bisnis Kuliner (Business Plan)

cara memulai bisnis kuliner

Dengan membuat rencana yang matang dan detail merupakan separuh keberhasilan usaha. Cara memulai usaha kuliner kecil kecilan juga memerlukan rencana usaha atau business planDimaksudkan agar dapat terbayangkan tentang perputaran uang (cash flow)-nya. Rencana usaha adalah simulasi bagaimana cara memulai bisnis kuliner, perputaran uang,  dan strategi pengembangan. Maka dari itu, pentingnya membuat business plan adalah agar sekiranya kamu membutuhkan partner atau investor, maka kamu dapat mempresentasikan rencana bisnis kuliner tersebut dengan jelas.

4. Cara Memulai Bisnis Kuliner (Memilih Tempat Yang Strategis)

cara memulai bisnis kuliner

Berikutnya adalah cara memulai bisnis kuliner, baik dengan modal kecil maupun besar, adalah memiliki tempat usaha yang tepat dan strategis. Dalam memilih lokasi yang strategis memerlukan pengamatan survei lapangan. Kamu perlu mengamati langsung pada waktu sarapan pagi, makan siang, makan malam, diantara jam makan siang dan makan malam. Dengan begitu kamu akan tahu siapa saja dan berapa banyak orang yang melintasi lokasi pengamatan kamu.

5. Ciptakan Nama Usaha dan Menu 

Menciptakan nama atau merek usaha memanglah sangat penting. Dengan begitu para calon pembeli dapat mengetahui melalui lapak maupun mencari di google maps. Nama usaha dapat kamu kreasi, namun pilihlah nama yang nyantol dengan produk yang kamu buat. Apabila nama usaha terdiri dari dua kata, maka  salah satu kata merupakan keyword dari jenis menu yang kamu jual. Sementara itu kata yang lain adalah nama yang kamu ciptakan.

6. Promosikan Produk Anda

Memperkenalkan nama usaha dan menu kuliner  kamu melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter adalah salah satu cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil yang sangat efektif. Kamu dapat membuat  akun dan fanpage sesuai dengan nama usaha kamu. Buatlah logo yang mudah diingat orang.  Sebaiknya,  usaha kuliner kamu bermitra dengan Go Food, Grab Food, dan Shopee Food agar semakin dikenal orang.

 7. Bentuk Tim Kerja 

Bisnis kuliner akan sukses dengan bantuan tim kerja. kamu setidaknya memiliki  satu orang asisten untuk membantu usaha kuliner kamu. Menerima 1-2 orang sebagai asisten merupakan salah satu cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil agar dapat berjalan dan berkembang cepat. Dengan adanya pembagian tugas dalam menyiapkan bahan baku, memasak dan mengolah bahan baku, mengurus pesanan pembeli, membuat konten promosi, melakukan pembukuan, dan sebagainya.

8. Menyiapkan Modal

Dengan menyiapkan Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kuliner ini, sangatlah bervariasi, tergantung pada Business Plan yang kamu rancang. Bisnis kuliner dapat dimulai dari modal:

  • Ratusan ribu rupiah
  • Rp1 juta – Rp 5 juta
  • Rp5 juta – Rp 10 juta
  • Rp10 juta – Rp 50 juta
  • Rp50 juta – Rp100 juta

9. Pengembangan Usaha

Selagi menjalankan cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil, sebaiknya kamu juga memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha kuliner kamu. Tujuannya agar kamu bisa menjual lebih banyak produk dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Beberapa pengembangan usaha dapat dilakukan :

  • Menambah menu-menu atau  varian produk kuliner
  • Membuka cabang atau outlet baru
  • Memperluas outlet yang sudah ada
  • Merekrut tenaga kerja baru
  • Menambah modal, dengan cara mengajak  investor atau partner b

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, Semoga membantu.

Categories: Bisnis