Memasuki era digital banyak hal yang berubah metode pelaksanaannya, salah satunya adalah kegiatan pemasaran atau marketing. Dimana kegiatan tersebut mulai dilakukan secara online, dan lebih bergantung dengan internet. Hal ini dikarenakan banyak kelebihan pemasaran online yang dirasa dapat memudahkan pelakunya.

1. Tidak Terbatas Oleh Geografis

Kelebihan metode marketing secara online ini adalah tidak adanya batasan dalam geografis. Hal ini dikarenakan internet merupakan sebuah media yang bisa melintasi jarak dan tidak terikat oleh batasan geografis. Sehingga kegiatan pemasaran yang sedang dilakukan dapat dilihat oleh siapapun orangnya di berbagai belahan dunia.

2. Aksesnya Luas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa internet dapat menembus batasan jarak. Tidak hanya jarak saja tapi juga waktu sehingga bisa dipastikan berapa banyak orang yang menggunakan internet di dunia ini. Karenanya akses untuk mencari pelanggan akan lebih luas karena memang pemanfaatan internet tidak berbatas.

3. Dapat Terus Terhubung Dengan Pelanggan

Internet itu adalah media yang bersifat real time atau saat itu juga. Sebagai contoh seorang pelaku usaha yang memiliki bisnis sebagai penyedia jasa penulis artikel sedang mengadakan promo. Dimana promonya memberikan potongan 50% untuk setiap artikelnya, maka promo tersebut bisa langsung diberitahukan kepada pelanggan lewat email, sosial media, atau pun websitenya.

4. Bisa Mendapatkan Feedback Langsung

Karena bersifat real time, maka pelanggan juga bisa langsung memberitahukan feedback nya setelah menggunakan produk dari si pelaku usaha. Dari feedback langsung ini pelaku usaha bisa langsung memperbaiki kekuranganny. Atau bila feedbacknya positif bisa dipajang di halaman web untuk menarik minat pelanggan baru.

5. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Kecil

Sudah tahu belum kalau biaya pemasaran online ini sangat kecil, bahkan bisa mencapai nol rupiah. Hal ini dikarenakan metode pemasaran hanya menggunakan media internet dan memanfaatkan alat digital dalam pelaksanaannya. Sehingga tidak perlu lagi membuat hal-hal yang hanya membuang-membuang uang saja.

Ternyata kelebihan pemasaran online memang sangat lumayan yah. Jadi tidak heran lagi kenapa banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan metode pemasaran online ini dibanding dengan yang konvensional. Untuk para pelaku usaha, tidak ada salahnya untuk mulai beralih ke metode pemasaran ini dan perlahan mulai meninggalkan metode lama.