Kenyamanan berkendara salah satunya ditunjang dari kebersihan karpet mobil. Karpet yang bersih membuat interior kendaraan terlihat lebih menarik. Suasana di dalam mobil juga lebih nyaman lantaran tidak muncul bau yang menyengat.

Bau menyengat ini bisa sangat sulit untuk dihilangkan. Kemunculannya membuat pengendara dan penumpang tidak betah di dalamnya. Bahkan bisa menyebabkan mabuk darat.

baca juga artikel tentang cuci jok mobil jakarta

karpet mobil

Salah satu penyebab utamanya berasal dari karpet. Karpet yang kotor dan lembab memungkinkan bau untuk muncul. Parahnya, kondisi semacam ini perlu penanganan yang ekstra agar aroma kurang sedap bisa hilang.

Anda mungkin butuh untuk mencucinya. Setelah dicuci dan dikeringkan, baru karpet ini bisa diterapkan kembali. Masalahnya, terkadang karpet ini kembali berbau hanya dalam hitungan waktu.

Masalah utamanya berasal dari kurang telitinya Anda dalam menjaga kondisi tersebut. Salah satunya dicontohkan dengan sering mematikan AC mobil.

AC mobil ini sebenarnya tidak hanya berfungsi untuk mendinginkan suasana kendaraan. Tapi berguna pula untuk menjaga seluruh interior dalam keadaan bersih.

baca juga cuci karpet jakarta

Alasan sederhananya adalah AC bisa mendukung interior mobil dalam keadaan kering. Termasuk untuk menjaga karpet tetap kering.

Karpet yang kering memungkinkan debu dan kotoran tidak menempel. Sebaliknya jika karpet lembab dan basah, debu maupun kotoran akan mudah untuk menempel. Malahan, debu akan lengket dan menimbulkan bau tak sedap.

Menyadari kondisi semacam ini, sudah semestinya jika Anda mempertimbangkan untuk menyalakan AC ketika mobil dijalankan. Selain itu, usahakan agar Anda maupun penumpang memasuki kendaraan dalam kondisi bersih.

Contohnya adalah tidak membawa debu masuk melalui sepatu ataupun sandal. Dan usahakan pula agar alas kaki ini tidak dalam kondisi basah. Karena basahnya alas kaki akan tertransfer ke karpet.

Sementara itu, Anda juga perlu membiasakan untuk melakukan penyedotan debu pada karpet ini. Anda tidak harus melakukannya di tiap hari. Cukup perhatikan seberapa parar debu yang muncul.

Tapi bila tidak terlalu parah, Anda bisa menjadwalkan pembersihan dengan penyedotan debu setiap 1 bulan sekali. Dengan menghindari masala di atas dan rajin melakukan penyedotan, kebersihan karpet mobil akan terjaga dan kenyamanan berkendara akan didapatkan.