Pajak mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Pajak yaitu iuran harus kepada negara oleh warga negara untuk kepentingan lazim yang bersifat memaksa. Manfaat membayar pajak memang tak dapat dirasakan secara segera. Pajak mempunyai peranan yang signifikan dalam bernegara khususnya pada pembangunan.

PPh atau pajak penghasilan yaitu pajak yang dikenakan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang diterima atau didapat dalam suatu tahun pajak. Penghasilan yang dimaksud dapat berupa profit usaha, gaji, honorarium, hadiah, dan yang lainnya.

Dasar pengenaan pajak atau DPP yaitu dasar pengenaan pajak yang didapat dari penghasilan kena pajak dari harus pajak penerima penghasilan. Dasar pengenaan pajak dan pemotong PPh pasal 21 yaitu penghasilan kena pajak bagi pegawai konsisten, penerima pensiun terencana , pegawai tak konsisten yang penghasilannya dibayar bulanan, bukan pegawai. Patut pajak yang dimaksud yaitu yang mempunyai nomor pokok harus pajak (NPWP).

Biaya PPh pasal 21 dipotong dari jumlah penghasilan kena pajak (PKP) yang dibulatkan ke bawah dalam ribuan penuh. Biaya PPh bersifat progresif yang artinya semakin tinggi pengasilan yang diterima karenanya akan dikenakan lapis biaya lebih tinggi 15-20% tergantung penghasilan.

Categories: Bisnis