Sakit kepala atau pusing memang menjadi salah satu kondisi yang paling umum terjadi pada seseorang. Bukan hanya itu saja, pusing yang melanda anda tersebut juga bisa diakibatkan karena gejala dari penyakit tertentu. Ada banyak penyebab pusing yang harus anda ketahui sehingga anda bisa mengambil langkah untuk mengobatinya.

Tingkat pusing yang diderita oleh seseorang pun berbeda-beda. Mulai dari ringan hingga parah dimana seakan merasa ingin pingsan. Pusing ini memang menjadi kondisi yang paling umum terjadi. Hanya saja mungkin sangat jarang terdapat gejala dari penyakit tertentu. Kendati demikian apabila rasa pusing tersebut hadir berkepanjangan anda harus segera mengobatinya ke dokter.

Penyebab pusing paling umum

Pusing sendiri memang dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti seakan ingin melayang hingga hilang keseimbangan, kliyengan dan seakan ingin pingsan, kepala yang terasa cukup berat bahkan kondisi sekitar seakan berputar-putar. Gejala tersebut pun bisa datang secara mendadak maupun pelan-pelan. Bisa bertahan sebentar ataupun secara berkepanjangan.

Pastinya sampai disini ada penasaran apa penyebab pusing ini bukan? Nah anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Jadwal tidur yang tidak tentu

Apakah anda memiliki jadwal tidur yang tidak teratur? Jika demikian mungkin penyebab anda menderita pusing adalah dikarenakan jadwal tidur anda yang memang tidak teratur tersebut. Terlebih lagi jadwal tidur weekend dan weekdays yang biasanya berbeda. Maka ini bisa menjadi pusing kepala anda.

Jadwal tidur yang tak teratur sendiri ternyata bisa mengacaukan ritme sirkadian pada tubuh sehingga bisa memicu sakit kepala secara tiba-tiba. Untuk itulah ada baiknya anda segera mengatur jadwal tidur anda dengan baik.

Tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Makanan yang diasapi, dikeringkan, diasamkan hingga dipanaskan selama beberapa kali ternyata tidak baik untuk tubuh dan bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini tidak lain karena adanya kandungan zat sulfit yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar. Selain itu, makanan seperti keju juga bisa menyebabkan pusing pada beberapa orang.

Mengikat rambut yang terlalu kencang

Mengikat rambut bisa menjadi solusi yang terbaik apabila anda merasa gerah. Tetapi perhatikan juga ikatan rambut yang anda lakukan tersebut. Jika ikatan rambut yang anda miliki tersebut terlalu kencang maka akan mengakibatkan pusing pada kepala anda. Hal ini tidak lain karena kulit kepala yang tertarik dan menyebabkan adanya ketegangan.

Terkena cuaca buruk

Cuaca yang sering berubah-ubah seperti adanya peningkatan suhu hingga hujan yang deras ternyata juga bisa menjadi penyebab pusing yang anda derita tersebut. Hal ini tidak lain karena adanya perubahan terkanan bisa mengakibatkan perubahan cuaca yang tidak terduga yang akan menyebabkan senyawa kimia dan elektrik berubah dalam otak.

Pusing memang bukan menjadi kondisi yang berbahaya untuk seseorang. Tetapi apabila pusing tersebut diderita selama berhari-hari maka bisa jadi menjadi gejala penyakit tertentu. Untuk itulah anda harus segera mencari tahu penyebab pusing tersebut.

Categories: Kesehatan