Kakao (Theobroma cacao L.) ialah pohon budidaya di perkebunan yang dulunya berasal dari Amerika Selatan, akan tetapi sekarang ditanam di berbagai kawasan tropika. Tanaman kakao ini ialah tanaman yang dimana biji buahnya merupakan bahan utama dalam pembuatan makanan dan minuman yang berbahan baku cokelat yang pembuatannya di proses menggunakan mesin coklat dari kakao. Indonesia mendapat peringkat sebagai negara penghasil kakao terbesar ketiga di dunia setelah negara Pantai Gading dan Ghana.

Indonesia juga menjadi satu-satunya negara di benua Asia yang menjadi salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia. Jumlah produksi kakao Indonesia hingga saat ini cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Data terakhir yang diperoleh dari FAO, jumlah kakao yang berhasil diproduksi Indonesia yaitu sebanyak 659,776 ton di tahun 2017.

Dibawah ini merupakan macam-macam produk sebagai hasil olahan Kakao, yang terdiri atas :

Biji Kakao
Biji kakao adalah biji dari buah tanaman kakao yang dijadikan bahan utama untuk bebagai jenis makanan olahan yang menggunakan cokelat. Biji kakao diperjualbelikan dalam bentuk fisik sebagai biji kakao yang sudah kering dan biji kakao yang masih basah. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia nomor 2323 tahun 2008, biji kakao digolongkan menjadi bahan makanan yang bejenis mulia dan lindak.

Minyak Kakao (Cocoa Butter)
Mentega, minyak kakao atau lemak cokelat merupakan lemak nabati yang berwarna pucat kuning yang dihasilkan dari proses pengekstrakan biji kakao yang memiliki sifat cair pada suhu dibawah titik bekunya dan memliki sifat tidak mudah larut pada air. Lemak atau minyak kakao ini kemudian diolah menjadi bahan pembuat kue (mentega, cokelat, margarine cokelat) serta digunakan juga untuk industi kimia dan farmasi ( obat-obatan dan kosmetik)

Pasta Cokelat
Pasta cokelat, Cocoa Mask, Cocoa Liquor atau biasa disebut dengan sebutan chocolate paste / chocolate mass merupakan olahan biji kakao yang berbentuk cair atau pasta hasil ekstraksi biji kakao setelah melalui tahapan proses pelumatan sebelumnya. Hasil olahan ini pada umumnya digunakan untuk bahan dalam pembuatan kue ataupun minuman.

Hasil olahan biji kokoa jenis ini biasanya dijual dengan menggunakan kemasan botol. Layaknya essence kue lainnya, coklat pasta ini baik digunakan sebagai pemberi rasa pada kue, cake, puding atau minuman sekalipun.

Cocoa Cake
Hasil pengepresan dari pasta, pasta cokelat, ataupun cocoa liquor menjadi bubuk kasar yang pada umumnya disebut dengan cacao cake. Produk ini digunakan untuk pembuatan berbagai macam kue, salah satunya adalah brownies. Cocoa cake ini pada umumnya dijadikan sebagai topping tambahan pada kue. Jika pada brownies, cocoa cake ini ditaburkan di permukaan atas brownies dengan tujuan mempercantik tampilah kue brownis dan menambah cita rasa dari kue tersebut.

Tak hanya dengan kue brownies saja, begitu juga dengan kue lain. Cocoa cake ini dijakikan sebagain topping tambahan dalam upaya mempercantik tampilah dari kue yang ditaburi cocoa cake ini. Atau juga bisa dijadikan bahan utama dalam pembuatan suatu kue.

Cocoa Powder (Bubuk Cokelat)
Cocoa Powder atau biasa disebut dengan Bubuk cokelat ini berasal dari inti biji hasil pengempaan yang dilakukan dengan tujuan memisahkan lemak dan ampas yang mana ampas (bungkil) kemudian dihaluskan. Bungkil atau biasa dikenal sebagai ampas kemudian dikeringkan dan digiling halus sehingga terbentuk tepung cokelat. Olahan ini merupakan produk akhir dalam olahan biji kakao yang teksturnya halus. Produk ini nantinya digunakan sebagai bahan campuran kue ataupun minuman.

Cocoa powder ialah campuran dari berbagai bahan dan disarikan dari biji kakao. Cocoa powder merupakan bahan masakan yang biasanya dibuat dalam berbagai jenis dessert. Bubuk ini merupakan bahan utama yang biasa dibuat untuk bebagai jenis makanan dan minuman dengan rasa dasar coklat. Misalnya coklat batangan, sirup coklat, manisan coklat, dan masih banyak lagi.

Jenis dari cocoa powder pun banyak jenisnya, ada dark cocoa powder, black cocoa powder, dan cocoa powder yang biasa dibedakan dengan merknya.