Membersihkan noda pada karpet memang terlihat mudah. Meskipun demikian ada kalanya cukup sulit dilakukan. Apalagi jika ada noda membandel pada karpet tersebut. Mencuci karpet adalah salah satu opsi yang umum dipilih.

Namun sebenarnya ada opsi lain yang bisa Anda pilih. Yakni dengan cara membersihkan bagian karpet yang terkena noda. Artinya Anda tidak perlu capek-capek mencuci karpet seluruhnya. Sebab Anda tahu sendiri betapa merepotkannya cuci karpet.

baca juga: Jati Home Cleaning

Apalagi jika karpet yang ada di rumah Anda adalah jenis karpet yang tidak bisa dicuci secara asal-asalan. Dibanding harus berspekulasi, kenapa tidak memilih opsi yang lebih aman saja. Semisal menghilangkan noda pada karpet dengan baking soda.

Perlengkapan Bersih-bersih yang Harus Dipersiapkan

Untuk Anda yang ingin mencoba opsi ini, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Persiapan tersebut berkaitan dengan perlengkapan bersih-bersih. Sementara itu beberapa bahan dan peralatan bersih-bersih yang harus dipersiapkan meliputi:

  1. Siapkan beberapa sendok baking soda. Untuk takarannya sendiri Anda kira-kira saja.
  2. Siapkan juga beberapa sendok sabun cuci piring. Atau Anda pun bisa menggantinya dengan sabun bayi.
  3. Siapkan sikat gigi bekas, kain lap yang bersih, ember, dan air hangat.

Setelah semua persiapan dirasa cukup, maka proses membersihkan noda membandel pada karpet sudah bisa dimulai. Pertanyaannya, bagaimana langkah atau tahapannya?

baca juga artikel tentang cleaning service Batam

Menghilangkan Noda di Karpet dengan Baking Soda

Sekarang di asumsikan jika semua bahan dan peralatan bersih-bersih sudah Anda siapkan semua. Sebelum melangkah ke tahapan praktiknya, perlu diketahui jika tips ini akan dibagi ke dalam dua cara. Pertama adalah dengan menggunakan baking soda. Dan yang kedua adalah dengan menggunakan sabun cuci piring atau sabun bayi.

  1. Dengan Menggunakan Baking Soda

Untuk Anda yang memilih menggunakan baking soda, maka langsung saja taburkan baking soda pada area karpet yang terkena noda. Kemudian sikat area tersebut dengan menggunakan sikat gigi bekas.

Setelah itu bilas karpet tersebut dengan menggunakan lap yang sudah Anda siapkan tadi. Artinya lap yang sudah dicelupkan pada air hangat yang Anda taruh pada ember. Usap sampai noda yang ada di karpet hilang. Keringkan karpet di bawah sinar matahari.

  1. Dengan Menggunakan Sabun Cuci Piring atau Sabun Bayi

Awali dengan memasukkan air hangat pada ember. Setelah itu masukkan sabun cuci piring atau sabun bayi tadi ke dalamnya. Kemudian aduk dengan menggunakan lap yang sudah Anda persiapkan tadi. Aduk terus hingga airnya berbusa.

Setelah itu tuangkan cairan tadi pada area karpet yang terkena noda. Setelah itu gosok dengan menggunakan lap tadi. Gosok hingga noda yang ada pada karpet memudar. Usap dengan lap yang sudah Anda celupkan pada air bersih. Usap beberapa kali hingga nodanya hilang. Keringkan karpet di bawah sinar matahari.

Baik baking soda, sabun cuci piring, maupun sabun bayu, sudah sejak lama dikenal cukup ampuh untuk menghilangkan noda membandel pada karpet. Itulah kenapa Anda harus mencoba langkah membersihkan noda pada karpet dengan ketiga bahan tadi.