Di dalam mengemas barang, pallet adalah salah satu peralatan dalam dunia logistic yang vital dan penting. Pellet bisa dikatakan sebagai platform portable dan juga kaku dan bisa membawa beban dalam jumlah yang besar. Fungsi dari pallet adalah bisa digunakan untuk menumpuk, menyimpan, dan juga membawa barang. Dengan menggunakan pallet terutama plastic pallet, tingkat efisiensi pengiriman bisa lebih mudah dan juga memungkinkan untuk memindah barang yang ditimbun dengan mudah hanya dengan menggunakan mesin ataupun peralatan yang lainnya seperti jack pallet dan juga forklift.

Sekarang, ada  beberapa jenis pallet yang tersedia dan juga bisa anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan beberapa jenis yang bisa digunakan kembali ataupun sekali pakai. Beberapa Jenis pallet ini adalah kayu, plastic pallet, dan juga logam yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dan berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Dan untuk pallet inib baik plastic pallet maupun yang lainnya  juga memiliki beberapa ukuran standar  berdasarkan dari Negara produksi. Untuk Amerika Utara berukuran 1219mm x 1016mm, Eropa dan Asia dengan ukuran 1000 mm x 1200mm, Australia dengan ukuran 1165 x 1165 mm. dan beberapa ukuran lainnya.

7 jenis pallet berdasarkan wujudnya

Pallet muncul dalam berbagai jenis. Dan ada juga jenis pallet termasuk pallet plastik berdasarkan ukuran dan juga gaya. Dan berikut ini adalah beberapa jenis pallet berdasarkan wujud, ukuran, dan juga gayanya.

●    Pallet cetakan roto.

Pallet cetakan roto ini dibuat dengan menggunakan metode pencetakan rotasi. Dengan ukuran yang tersedia dalam ukuran standar, pallet jenis ini juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan rangka baja guna meningkatkan kapasitas ukuran dan juga bebenanya. Pallet yang juga termasuk pallet plastik ini biasa digunakan dalam industri kebersihan.

●    Pallet cetak injeksi.

Pallet jenis ini adalah pallet datar yang ada dalam berbagai ukuran dan juga biasanya terdiri dari warna yang standar. Dan pallet ini juga digunakan untuk bisa mengangkat barang di dalam transportasi dan juga bisa dipindahkan dengan mudah dengan menggunakan forklift, loader, dan juga dongkrak. Pallet cetakan injeksi juga dibuat dengan menggunakan HDPE yang bisa dicuci, dan juga bebas korosi, dan juga bisa didaur ulang, serta tahan lama.

●    Pallet papan block.

Pallet blok bisa memungkinkan untuk dipindah dari keempat arah. Pada bagian atas ada dua belas kolom yang ada dan juga tidak ada di dek bawah. Dengan menggunakan pallet balok, efisiensi dalam penanganan barang akan menjadi lebih mudah dan pallet ini bisa dibuat dari kayu, pallet plastik, dan juga logam.

●    Pallet stringer.

Pallet stringer ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan pallet blok. Dua papan yang ada dan membentang di antara sisi atas dengan bawah dan juga pada masing-masing ujung pallet bisa memberikan ketahanan yang lebih lama. Akan tetapi, kelemahan dari pallet ini adalah hanya bisa diangkat dari dua sisi saja. Kalau anda menginginkan pallet stringer yang bisa diangkat dari empat arah, juga ada, namun anda perlu usaha ekstra dalam mencarinya.

●    Pallet wajah ganda.

Jika kebanyakan pallet memiliki dua sisi atas saja, akan tetapi pallet dua muka mempunyai sisi atas dan juga bawah yang bisa digunakan. Kekuatannya juga tidak usah diragukan lagi.

●    Pallet sayap ganda.

Kalau anda menggunakan pallet sayap ganda, akan menemukan sisi atas dan juga bawah yang juga tersedia permukaan tambahan dan bisa membuat pallet ini berguna untuk mengangkut barang dengan jumlah yang besar sekaligus.

●    Pallet dek padat.

Pallet jenis ini hanya dibuat dari satu jenis bahan saja, dan bisa dibuat dari kayu, logam, dan juga plastic tanpa adanya jarak di dalamnya. Pallet ini juga sangat mudah untuk dibersihkan dan juga diangkut untuk memindahkan barang dengan ukuran yang lebih kecil.

Categories: Bisnis