Bila Anda inginkan mendapatkan keuntungan dari kompetitor Anda, penghematan bahan bakar adalah salah satu langkah untuk melakukannya. Bahkan perubahan simple sanggup menyebabkan perbedaan yang benar-benar besar.

 

Meningkatkan Aerodinamika

 

Aerodinamik: Membuat Truk Lebih Licin

Truk membawa penampang yang benar-benar besar. Truk tersebut kudu mengeluarkan lebih banyak udara. Sekitar 21% bahan bakar digunakan hanya untuk melawan hambatan udara. Jika Anda dulu menerbangkan layang-layang, Anda mengerti seberapa besar tipe yang sanggup ditimbulkan kalau angin bertiup 30km/jam.

Sekarang kalikan bersama dengan ukuran bagian depan truk, dan tiga kali lipat kecepatan angin.
Ada lebih dari satu langkah menyebabkan truk lebih aerodinamis:
Alat bantu aerodinamis seperti deflektor atap, fairing depan,
Jika Anda membawa kopling ubah fifth-wheel, buat trailer lebih dekat ke kepata traktor,
Beli trailer yang tepat. Jangan membeli trailer yang lebih tinggi dari yang Anda butuhkan.

Anda hanya bakal mendorong lebih banyak hawa dari yang diperlukan,
Beli truk bersama dengan fitur aerodinamis,
Buang accessories yang tidak diperlukan, seperti klakson udara

 

Roda

Kesejajaran roda pengaruhi seberapa besar hambatan yang ada. Roda yang tidak sejajar bakal menciptakan tambahan gesekan pada jalan, keausan ban lebih cepat dan termasuk menyebabkan engine bekerja lebih keras.

Roda yang tidak sejajar pada trailer sanggup menyebabkan trailer sedikit miring dan sudah pasti sanggup menaikkan hambatan angin juga.

 

Ban

Bila Anda sanggup gunakan ban bersama dengan hambatan yang kecil, Anda sanggup lakukan penghematan bahan bakar lebih dari satu persen.

Jika Anda membiarkan tekanan ban hilang 10psi maka penghematan Anda bakal hilang satu persen, disempurnakan tekanan ban yang tidak cukup sanggup menyebabkan panas berlebih tercipta dan lebih cepat rusak. Jika tekanan berlebih maka ban bakal lebih cepat mengalami keausan dan kurangi cenkeraman.

Gunakan pedoman pengisian hawa yang ditetapkan oleh produsen ban.

 

Beban

Apakah Anda membawa barang yang tidak diperlukan untuk dibawa? Penambahan beban menyebabkan penambahan mengonsumsi bahan bakar. Perkiraan untuk setiap 1 ton beban menaikkan satu prosen mengonsumsi bahan bakar, tapi sanggup tidak sama untuk tiap model truk dan pembuatnya.

 

Menjaga Momentum

Menghidupkan truk dari posisi diam manghabiskan lebih banyak bahan bakar dibandingkan telah bergerak, apalagi hanya untuk lebih dari satu km/jam saja. Ketika terjadi dilalu lintas yang padat, atur jarak pada truk Anda bersama dengan kendaraan di depan supaya Anda sanggup sesuaikan kecepatan kala berhenti dan kala bergerak.

Ketika mendekati persimpangan di mana mengharuskan untuk berhenti, seperti bundaran atau lampu lalu lintas, cobalah untuk sesuaikan kehadiran di mana nantinya bakal terkandung jarak (pada bundaran) atau lampu lalu lintas. Jika dikejauhan terlihat lampu berwarna hijau, mungkin kala sampai di persimpangan Anda bakal mendapati lampu berwarna merah dan Anda harus menghentikan kendaraan Anda.

Anda mungkin tetap harus berhenti, tapi Anda tidak membakar bahan bakar lebih dari yang diperlukan untuk tiba disana.

Memperbaiki umumnya kecepatan di tikungan sanggup menghemat pemanfaatan rem dan kurangi bahan bakar kala berakselerasi. Jangan mengambil resiko, kalau benar-benar cepat truk Anda sanggup terguling. Antisipasi apa yang bakal terjadi di depan. Anda membawa keuntungan sebab lebih tinggi dan sanggup melihat tanpa terkendala ke depan. Bila di depan terlihat kepadatan, Anda sanggup langsung kurangi injakan gas.

