Mengenal Karakteristik Jenis Burung Anis Timor

Sebelum kita review tentang Karakteristik burung Anir Timor, pertama kita meninjau mengenai distribusi daerah burung Anis Timor. Burung Anis Timor punya distribusi daerah yang hanya terbatas di wilayah Nusa Tenggara Timur.

senapananginpedia.com

Pada NTT, secara umum, burung yang berasal dari keluarga Turdidae hidup ini di Pulau Roti, Pulau Timor. Selain itu, burung-burung ini juga hidup di Pulau Wetar, barbar, Romang, dan Damar.

Untuk jenis burung Anis Timor juga gemar mendiami hutan padat serta di daerah dekat pemukiman masyarakat. Oleh karena itu, orang-orang NTT telah banyak yang tahu burung Anis Timor, yang juga memiliki sebutan Anis Ceendana.

Karakteristik burung Anis Timor (Zoothera peronii) seperti di senapananginpedia.com memiliki ukuran tubuh yang tidak kurang berbeda dengan burung Anis Adapun panjang tubuhnya lebih atau kurang yang sekitar 20 cm dengan warna tubuh terdiri hitam, putih, dan juga warna karat merah.

Untuk warna hitam juga terlihat di pipi, sayap, dan juga di bagian ekornya. Adapun warna putih juga terlihat di pipi, daerah di dekat mata, tenggorokan.

Warna putih juga muncul pada kedua sayap, perut, dan tonggir di dasar ekor. Karakteristik burung Anis Timor lebih lanjut bahwa kehadiran di lapisan dada berada di daerah kepala atau mahkota. Kemudian juga ada di sisi perut, punggung depan dan belakang, serta ekornya.

Kicauan Burung Anis Timor

Tentang Karakteristik burung Anis Timor jika dilihat dari suara yang mengeluarkan bahwa suara burung Anis Timor relatif tunable. Oleh karena itu, burung ini mampu berkicau sebaik suara bersiul.

Tidak hanya itu, tempo suara  juga memeiliki pertemuan berkicau dalam jangka waktu yang cukup lama. Kurang lebih itu hampir tiga menit tanpa memberikan jeda yang terlalu lama.

Burung Anis Timor, termasuk salah satu jenis burung yang berkicau kaku atau dikenal gacor. Namun, variasi kicau juga masih lebih rendah dari burung Anis Merah. Untuk masalah volume juga tidak terlalu tinggi.

Namun, untuk burung Anis Timor cocok untuk digunakan sebagai suara untuk burung kicauan keras dan memiliki celetuk yang bervariasi.

Categories: Fauna