Limbah plastik sepertinya menjadi sesuatu yang sangat serius akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, bahannya yang sulit terurai dam memakan waktu yang sangat panjang menjadi PR tersendiri bagi masyarakat.Untuk itu, artikel kali ini akan memahas tentang pengganti kantong kresek atau bahan dasar plastik lain untuk mengurangi penggunaan plastik.

Pengganti Kantong Kresek

Penggunaan kantong kresek sebagai wadah saat berbelanja merupakan hal yang biasa dimana-mana. Namun perlu disadari bahwa kebiasaan itu akan berdampak sampah kresek ini ada dimana mana. Tentu perlu adanya kepedulian pada lingkungan, mengingat plastik merupakan bahan yang sulit terurai didalam tanah.

Akan lebih baik jika menggunakan plastik yang dapat didaur ulang. Untuk membantu proses daur ulang plastik tersebut bisa menggunakan mesin pencacah plastik yang tersedia dan dapat dipesan di Rumah Mesin. Nah untuk opsi lain, berikut ini adalah pengganti kantong kresek yang trendy dan keren untuk ditenteng.

Hand Bag/Tote Bag

Jenis-jenis tas ini merupakan jenis tas yang sangat mudah untuk ditemui dimana saja. Jika biasanya belanja dimana saja dan kapan saja menggunakan kantong plastik sebagai wadahnya, akan lebih baik jika menggantinya dengan hand bag saja. Selain model dan warnanya yang lebih variatif, penggunaan tas ini bisa sangat mengurangi konsumsi plastik.

Baca Juga : Cara Membuat Tempe Mendoan Sederhana

Pengganti Kebutuhan dengan Bahan Dasar Plastik

Melihat fakta dan keadaan yang ada, alangkah lebih baiknya bagi kita untuk melakukan tindakan yang nyata. Langkah yang bisa kita ambil salah satunya adalah dengan mengganti plastik. Kita gunakan saja alternative lain dari plastik. Lalu apa saja alternative yang bisa kita gunakan untuk mengganti plastik?

Sikat Gigi Bambu

Baru-baru ini, banyak bermunculan sikat gigi yang terbuat dari bambu. Kita semua tahu bahwa sikat gigi hanyalah benda kecil yang bisa diganti ketiga bulu-bulunya sudah keluar jalur atau selama pemakaian kurang lebih tiga bulan.

Namun siapa sangka, hal ini diakui ataupun tidak juga turut menyumbangkan sampah plastik pada akhirnya. Tidak sulit untuk menemukan sikat gigi bamboo sekarang ini. Cukup klik di pencarian aplikasi belanja online atau pergi ke supermarket, kalian akan mendapatkan sikat gigi bamboo dengan mudah.

Sedotan Stainless

Pasti hampir semua orang sudah tahu akan inovasi yang satu ini. Hanya saja, masih banyak di antara kita yang belum mau atau masih ragu untuk menggunakannya. Sedotan stainless juga tidak kalah cantik dari sedotan plastik.

Banyak sekali sedotan stainless yang dibuat dengan bentuk lucu nan menggemaskan. Variasi warna sedotan stainless juga sangat beragam. Soal harga, sedotan ini bisa didapatkan hanya dengan 3k saja, atau jika kalian adalah sultan yang mau mengeluarkan banyak uang, kalian bisa membeli sedotan stainless berlapis emas.

Menstrual Cup & Pembalut Kain

Pembalut merupakan benda yang akrab untuk kalangan wanita. Hampir semua wanita pasti memerlukan pembalut di setiap bulannya. Sayangnya, pembalut juga merupakan penyumbang sampah terbanyak. Untuk itu, bagi para wanita yang ingin berpartisipasi dalam pengurangan limbahnya, alangkah lebih baiknya untuk mengganti pembalut konvensional dengan menggunakan menstrual cup atau pembalut kain saja.

Bagi sebagian orang, menggunakan plastik memanglah sah-sah saja. Namun jika menilik lebih serius, hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Bahkan sampai anak cucu kita lahirpun, belum tentu sampah plastik yang kita kenakan hari ini sudah terurai dengan sempurna. Sepertinya bakteri saja sudah muak dan tidak mau lagi diajak bekerjasama untuk mengurai sampah-sampah itu.

Nah itulah pembahasan mengenai pengganti kresek dan kebutuhan lain yang berbahan dasar plastic. Jika kalian ingin berpartisipasi dalam pengurangan penggunaan plastik, kalian bisa memulainya dengan mengganti barang berbahan plastik dengan alternative lainnya. Awalnya memang akan sedikit terasa sulit, namun hal itu akan menjadi sebuah kebiasaan yang menyenangkan. Mari bersama selamatkan bumi!