Biarkan kecepatan Anda meningkat secara alami dan gunakan momentum untuk pendakian tanjakan selanjutnya.

Gunakan Seluruh Teknologi yang Tersedia

Cruise Control

Ketika lewat jalur bergelombang, kaki kanan Anda bakal sedikit terangkat dan pergerakan ini menyebabkan pedal gas sedikit tertekan dan bakal menyebabkan bahan bakar terbuang percuma. Sangat penting untuk mempertahankan kecepatan yang konstan dan tidak berubah.

Hal ini terjadi sebab perubahan kecil pada kemiringan jalan. Kita berpikir sedang menjaga kaki kami pada pedal gas bersama dengan area yang sama tapi tiba-tiba jalur beralih dari datar jadi miring dua derajat supaya tidak sengaja menaikkan kecepatan.

Cruise control sanggup sesuaikan perubahan ini secara otomatis, tapi hanya efektif dipakai dikondisi jalur yang datar seperti jalur tol.

 

Ramalan Cuaca

Angin yang berhembus kuat berpengaruh pada mengonsumsi bahan bakar, seperti halnya berkendara kala hujan lebat. Lebih baik Anda jauhi skenario ini.

Kabut sanggup menyebabkan penundaan dan menaikkan kala dijalan sebab umumnya kecepatan bakal sedikit lebih rendah.

 

Menjadwalkan Perjalanan

Perangkat perencana perjalan sanggup mengambil rute terpendek kala lakukan lebih dari satu pengiriman. Memang perihal tersebut tidak gampang sebab tidak senantiasa memperhitungkan titik kemacetan, akan lebih baik dikerjakan dari pada harus menebak-nebak.

 

Gunakan Navigasi Satelit

Beberapa proses navigasi satelit seperti GMaps, bakal memperingkatkan kemacetan lalu lintas di depan dan bakal secara otomatis menyebabkan rute baru. Untuk truk berukuran besar, mengambil jalur kecil benar-benar tidak disarankan.

 

Mengambil dan Menganalisis Data

Penggunaan bahan bakar: pastikan Anda menghitung liter per seratus kilometer yang sanggup digunakan sebagai acuan kalau terjadi persoalan pada mesin (konsumsi bahan bakar bakal meningkat tanpa alasan yang jelas).

Kualitas bahan bakar: simpan catatan dimana Anda mendapatkan bahan bakar dan seperti apa konsumsi bahan bakar kendaraan Anda berasal dari pemasok tersebut. Anda bisa menemukan satu pemasok bahan bakar yang lebih ekonomis seperti menggunakan meteran Macnaught Flow Meter mampu mengukur cairan sampai dengan kekentalan 1000 CPS jadi aman dipakai untuk bahan bakar .

Variasi rute: cobalah berbagai macam rute dan pantau berapa lama waktu yang diperlukan dan apakah berpengaruh terhadap penghematan bahan bakar.

Variasi waktu: cobalah memvariasikan kala di dalam melintasi sebuah rute dan lihatlah apakah terkandung perbedaan di dalam penghematan bahan bakar dan kala yang dihabiskan dijalan. Memulai 10 menit lebih awal bisa mengurangi setengah jam secara keseluruhan.

 

Memperlakukan dengan Baik

Truk Anda dapat bertahan hingga ratusan ribu kilometer (bahkan jutaan) terkecuali Anda memperlakukan truk Anda dengan baik.

 

Engine

Rehat sejenak kala engine truk Anda tengah laksanakan pemanasan. Bahan bakar paling banyak digunakan di dalam 10 menit pertama perjalanan. Jangan melewatkan engine di dalam posisi idle terkecuali Anda dapat berhenti lebih dari 30 detik. Matikan engine untuk menghemat bahan bakar.

 

Putaran

Pertahankan putaran Engine terhadap posisi ‘eco’

Rasio Roda Gigi

Jika Anda belanja truk baru, memastikan rasio roda gigi yang cocok dengan muatan yang dapat Anda bawa dan rute yang dapat dilewati. Produsen dapat menjalankan simulasi untuk Anda.

 

Parkir

Coba parkirkan truk terhadap posisi yang memudahkan untuk keluar. Hindari manuver terhadap kecepatan rendah kala mesin masih dingin. Ketika Anda parkir, amankan muatan serta bahan bakar.

Categories: Bisnis