Bingung tentang cara pemberian konsentrat pada sapi? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara pemberian konsentrat pada sapi yang mudah.

Pengertian Konsentrat

Konsentrat adalah pakan ternak yang memiliki kandungan serat kasar yang rendah, kurang dari 18%. Nutrisi utama pakan konsentrat adalah energi dan protein. Ada dua jenis konsentrat yang berbeda, konsentrat sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein.

Konsentrat adalah konsentrat yang mengandung protein kurang dari 20%. Sebaliknya, konsentrat sumber protein adalah konsentrat yang mengandung kadar protein di atas 20%. Konsentrat adalah bahan pakan ternak yang diberikan bersama bahan pakan ternak lainnya untuk meningkatkan kandungan gizi campuran pakan ternak sebagai pakan tambahan.

Bagi peternak sapi perah, agar produksi susu sapi tetap terjaga, pakan ternak yang diberikan sebaiknya sebagian besar berupa pakan ternak konsentrat. Hal ini karena sapi yang hanya diberi pakan hijauan akan menghasilkan susu 30% lebih sedikit dibandingkan sapi yang diberi pakan hijauan yang juga diberi pakan konsentrat.

Karena sapi tidak mampu mengasimilasi pakan kasar sesuai dengan energi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, untuk menghemat energi perlu ditambahkan pakan konsentrat. Pakan konsentrat dapat berasal dari,

dari hewan:

  • tepung daging
  • Tepung daging dan tulang
  • makan darah
  • tepung bulu
  • tepung cacing
  • Hasil samping dari pengolahan ikan, yaitu tepung ikan
  • Produk sampingan susu seperti lemak susu dan susu bubuk skim.

Pakan ternak konsentrat yang digunakan dalam pakan ternak dicirikan oleh jumlah protein berkualitas tinggi yang relatif besar, serta kandungan mineral yang tinggi. Ini mengandung lebih dari 47% protein, lebih dari 1% mineral Ca, lebih dari 1,5% P, dan kurang dari 2,5% serat kasar.

Dari tanaman:

  • Tanaman pertanian seperti kedelai, kacang hijau, jagung, dll.
  • Sisa agroindustri seperti bungkil kelapa/kelapa sawit, tepung wijen, tepung kedelai, biji sawit, biji karet, ampas tebu, dedak sekam padi, dan lain-lain.

Cara Pemberian Konsentrat Pada Sapi

  • Kering: Pakan konsentrat dapat diberikan langsung ke ternak dengan menuangkan pakan konsentrat langsung ke ruang pakan yang tersedia.
  • Kumbor/Nyumbur : Pakan konsentrat sebelum diberikan kepada ternak terlebih dahulu dicampur dengan air secukupnya di dalam wadah ember. Caranya adalah dengan menuangkan pakan konsentrat sesuai kebutuhan pakan ternak, campur dengan air secukupnya dan aduk rata. Pakan siap disajikan untuk ternak. Catatan: Jumlah air yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebiasaan ternak.

Pemberian Konsentrat Pada Sapi

  1. Makanan diberikan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.
    Beri fokus dulu sebelum memberi pakan.
  2. Misalnya, jika seekor sapi memiliki berat badan 300 kg, maka kebutuhan pakan hariannya terdiri dari 16,5 kg pakan dan 6,2 kg konsentrat. Pagi hari diberikan konsentrat 3,1 kg dan pakan 8,5 kg. Sedangkan pada sore hari, konsentrat 3,1 kg dan pakan 8 kg.
  3. Air minum harus tersedia setiap saat.
  4. Panjang tali ikat sapi menyesuaikan dengan gerakan sapi agar tidak terlalu bebas dan tidak terlalu terbatas.
  5. Kandang harus selalu dijaga kebersihannya dengan membersihkan kotoran sebelum diberi makan.
  6. Sapi juga perlu disikat secara teratur untuk mencegah penyakit kulit.

Baca Juga : Cara Fermentasi Jerami Basah Untuk Sapi yang Mudah dan Efisien

Nah, cukup sekian tutorial cara pemberian konsentrat pada sapi pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaat. Sekian dari saya, terima kasih.