Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Awet

Semua orang ingin makan buah segar, meski sudah dibeli beberapa hari yang lalu. Yuk, simak cara menyimpan buah di kulkas agar awet dan tetap segar!

Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Awet

Kulkas, bisa dibilang merupakan salah satu benda yang harus ada di rumah di dapur kita. Kulkas tidak hanya digunakan untuk fungsi pendinginan, tetapi juga untuk mengawetkan makanan, menyimpan sisa sayuran, buah, sayuran mentah, telur, bumbu dan lain-lain agar segar dan tahan lama.

Namun, lemari es kita sering mengalami masalah seperti bau apek atau sayuran busuk, cairan lengket dan tengik dari kotak penyimpanan daging atau ikan, dan lain-lain.

Cara menyimpan daging sapi di kulkas agar terjaga kualitasnya tentu saja berbeda dengan menyimpan buah-buahan, telur, dan bahan lainnya.

Sayuran, buah-buahan, telur, dan daging semuanya memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Jadi, jika cara penyimpanannya tidak tepat, justru memicu proses pembusukan yang mengakibatkan bau tak sedap di lemari es kita.

Lantas bagaimana cara menyimpan buah di kulkas agar awet dan tahan lama serta terhindar dari proses pembusukan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Tidak Menyimpan Buah

1. Jangan Mencuci Buah

Mencuci Buah

Sebelum disimpan di lemari es, sebaiknya jangan mencuci buah agar tidak cepat busuk. Buah-buahan dapat disimpan di rak terbuka di tengah. Tidak semua buah bisa disimpan di lemari es. Buah-buahan seperti pisang, melon, alpukat, dan jeruk harus disimpan di suhu ruangan.

Untuk buah yang dipotong, kamu bisa menambahkan sedikit jus lemon untuk mencegah oksidasi. Sehingga warna buah tetap segar dan tidak berubah menjadi coklat. Selain itu, buah yang dipotong dapat ditempatkan dalam wadah dan ditutup menggunakan plastik wrap dengan bantuan vacuum sealer.

2. Simpan Buah dan Sayur Secara Terpisah

Agar sayur dan buah yang kamu beli tetap segar, sebaiknya jangan disimpan di satu tempat. Hal ini karena buah-buahan banyak menghasilkan gas etilen yang berperan sebagai hormon pematangan sehingga dapat mematangkan dan merusak sayuran.

Gas ini biasanya dihasilkan oleh pisang, alpukat, dan buah persik. Karena itu, lebih baik menyimpan buah di wadah terpisah.

3. Bekukan

Bekukan Buah

Cara menyimpan buah di kulkas agar awet yang selanjutnya adalah dengan membekukan. Cara ini menghindari proses pematangan dan pembusukan. Selain menggunakan wadah kedap udara, kamua juga bisa membekukan buah dengan plastik kedap udara. Nantinya buah beku ini bisa dijadikan smoothie yang menyegarkan dan menyehatkan.

4. Beri Jarak Antar Buah

Buah-buahan seperti pisang, alpukat, dan persik dapat menghasilkan gas etilen, yang bertindak sebagai hormon pematangan. Zat tersebut dapat mempercepat proses pematangan buah-buahan lain di sekitarnya. Untuk itu, buah-buahan termasuk sayuran yang disimpan di lemari es harus diberi jarak satu sama lain.

5. Matangkan Buah Terlebih Dahulu

Udara dingin di dalam lemari es dapat menghambat proses pematangan buah. Apalagi dengan mangga dan alpukat. Oleh karena itu, buah tersebut harus dimatangkan terlebih dahulu di dalam lemari es sebelum disimpan. Meski begitu, pendinginan adalah cara yang efektif untuk mengawetkan buah

Jenis Buah dan Penyimpanannya

Di bawah ini adalah tempat dan cara menyimpan setiap buah agar tahan lebih lama:

  • Apel: Buah ini merupakan penghasil gas etilen. Karena itu, simpan apel di tempat terpisah dari buah yang lainnya. Apel dapat disimpan di tempat yang kering hingga seminggu atau di lemari es hingga lebih dari seminggu.
  • Alpukat: Pertama dikupas lalu disimpan di lemari es. Umur simpan alpukat di lemari es adalah 3 hingga 5 hari
  • Pisang: Jika pisang masih hijau atau belum terlalu matang, diamkan saja di tempat yang kering dan biarkan matang dengan sendirinya.
  • Aneka Berry: Blueberry, stroberi, dan raspberry adalah buah berkulit tipis, jadi jangan mencucinya sebelum dikonsumsi. Simpan buah jenis ini di lemari es dalam wadah yang kering dan tertutup.
  • Ceri dan anggur: Dinginkan tanpa mencucinya terlebih dahulu, simpan dalam bungkus plastiknya sampai kamu siap untuk mencuci dan memakannya.
  • Buah citrus: Perpanjang kesegaran buah jeruk dengan menyimpannya dalam wadah buah di lemari es.
  • Melon: Simpan blewah dan melon di lemari es bahkan sebelum kamu memotongnya. Simpan semangka di tempat yang gelap dan kering jauh dari buah-buahan lainnya.

Berbagai cara menyimpan buah di kulkas agar tahan lama ini bisa menjadi panduan bagi kamu yang masih ragu menyimpan segala jenis buah di lemari es. Selama buah-buahan masih bisa ditoleransi pada suhu rendah, tidak ada salahnya menyimpan buah-buahan di kulkas.

Untuk vacuum sealer yang digunakan pada buah potong bisa kamu dapatkan di rumah mesin. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!