Selain diolah menggunakan mesin coklat hingga menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman, kakao selama ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam kosmetik dan produk perawatan kulit. Lemak yang dihasilkan oleh biji kakao atau cocoa butter selain digunakan sebagai campuran atau bahan tambahan untuk membuat kue, ternyata juga bisa dipakai dalam pembuatan kosmetik atau produk kecantikan.

Bukan sebagai bahan tambahan, cocoa butter tak jarang digunakan menjadi bahan utama. Cocoa butter yang sering juga disebut sebagai minyak theobroma atau mentega kakao ini memang memiliki segudang manfaat untukĀ  menjaga kesehatan kulit. Manfaat tersebut tak terlepas pada kandungan nutrisi yang dimiliki oleh cocoa butter.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kandungan cocoa butter dalam produk kosmetik atau perawatan kulit lainnya.

1. Memulihkan Kondisi Kulit

Rutin mengunakan kosmetik yang memiliki kandungan cocoa butter diyakini dapat mengembalikan kesehatan kulit Anda. Kandungan omega 3, omega 6, omega 9, vitamin E, vitamin K, seng, zat besi, dan lain-lain yang dimiliki oleh cocoa butter dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit akibat pengaruh buruk dari lingkungan, kurangnya jam tidur, dan stres.

Tak hanya itu saja, dalam cocoa butter juga terkandung bermacam zat antioksidan, salah satunya adalah polifenol. Polifenol ini dipercaya mampu mengurangi peradangan dan men-jaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultra violet, meningkatkan elastisitas kulit, serta mencegah penuaan dini. Produk perawatan kulit menggunakan kandungan cocoa butter diyakini mampu membantu menjaga kelembapan kulit.

Hal itu dikarenakan cocoa butter kaya akan asam lemak yang dapat membentuk lapisan pelindung kulit sehingga kelembapan tetap terjaga dan lebih elastis atau kenyal. Kandungan asam lemak yang ada di cocoa butter juga sangat baik bagi orang-orang yang mengalami permasalahan kulit seperti eksim dan psoriasis karena tidak berisiko mengiritasi kulit penderita yang sensitif. Oleh karena itu, produk-produk kosmetik atau perawatan kulit yang mengandung cocoa butter ini seringkali diklaim aman untuk kulit yang sensitif.

2. Mencegah gurat-gurat kulit

Guratan-guratan pada kulit akibat peregangan (stretch marks) menjadi permasalahan kulit yang dialami pascamelahirkan atau seseorang dengan berat badan berlebih atau biasa disebut dengan obesitas. Cocoa butter dengan kemampuan menjaga kelembaban kulit diyakini dapat mencegah munculnya stretch marks. Meski begitu, beberapa penelitian belum berhasil menemukan bukti bahwa efektivitas cocoa butter dalam mencegah stretch marks ini.

Stretch marks dipercaya akan menghilang dengan sendirinya atau menjadi samar seiring dengan berjalannya waktu. Tapi, tak ada salahnya juga untuk mencoba menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan cocoa butter untuk mempercepat proses mengihilangkan stretch marks yang tentunya memerlukan waktu yang cukup panjang.

3. Meredakan ruam dan luka bakar

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh cocoa butter ternyata berpotensi meredakan ruam-ruam atau mengobati luka bakar di kulit. Namun, untuk mengatasi dua masalah ini, harus dipastikan etrlebih dahulu produk yang dipakai tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti alkohol atau pengharum artfisial.

4. Mengusir kantung mata

Kandungan berbagai macam nutrisi yang dimiliki oleh cocoa butter, ternyata bisa mengatasi permasalahan kantung mata menghitam atau mata panda yang diakibatkan kurangnya istirahat. Untuk menghilangkan kantung mata ini, gunakan produk yang mengandung cocoa butter sebagai krim mata. Namun, prosesnya pastinya tidak bisa instan. Krim tersebut harus digunakan setiap hari secara rutin agar kantung mata yang menghitam memudar dengan perlahan-lahan.

5. Mengobati bibir pecah-pecah

Cocoa butter juga bisa diaplikasikan pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Penggunaannya sangat mudah, karena banyak produk lip balm yang saat ini tersedia di pasaran yang menjadikan cocoa butter sebagai bahan utamanya. Penggunaan cocoa butter untuk mengatasi bibir pecah-pecah tak bisa lepas dari kandungan asam lemak yang bisa menjaga kelembaban kulit. Bibir yang rutin diolesi produk dengan kandungan cocoa butter tentunya akan jauh lebih kenyal dan terlihat lebih segar.