Saat kalian membeli sayuran untuk kalian olah dan masak pastinya kalian pengen sayuran kalian supaya tetap segar. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara menyimpan sayuran agar awet di kulkas.

Ketika kalian menyimpan sayuran itu yang harus kalian jaga adalah kadar air yang ada di dalam sayuran itu. Kalian juga harus tau cara cara menyimpan sayuran yang lengkap dan mudah dipahami.

 

Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Awet di Kulkas

Sayur adalah salah satu menu yang harus ada di meja saat kita makan. Oleh karena itu, banyak ibu ibu rumah tangga yang sengaja membeli sayuran dalam kauntitas yang lebih banyak sayuran ini akan digunakan sebagai stock atau persediaan. Karena sayuran tidak langsung diolah, sayuran ini jutsru nantinya akan menjadi busuk dan tidak tahan lama, sehingga sayuran yang kalian beli sebagai stok malah tidak sedikit yang justru menjadi terbuang dengan sia sia.

Nah, jika kalian sudah membeli sayuran yang banyak dan khawatir sayuran itu nanti akan membusuk dengan cepat, jangan lah kalian khawatir karena ada cara menyimpan sayuran agar tetap awet di kulkas.

1. CERDAS KETIKA MEMBELI SAYURAN

Ketika kalian akan membeli sayuran sebagai persediaan atau stok saat memasak, maka kalian harus mendata sayuran itu terlebih dahulu. Akan lebih baik jika kalian membuat tabel kecil agar lebih bisa memudahkan kalian sendiri saat mendata sayuran apa saja yang akan kalian beli untuk persediaan sayuran kalian.

Setelah kalian mendapatkan daftar sayuran kalian, maka saat membelinya kalian harus lebih teliti lagi. Dimana kalian harus membeli sayur yang masih segar. Hindari membeli sayuran yang sudah tidak dalam keadaan yang segar, karena itu akan membuat sayuran lain dan sayuran itu sendiri tidak bisa bertahan lama.

2. CUCI SAYURAN YANG BARU KALIAN BELI

Jika semua sayuran yang kalian butuhkan sudah kalian dapatkan, maka kalian jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sesuai dengan jenis sayuran itu. Seperti misalkan kelompok sayuran hijau, dan untuk sayuran lainnya seperti labu, sawi putih, wortel, lobak, siam, terong dan lainnya, diharapkan sayuran itu dicuci satu persatu sampai benar benar bersih. Sedangkan untuk sayuran yang gampang menjadi lembek seperti sayur oyong, maka kalian cukup mencuci sayuran tersebut sebanyak 2 kali saja atau hanya membilas saja, karena sayuran tersebut sudah memiliki kadar air yang cukup tinggi di dalamnya. Sayuran yang sudah kalian cuci jangan langsung kalian simpan, melainkan ditiriskan terlebih dahulu sampai kering.

3. JANGAN MENYIMPAN SAYUR YANG SUDAH DIPOTONG

Hindari menyimpan sayuran ketika dalam keadaan yang sudah terpotong potong, karena menyimpan sayur dalam keadaan yang sudah terpotong potong akan membuat sayur cepat membusuk sedangkan menyimpan sayur dalam keadaan utuh akan membuat sayur lebih tahan lama.

4. MEMASTIKAN APAKAH KULKAS BERSIH ATAU TIDAK

Ketika kalian hendak menyimpan sayur ke dalam kulkas atau lemari es, maka kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah kulkas itu bersih atau justru sebaliknya, dan pastikan juga jika suhu di dalam kulkas kalian sudah bersuhu pas. Kulkas ini adalah tempat yang tepat untuk menyimpan sayuran karena suhu di dalam kulkas yang sejuk dan dingin. Suhu di dalam kulkas sebaiknya yaitu antara 1-4 derajat celcius.

Sekian artikel kami semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan jika ada salah mohon maaf

Categories: Bisnis