Kalau kita membahas Cara kuliah di Australia atau negara mana saja mungkin sudah banyak yang tahu. Andai belum tahu pun hal itu sangatlah teknis dan ada baiknya baru dibicarakan setelah kita mantap ingin berkuliah di luar negeri. Pertanyaannya, bagaimana caranya supaya kita bisa mantap nih? Adakah cara menumbuhkan motivasi supaya kita jadi semangat untuk mengikuti jalur pendaftaran yang konon tidak mudah itu?

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas bagaimana supaya kita bisa memantapkan diri dengan keinginan kita untuk berkuliah di luar negeri. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan berikut adalah beberapa hal yang bisa dicoba. 

Pastikan Kita Tahu Bahwa Memang Inilah Jalannya

Hal pertama yang patut dibahas adalah apakah kuliah di luar negeri merupakan hal yang kita butuhkan? Apakah kita benar-benar harus kuliah di luar negeri? Apakah kuliah di luar negeri akan membantu kita mendapatkan apa yang kita inginkan? Apakah kuliah di luar negeri adalah jalan untuk meraih impian kita?

Misalnya kita bercita-cita ingin menjadi seorang ilmuwan nuklir. Dengan cita-cita seperti itu, kuliah di luar negeri boleh dibilang adalah cara untuk meraih impian tersebut karena memang teknologi nuklir di dalam negeri belumlah semaju seperti di negara seperti Jepang dan Jerman. Namun apabila setelah dipikir-pikir kita tidak membutuhkan studi di luar negeri, agaknya rencana ke luar negeri perlu ditinjau kembali. 

Sadar akan Kemampuan

Apakah kita benar-benar mampu mengikuti rangkaian seleksi pendaftaran kuliah di luar negeri? Apakah kita cukup sabar? Jika jawabannya adalah iya maka silakan lanjutkan. Untuk bisa kuliah di luar negeri, ada banyak hal yang harus diurus dan dijalani. Apabila kita sadar bahwa kita tidak mampu menjalaninya, tampanya impian tersebut perlu dipikirkan lagi.

Rencana Setelah Selesai

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipikirkan adalah rencana setelah kita menyelesaikan studi. Apakah setelah lulus kita akan menetap di negara tersebut atau pulang. Perlu diingat bahwa kuliah di luar negeri bukanlah tujuan akhir dari hidup kita melainkan adalah bagian dari jalan meraih impian. Karenanya, kita juga perlu merencanakan mau apa setelah studinya kelar. 

Categories: pendidikan