Halo semuanya, artikel ini dibawakan kembali oleh mimin, Hari ini akan membahas berbagai ide kue tradisional sederhana untuk referensi pemula. Memang mimin bukan seorang professional yang membuat kue, namun saya sangat ingin berbagi dengan kalian pengalaman Mimin dalam membuat kue tradisional sebagai referensi untuk pemula dan teman-teman. Yuk langsung saja fokus pada artikel ini.

Jika di artikel sebelumnya Mimin udah nge bahas mengenai beberapa resep resep dan ide makanan yang mengenakan, ada kali ini Mimin pengen sekali membahas mengenai ide kue tradisional yang tentunya sangat enak dan juga mudah untuk dipraktekkan. Cara membuat nya tidak terlalu sulit dan bisa dijadikan referensi sebagai camilan nih. Oleh karena itu artikel yang kali ini lebih menarik nih sop karena Mimin bakal membahas satu persatu

Kue tradisional kini memang tidak dapat dipungkiri mulai kurang peminat. Namun dibalik itu semua kue tradisional merupakan salah satu Sajian  yang masih dinikmati Oleh sebagian besar orang. Karena umumnya kue tradisional lebih sehat dan lebih murah daripada kue yang dijual di kedai kedai mewah. Meski demikian kue tradisional masih memiliki banyak peminat yang tentunya masih meminati kue tradisional

Sebenarnya cara membuat kue tradisional beberapa caranya sangat mudah dan sederhana. Namun saja karena eksistensi nya mulai berkurang oleh sebab itu masyarakat mulai melupakan kue tradisional. Padahal kue tradisional merupakan kue khas yang asli dari Indonesia. Kenapa yang asli Indonesia kita lupakan sedangkan kita lebih menyukai makanan dari luar negeri. Kalau Mimin sih lebih suka makanan tradisional he he he

Ide Kue Tradisional Yang Mudah

Kelebihan makanan tradisional dibandingkan makanan modern yaitu makanan tradisional umumnya memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada makanan cepat saji. Karena pada umumnya makanan tradisional ini tidak memiliki bahan pengawet. Jadi 100% Murni tanpa bahan pengawet. Hal tersebut yang menyebabkan makanan tradisional memiliki tingkat gizi yang lebih baik daripada makanan cepat saji yang menggunakan pengawet di dalamnya

1. Lemper Ayam

Referensi pertama adalah lemper ayam khas jawa. Lemper ayam adalah sejenis sajian makanan berupa ketan atau nasi yang isian ayamnya memiliki rasa asin dan manis yang merupakan perpaduan sempurna, kemudian dibungkus dengan daun pisang sebagai pembungkus dan pelindung. Hidangan ini sangat menarik dan juga bisa dijadikan camilan
Sahabat, cara membuat sepiring ayam itu mudah. Teman pertama butuh ketan, ayam, bawang bombay, garam dan bumbu masak (bila perlu). Siapa yang bertanya apakah Anda perlu memasak ketan atau ketan, lalu tuangkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan, sekitar dua sendok makan, lalu potong ayam menjadi cincang atau potongan kecil.
Kemudian tambahkan haluskan bawang bombay dan ayam ke sedikit minyak dan tumis hingga harum. Jika sudah lalu silakan keluarkan beras ketannya, buat lingkaran, dan isikan ayamnya. Jika sudah lalu lanjutkan dengan mulai mengisi ayam dan membungkusnya dengan daun pisang. Sekitar setengah jam untuk menyelesaikannya.
Untuk menanak nasi atau ketan sobat bisa menggunakan rice cooker besar yang juga sangat handal digunakan dalam berbisnis.

2. Ide Kue Tradisional Nagasari

Resep kue selanjutnya adalah nagasari. Singkatnya, nagasari merupakan makanan tradisional yang biasa ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan rasa yang manis. Nagasari berupa tepung yang berisi pisang sebagai isian manis setelah diolah.
Cara membuat nagasari tidaklah sulit. Anda hanya perlu mencampurkan campuran tepung maizena dengan telur, air, gula dan garam. Setelah itu anda bisa menambahkan irisan pisang ke dalam adonan tepung agar menjadi isian dari tepung. Setelah itu kukus dengan api sedang selama setengah jam agar nagasari hangat dan enak. setelah itu sajikan dengan nikmat.

3. Putu Ayu

Kemudian Putu Ayu sebagai referensi selanjutnya. Biasanya Putu Ayu disajikan dengan parutan kelapa hijau sebagai pelengkap topping Putu Ayu. Singkatnya, Putu Ayu adalah kue dengan kearifan lokal. Kue ini biasanya berwarna hijau dan memiliki rasa kelapa yang sangat nikmat saat kita memakannya. Sangat unik sekali.
Jika anda mencari Putu Ayu di bakery atau bakery, biasanya mereka menjualnya dengan harga Rp 500 hingga Rp 5000 per potong roti. Bahkan roti yang sangat sederhana ini pun cukup murah. Namun kini eksistensinya mungkin menurun dan masyarakat kurang mengenalnya.  Padahal roti ini merupakan roti tradisional yang patut kita lestarikan

4. Bakwan

Jadi yang berikutnya adalah Bakwan. Bakwan memiliki nama atau nama berbeda di setiap daerah. Misalnya di Jakarta, bakwan sering disebut dengan bakwan. Kalau di Surabaya dan Sidoarjo atau Surabaya Raya, bakwan disebut ote ote. Namun di kota Malang, bakwan biasa disebut weci. Namun kalaupun memiliki nama yang berbeda, sebutan tersebut tetap mengacu pada makanan yang sama yaitu bakwan. sungguh beragam sekali ya nama di tiap daerahnya.
Cara membuat bakwan juga sangat mudah. Pertama, Anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu atau tepung goreng, kemudian Anda dapat memotong wortel tipis seperti korek api, kemudian Anda dapat menambahkan daging atau daun bawang sebagai isian. Anda juga bisa menambahkan tauge atau tauge ke dalamnya, lalu tuangkan minyak ke dalam panci, lalu goreng campuran tepung dengan minyak panas. Goreng hingga adonan berubah warna menjadi cokelat.
Dalam beberapa pembuatan kue tradisional sobat memerlukan alat pengaduk agar hasil kue nya menjadi sempurna sob. Sobat bisa menggunakan mixer roti yang sangat berguna untuk membuat segala macam kue.
Oke sobat, artikel yang mimin tulis hari ini sudah cukup. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan dengan teman, teman, keluarga, atau teman dekat lainnya. Sekian artikel ini semoga bermanfaat bagi sobat pembaca semuanya.
 terima kasih telah membaca artikel ini
Categories: Kuliner