Vacuum sealer adalah termasuk salah satu jenis mesin yang bisa digunakan untuk menghampakan udara di sekitar benda tertentu agar tetap terlihat segar serta higienis.

Salah satu penggunaan dari mesin ini seringkali dilakukan oleh para penjual buah yang digunakan untuk menghilangkan debu-debu yang ada pada sekitar buah. Hal ini sama saja supaya buah yang dijual agar tetap terjaga keawetannya serta tetap segar.

Menggunakan mesin vacuum sealer ini bisa membuat makanan bertahan 5 kali lipat. Seperti halnya jika makanan biasanya bisa membusuk hanya dalam waktu selama 3 hari jika tanpa menggunakan vacuum sealer.

Makanan Anda akan lebih terjaga keawetannya sekitar 15 hari jika menggunakan mesin ini. Nah bagi Anda semua yang ingin makanannya tetap terjaga keawetannya dapat menggunakan vacuum sealer ini.

Kegunaan Mesin Vacuum Sealer

Mesin yang satu ini memiliki kegunaan utama yaitu untuk membersihkan dan mengawetkan makanan, misalnya salah satu contoh makanan yang sering diawetkan ialah buah-buahan. Dengan adanya mesin vacuum sealer ini tentu saja akan membuat makanan tetap terjaga kondisinya agar tidak mengalami pembusukan secara cepat.

Seperti hal nya yang sering kita lihat, buah-buahan atau makanan lainnya akan lebih cepat membusuk bila dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan. Namun akan berbeda jika kalian menggunakan mesin tersebut, kondisi makanan tersebut akan lebih awet dan tetap segar.

Rekomendasi Alat Pengemas Plastik

1.Hand Sealer

Hand sealer adalah alat yang berguna untuk mengepres kemasan plastik dengan menggunakan perantara besi panas maka kemasan tersebut bisa tertutup dengan rapat dan rapi. Hand sealer biasa digunakan oleh masyarakat untuk mengemas produk-produk yang dibungkus dengan plastik. Hand sealer yang terdapat di pasaran biasanya membutuhkan daya sekitar 200 hingga 300 watt.

Hand sealer merupakan alat perekat kemasan plastik serta aluminium foil yang sering digunakan untuk mengemas berbagai macam bentuk produk makanan dan minuman. Alat perekat plastik dan aluminium foil ini sering digunakan untuk beberapa jenis pengemasan, misalnya untuk pengemasan standing pouch, kemasan sachet dan lain-lain.

2.Vacuum Sealer

Vacuum sealer ini mempunyai fungsi untuk mengemas berbagai macam bentuk produk misalnya seperti daging, ikan dan frozen food serta lain-lainnya. Dengan menggunakan mesin vacuum sealer produk ini di dalam kemasan plastik akan lebih lama bertahan untuk disimpan dalam waktu yang lebih lama, produk di dalamnya menjadi tidak cepat membusuk karena sebelumnya sudah di vacuum terlebih dahulu.

3.Vacuum Packaging

Mesin vacuum packaging ini berfungsi untuk menghilangkan udara yang ada di dalam kemasan plastik yang sudah berisi produk dan kemudian di lanjutkan untuk di segel. Sama dengan menggunakan vacuum sealer, tujuan dari pengemasan ini adalah supaya produk yang ada di dalam kemasan dapat bertahan lebih lama, karena bakteri atau jamur yang ada pada makanan tersebut akan sulit berkembang.

4.Mesin Continuous Sealer

Mesin continuous sealer adalah mesin yang berfungsi untuk mengemas produk menggunakan plastik kemasan secara kontinyu. Mesin ini cocok digunakan untuk produk yang dikemas menggunakan kemasan standing pouch, sachet serta jenis kemasan plastik fleksibel yang lainnya.

5.Mesin Laminating

Sering kali disebut juga dengan mesin laminasi adalah mesin yang digunakan untuk melapisi berbagai macam produk atau dokumen yang bentuknya berupa lembaran. Fungsi dari penggunaan kemasan laminating ini salah satu contohnya adalah bisa digunakan untuk melindungi dokumen supaya tidak mudah kotor serta rusak.

6.Mesin Pengemas Sachet

Yang termasuk salah satu jenis mesin pengemasan khusus untuk mengemas produk dengan kemasan sachet. Mesin ini biasa digunakan oleh para pelaku usaha untuk mengemas berbagai macam jenis produk serbuk misalnya seperti gula, kopi, teh, liquid serta berbagai makanan ringan atau bisa juga snack.

Demikian adalah artikel tentang Kegunaan Mesin Vacuum Sealer, semoga bisa bermanfaat!