Satu kali lagi saya tegaskan, jika simbol ialah muka dari perusahaan anda. Saat seorang menyaksikan perusahaan anda, karena itu hal pertama yang bakal disaksikan ialah simbol. Oleh karena itu, dalam membuat sebuah simbol dibutuhkan banyak tenaga dan waktu dan pemikiran yang dipertaruhkan. Dan hal tersebut jadi pemicu kenapa web desain logo gratis simbol harus dibikin oleh orang yang professioanal agar hasil yang didapatkan bukan hanya jadi efisien tapi juga unik.

Kenapa sebuah simbol harus unik? Unik bermakna mempunyai ketidaksamaan yang unik dari simbol lainnya. Saat seorang suporter bola dari kesenelasan A yang berpakaian biru duduk di tribune bersama suporter bola dari kesebelasan B yang berpakaian merah, karena itu seorang suporter itu bisa menjadi unik dan berlainan dari beberapa orang disekelilingnya. Dan dia juga makin lebih gampang dikenal dan dikenang. Karena kemiripan hilangkan kekhasan. Tidak jadi unik bila semua sama.

Dalam mencipatakan sebuah simbol yang unik, Rustan mengutarakan tiga poin utama yang perlu jadi perhatian dengan seorang pendesain, yaitu:

1. Kurang penelitian pada logo-logo lain
Seorang pendesain harus kerap lakukan penelitian pada logo-logo lain. Hal tersebut ditujukan untuk menghindar kecocokan yang tidak disengaja. Bisa simbol yang anda bikin sama dengan simbol yang dibikin oleh perusahaan lain karena mempunyai pertimbangan dan gagasan yang serupa. Misalnya anda membuat simbol untuk perusahaan pemasaran Computer. Karena itu saat anda membuat design computer sebagai poin khusus, bisa tanpa anda kenali gagasan itu sudah dibikin lebih dulu oleh perusahaan lain. Ketidakjelasan ini akan membuat simbol yang anda cipatakan jadi tidak unik. Jadi saat anda mendesain simbol, anda harus juga memikir seorang di luar sana barangkali sempat pikirkan design yang serupa. Dengan begitu, penelitian pada logo-logo lain ialah jalan keluar yang tepat.

2. Mengikuti dengan menyengaja
Mengikuti dengan menyengaja satu design simbol bisa terjadi. Bila kecocokan gagasan saja sanggup membuat simbol anda jadi tidak unik, apalgi bila anda dengan menyengaja dan secara sadar membuat design simbol yang sama dengan design simbol lain. Simbol yang sama kemungkinan terpikir untuk seorang pendesain atau keinginan dari perusahaan yang berusaha memakai reputasi dari pemilik simbol sesungguhnya. Khususnya perusahaan yang tawarkan produk atau layanan yang semacam. Namun, baik untuk perusahaan atau untuk pendesain yang lakukan hal itu, mereka tetap ada di bawah perusahaan atau pendesain sesungguhnya. Dalam kata lain, penganut tidak jadi lebih baik atas sesuatu yang ia turuti.

3. Penyebab lain
Karena yang lain diartikan ialah kecocokan ide. Dalam bukuanya yang dengan judul “Mendesain Simbol”, Rustan memberikan contoh beberapa simbol beberapa perusahaan di Indonesia yang jadikan burung garuda sebagai ide khusus. Argumen pemakaian burung garuda itu ialah ambil nilai-nilai simbol Negara atau beberapaya. Jika disaksikan dari segi intern perusahaan itu, bisa visualisasi itu disebutkan benar-benar luar biasa dan pas menjadi muka perusahaan. Namun khalayak akan memandang simbol itu jadi tidak unik dan tidak spesial.

Jika menyaksikan ke-3 poin di atas, sudah pasti kita akan pahami jika dalam membuat simbol pasti bukanlah hal yang gampang. Karena simbol ialah sisi dari identitas perusahaan, karena itu kemiripan akan memberi kesan-kesan yang negatif untuk perusahaan itu. Ditambah lagi, Rustan menerangkan jika dalam branding, kemiripan ialah musuh dari kekhasan. Kemiripan dipandang benar-benar kurangi tingkat awareness merek dalam masyarakat. Karena itu untuk anda yang ingin membuat simbol untuk perusahaan anda, pilih layanan pengerjaan simbol yang sanggup lakukan ke-3 hal di atas.