pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara membuat pasta coklat

Dalam pembuatan pasta coklat pada umumnya melibatkan tahapan proses pembersihan biji, pemisahan kulit dan pemanggangan. Pembersihan dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran yang mungkin terbawa seperti pasir, batu, partikel tumbuhan dan lain sebagainya. Kehadiran kotoran ini tidak diinginkan (mereka dapat merusak peralatan proses).

Cara Pembuatan Pasta Coklat

Bahan :

  • biji kakao kering (stelah difermentasi)

Pertama biji kakao disangarai/dipanggang.

Proses pemanggangan dilakukan pada suhu maksimum 150oC, selama 10 – 35 menit, tergantung tujuan akhir penggunaan biji. Biji yang akan diolah menjadi coklat (coklat) membutuhkan proses pemanggangan yang lebih intensif dibandingkan biji yang akan diolah menjadi coklat bubuk. Terlepas dari metode pemanggangan yang dipilih, prosesnya tidak boleh menghanguskan kulit karena akan merusak rasanya. Selama proses pemanggangan, kadar air biji turun menjadi sekitar 2% dan rasa coklat berkembang. Biji akan berwarna lebih gelap dengan tekstur yang lebih rapuh dan kulit biji akan lebih mudah dipisahkan dari daging biji (nib). Pemanggangan juga akan mempermudah proses ekstraksi lemak. Selain itu, panas selama pemanggangan juga berfungsi untuk membunuh kontaminan yang mungkin telah terlibat pada tahap sebelumnya. Kemudian segera didinginkan agar tidak terlalu panas.

Menampi (mengayak)

Setelah pemanggangan, biji kakao menjalani proses pemisahan cangkang dan biji kakao dengan cara diayak menggunakan mesin coklat. Seringkali cangkang yang setengah hancur akan terpisah dengan sendirinya dalam proses penyaringan. Setelah itu akan melalui proses alkalisasi untuk mengembangkan rasa dan warna. Biasanya menggunakan kalium karbonat

Selanjutnya broyage (milling), yaitu proses penghancuran yang terjadi pada mesin gerinda.

Benih tersebut kemudian ditumbuk dan dipisahkan dari kulit ari dan bagian lembu dengan menggunakan teknik hembusan udara (tampi mekanis). Keberadaan kulit ari dan kelembutan tidak diinginkan karena akan merusak rasa dan karakteristik produk olahan coklat. Proses ini dilakukan dalam tahapan 2 – 3 langkah untuk mendapatkan pasta coklat (cocoa liquor atau partikel yang tersuspensi dalam cocoa butter) dengan tingkat kehalusan tertentu.

Mengaduk (mengaduk)

Pasta coklat kental yang berbentuk pasta ini kemudian ditambahkan gula pasir, susu atau bahan pencampur lainnya untuk menambah rasa pada coklat dan selanjutnya cocoa liquor akan diekstraksi untuk mendapatkan cocoa massa padat (cocoa presscake) dan cocoa butter (cocoa butter). ). Persentase jumlah cocoa butter yang dihasilkan disesuaikan dengan keinginan produsen sehingga menyebabkan komposisi cocoa butter dan cocoa presscake berbeda. Cocoa butter akan digunakan dalam proses pembuatan coklat dengan menambahkan cocoa liquor, sedangkan cocoa presscake dihaluskan untuk diolah menjadi cocoa powder. Cocoa butter juga biasa dikenal sebagai white chocolate karena warnanya yang cerah seperti mentega.

Pemurnian lebih lanjut, itu lebih lanjut menggiling partikel dan menciptakan massa coklat halus.

Massa tersebut kemudian conched (cara untuk mengurangi keasaman).

Tahap ini berlangsung selama 3 hari tanpa henti hingga mengeluarkan udara panas yang menandakan bahwa keasaman pasta berkurang. Selain conching bertujuan untuk mempertajam rasa dan tekstur coklat. Kecepatan, suhu dan lamanya proses conching mempengaruhi rasa coklat nantinya. Cara alternatif untuk conching adalah dengan menggunakan mesin seperti pengocok telur untuk proses emulsi

Last tempering

yaitu tahap pengolahan coklat yang membedakan jenis coklat berdasarkan pengolahan susunya. Coklat akan melalui proses pemanasan, pendinginan kemudian pemanasan ulang untuk mencegah perubahan warna dan lemak coklat pada produk. Setelah seluruh proses selesai, coklat dimasukkan ke dalam cetakan dan didinginkan di ruang dingin.

Itu tadi adalah sedikit dari beberapa resep cara membuat pasta coklat salah satunya dengan mengunakanĀ  biji kakao yang ada disekitar rumah kalian jika kalian berminat untuk menjadikan usaha kami juga memiliki resep lain seperti resep usus crispy. Demikian artikel ini saya buat jiak ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf,sampai jumpa di artikel selanjutnya.

    Categories: Bisnis