Sebagian berasal dari kamu mungkin masih belum jelas langkah-langkah apa yang perlu diambil alih didalam pembuatan PT. pembuatan PT memang terdiri berasal dari 7 langkah yang perlu dilakukan secara bertahap, diantaranya:

 

Reservasi Nama

Pada tahap ini kamu bakal menambahkan 3 calon nama perusahaan untuk didaftarkan. Nama selanjutnya nantinya bakal diperiksa oleh notaris dan bakal mendaftarkan nama yang masih belum digunakan untuk sebabkan akta perusahaan. Proses reservasi nama ini biasanya cuma memerlukan 1 hari kerja.

 

Pembuatan Akta Perusahaan dan SK Kemenkumham

Setelah nama telah diverifikasi, notaris bakal segera jalankan pembuatan akta. Klien nantinya bakal dihubungi untuk mengatur draft akta dengan preferensi klien. Kemudian, klien bakal jalankan proses tanda tangan sesudah draft akta sesudah disetujui. Selanjutnya IZIN bakal mengurus SK ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

 

Pembuatan SKDP Sementara

Pada tahap ini, kamu bakal mendapatkan Surat Keterangan Domisili Sementara yang berlaku sepanjang satu bulan. Surat ini dikeluarkan oleh Kantor Kelurahan untuk pembuatan NPWP Perusahaan. SKDP ini cuma berlaku untuk 1 bulan dan bakal diperpanjang sesudah NPWP Perusahaan diterbitkan. Waktu pengurusan paling lama adalah 7 hari kerja.

 

NPWP& SKT

Setelah SKDP Sementara selesai, maka proses setelah itu adalah pengurusan NPWP Perusahaaan. NPWP bakal diurus di Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Anda juga bakal mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang tandanya bahwa Anda terdaftar sebagai pembayar pajak resmi. Waktu pengurusan maksimal adalah 15 hari kerja)

 

SKDP

Jika NPWP telah selesai, maka proses setelah itu bakal mengurus SKDP sekali lagi. Lama masa berlaku berasal dari SKDP bakal bergantung terhadap domisili alamat yang digunakan. Jika perusahaan memakai virtual office, maka masa berlaku SKDP adalah 1 tahun. Sedangkan kalau memakai gedung kantor konvensional atau serviced office, maka masa berlaku SKDP adalah 5 tahun. Masa pengurusan SKDP ini maksimal 7 hari kerja)

 

SIUP

Tahap setelah itu adalah pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Dokumen ini bakal diurus di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Masa kepengurusan maksimal adalah 7 hari kerja

 

TDP

Tahap akhir adalah Tanda Daftar Perusahaan(TDP). Penerbitan dokumen ini juga diurus lewat PTSP. Masa kepengurusan maksimal adalah 14 hari kerja

 

Categories: Bisnis