Banyuwangi merupakan kota yang terletak di ujung timur pulau jawa maka tak heran banyak yang memberi sebutan sunrise of java atau terbitnya matahari di pulau jawa. Banyuwangi memiliki tempat wisata yang lengkap. Mulai dari kawah ijen, taman nasional baluran, alas purwo, dan pantai-pantai yang sangat banyak karena besarnya wilayah kabupaten ini. Salah satu yang populer hingga mancanegara yaitu pulau tabuhan. kenapa dinamakan tabuhan karena hembusan angin yang sangat kencang dan menghasilkan suara seperti sebuah tabuhan kendang. Pulau ini terletak antara pulau jawa dan bali tetapi masih termasuk dalam kawasan kabupaten banyuwangi di desa brangsing kecamatan wongsorejo dan berbatasan dengan pulau menjangan dan taman nasional bali barat.

tabuhan-island

Kenapa pulau ini terkenal hingga mancanegara karena ombak dan anginnya yang sangat besar sehingga banyak digunakan oleh turis untuk kitesurfing yaitu olahraga yang menggabungkan antara berselancar dan paralayang menggunakan parasut. Kitesurfing memanfaatkan angin untuk menaikkan parasut dan papan surfing mengikuti arah parasut tersebut berjalan yang mengikuti angin. Pulau tabuhan juga memiliki hamparan pasir putih yang indah dan bersih, pengunjung juga bisa menikmati gradasi warna air laut yang indah serta jernihnya air laut.

Bagi anda yang ingin liburan ke pantai tabuhan bisa mengikuti open trip menjangan tabuhan yang diadakan oleh ihsan travel setiap weekend dengan membayar harga yang terjangkau sudah mendapatkan fasilitas yang lengkap serta dokumentasi foto dan video yang bagus. Menyeberang ke pulau tabuhan menggunakan perahu yang berisi 10 orang naum anda tidak perlu khawatir karena bisa dipastikan aman dan juga anda akan di kasih pelampung sebagai keamanan diri. Anda juga bisa snorkeling untuk menikmati biota laut yang masih alami.

Untuk menuju pulau tabuhan anda harus menuju kabupaten banyuwangi terlebih dahulu bisa menggunakan pesawat, kereta api atau perjalanan darat dengan bus atau mobil selanjutnya anda menuju ke pantai watudodol untuk menyeberang. Perjalanan meyeberang dengan kapal membutuhkan waktu hanya sekitar 1 jam saja

Categories: Wisata