Menghilangkan tungau merupakan keputusan yang tepat. Tungau yang menempel pada kasur dan bantal bisa menimbulkan masalah serius. Tetapi, apakah cukup dengan menjemur kasur?

Menjemur kasur terkadang sering dilakukan oleh pemilik rumah. Ketika ada sinar matahari, kasur yang terasa lembab akan dikeluarkan. Tujuannya untuk mengembalikan kebersihan sekaligus menambah kenyamanan kasur.

Meskipun begitu, penjemuran ini bukan berarti bisa membebaskan kasur dari tungau. Apa alasannya dan bagaimana solusinya?

baca juga: jasa pembersih tungau tangerang

Alasan Tungau Tetap Bertahan di Kasur

Tungau merupakan mikroorganisme. Ini berarti hewan ini memiliki tubuh yang sangat kecil. Hewan ini tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung.

Tungau ini sangat menyukai area yang lembab dan kotor. Salah satu tempat yang paling digemari ialah kasur dan bantal. Area yang lembab membuatnya cepat berkembang biak sehingga bisa menimbulkan masalah seperti alergi dan asma.

Sebagian orang menyadari risiko yang ditimbulkan oleh tungau. Oleh sebab itu, seseorang mencari cara untuk menghilangkan tungau.

Salah satunya ialah dengan rutin menjemur kasur di bawah terik matahari. Sayangnya, penjemuran ini tidak mampu membebaskan kasur dari serangan tungau/kutu.

Alasannya ialah mikroorganisme ini akan bersembunyi pada sela kasur. Ketika ada sinar matahari, kutu ini akan berpindah ke lokasi yang lebih adem. Dan ini terus dilakukan sebagai bagian dari pertahanan dirinya.

Masih tertinggalnya tungau dalam kasur jelas tidak membuat Anda aman dari risiko. Anda masih berhadapan dengan rasa gatal sampai alergi. Dan ini bisa lebih parah ketika kebersihan kasur tidak dijaga dengan baik.

baca juga: sedot tungau tangerang selatan

Solusi Menghilangkan Tungau

Asumsi yang cenderung telah dipercayai selama puluhan tahun membuat seseorang mengabaikan cara baru. Penjemuran masih terus dilakukan tanpa diimbangi oleh cara lain. Akibatnya, tungau ini tetap memberikan masalah pada kesehatan Anda.

Menyadari bahwa penjemuran bukan langkah efektif, Anda tentunya harus memikirkan cara lain. Solusi terbaiknya ialah dengan melakukan pencucian atau penyedotan. Penyedotan dengan memanfaatkan vacuum cleaner dipandang lebih bagus ketimbang penjemuran.

Penyedotan ini mampu mengangkat debu atau kotoran yang menempel pada kasur. Debu yang bercampur dengan tungau akan masuk ke dalam vacuum. Bahkan, penyedotan ini bisa menjangkau area yang sulit seperti lipatan.

Lipatan kasur yang menjadi tempat bersembunyi tungau akan lebih bersih. Tungau yang bersembunyi juga akan tersedot. Tentunya penyedotan ini sekaligus menarik keluar seluruh kotoran yang dihasilkan oleh tungau.

Penyedotan ini juga dipandang lebih aman. Debu tidak akan beterbangan ke sekitar lokasi. Debu ini tidak terhirup ke dalam hidung. Hasilnya, Anda akan terhindar dari masalah pernapasan.

Untuk pembersihannya, Anda bisa melakukannya secara rutin. Anda bisa melakukannya setiap 3-6 bulan sekali. Tergantung pada tingkat kekotoran kasur maupun bantal.

Dengan pembersihan yang rutin, tungau yang menimbulkan masalah ini bisa teratasi dengan sempurna. Kasur semakin bersih, istirahat juga semakin nyaman. Itulah caranya untuk menghilangkan tungau yang paling pas.