Bingung tentang manfaat gula aren semut? pusing karena sudah mencari pengertian dan belom ketemu? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan penjelasannya. Jika kamu penasaran mau membacanya, saya akan memberikan tentang manfaat gula aren semut untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pengertian Gula Aren Semut

Gula semut adalah gula yang berbentuk seperti rumah semut di bumi. Gula ini juga sering disebut sebagai gula merah dalam wujud versi bubuk. Beberapa bahkan menyebutnya gula kristal.

Komponen utama gula semut adalah nira atau dari pohon kelapa atau enau. Pohon-pohon ini termasuk dalam jenis tanaman palem. Maka tak heran jika disebut juga sebagai gula aren.

Dibandingkan gula merah, gula semut lebih praktis. Tidak hanya itu, gula ini lebih larut dalam air karena memiliki kadar air yang cenderung lebih sedikit. Rasa gula ini sudah pasti manis dan memiliki aroma yang khas. Kelebihan lain dari gula ini adalah tahan lebih lama dan memiliki banyak manfaat.

Cara Membuat Gula Aren Semut Modern

Alat dan Bahan :

  • Nira segar dengan PH 7
  • Kasa kawat
  • Wajan
  • Tungku

Cara Membuat :

  1. Pertama, nira dimasukkan sambil disaring dengan wire mesh yang terbuat dari tembaga, kemudian disimpan di atas kompor untuk segera dipanaskan (direbus). Pemanasan ini biasanya berlangsung 1-3 jam, tergantung ukuran nira. Pemanasan tersebut dilakukan sambil mengaduk-aduk nira sampai mendidih.
  2. Proses pengadukan gula semut, bisa juga menggunakan mesin yang dirancang untuk membuat gula semut, sehingga pencampurannya bisa bekerja sendiri tanpa perlu gerakan tangan manual.
  3. Busa yang muncul dipermukaan nira rebus dihilangkan, agar diperoleh pasta gula yang tidak terlalu gelap (hitam), kering dan padat.
  4. Aduk sering sampai jus menjadi kental. Pada tahap ini, busa dan kotoran halus juga dibersihkan. Setelah 10 menit, angkat panci dari kompor dan aduk perlahan sampai terjadi kristalisasi.
  5. Setelah kristalisasi, aduk cepat sampai terbentuk bubuk kasar. Serbuk kasar ini disebut gula aren setengah jadi dengan kadar air masih di atas 5%. Gula semut yang setengah jadi dihaluskan agar gula kristal yang masih menggumpal lebih halus.
  6. Kemudian saring dengan ukuran mata jaring 15-20 sesuai kebutuhan.
  7. Untuk meningkatkan kadar air dapat dikeringkan dengan oven pengering gula semut, lebih baik lagi sampai hasilnya seragam, bagian padat gula semut dapat dibuat dengan proses tepung dengan mesin tepung gula semut stainless.
  8. Gula semut siap disimpan dan dikemas.

Manfaat Gula Aren Semut

A. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gula semut mengandung senyawa yang dapat menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. Dengan begitu, jika Sahabat Sehat mengonsumsi gula semut tidak mudah sakit. Seimbangkan konsumsi gula semut dengan olahraga teratur.

B. Membangkitkan Kolesterol Dalam Tubuh

Kita harus menjaga kolesterol dalam tubuh supaya jumlahnya tetap normal. Hal ini karena kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh, termasuk penyakit jantung. Salah satu cara menjaga kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengganti gula putih biasa dengan gula semut sebagai campuran atau pemanis pada minuman atau makanan. Itu karena gula semut mengandung niacin yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh ketika sedang tinggi.

C. Membantu Mencegah Anemia

Anemia dapat terjadi karena berkurangnya kemampuan hemoglobin. Hemoglobin adalah senyawa dalam sel darah merah yang mengikat oksigen. Anemia membuat penderitanya merasa lelah, sesak napas, dan kurang semangat untuk beraktivitas sehari-hari.

Nah, salah satu cara untuk mencegah anemia adalah Sahabat Sehat bisa mengkonsumsi gula semut yang digunakan sebagai pemanis pada minuman atau makanan. Misalnya, saat Sahabat Sehat membuat teh, Anda bisa mengganti gula putih atau gula pasir dengan gula merah. Gula semut mengandung persentase zat besi yang tinggi, sehingga sangat baik untuk pencegahan anemia.

Bagi anda yang sedang mencari mesin gula semut, anda dapat menemukanya di Rumah Mesin, disana menjual cocomesh dan berbagai alat lainya.

Nah, cukup sekian tentang manfaat gula aren semut pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.